10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijk

Bisakah mereka tetap tampil bagus setelah memasuki usia 30?

Bagi seorang pemain sepak bola, usia 30 tahun biasanya dianggap sebagai batas akhir usia emasnya. Meskipun banyak pemain masih bisa berada dalam kondisi puncak saat sudah memasuki usia tersebut, rata-rata pemain akan mulai mengalami penurunan performa yang umumnya disebabkan oleh fisik yang mulai menurun.

Pada tahun 2021 ini sejumlah pemain bintang yang kelahiran tahun 1991 akan mulai memasuki usia 30 tahun. Siapa saja mereka dan apakah mereka akan tetap bisa mempertahankan performanya hingga tahun-tahun mendatang? Ini dia 10 nama di antaranya.

1. Pada tanggal 8 Juli mendatang, Virgil van Dijk akan memasuki usia 30 tahun

10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijkeurosport.com

Pria asal Belanda ini adalah salah satu bek terbaik dunia saat ini. Kini ia tengah mengalami cedera ligamen sejak Oktober tahun lalu, namun menurut laman Liverpool Echo, proses pemulihan cederanya berjalan cukup baik meski belum bisa dipastikan kapan ia akan sanggup kembali bermain.

Baca Juga: 5 Bek Tengah asal Belanda dengan Banderol Termahal Saat Ini, Van Dijk?

2. Selain van Dijk, Thiago Alcantara juga akan segera berusia 30 tahun, tepatnya pada 11 April nanti

10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijkliverpoolfc.com

Sejauh ini Thiago yang digadang-gadang bisa mengangkat performa Liverpool nyatanya belum bisa menampilkan performa terbaiknya bagi The Reds. Dari 14 kali tampil, pemain Spanyol ini belum juga memberi sumbangan berupa gol ataupun assist. Memasuki usia 30 tahun, bisakah Thiago bangkit dan menemukan penampilan terbaiknya lagi?

3. Satu lagi pemain Liverpool yang akan berusia 30 tahun adalah Roberto Firminho

10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijkthisisanfield.com

Layaknya Thiago, Firminho juga merupakan pemain yang tengah mengalami penurunan performa musim ini. Ketajamannya tak lagi seperti dulu sebagaimana terlihat dari statistiknya sejauh ini, yaitu 6 gol dari 34 laga di semua ajang. Menarik ditunggu apakah Firminho bisa kembali ke performa terbaiknya demi membantu Liverpool berjaya kembali.

4. Di Chelsea, ada N'Golo Kante yang akan segera berkepala tiga pada 29 Maret tahun ini

10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijkdailymail.co.uk

Gelandang bertahan asal Prancis ini masih menjadi andalan lini tengah Chelsea. Namun, sejak kembali dari cedera minor pada Januari lalu dan kedatangan pelatih Thomas Tuchel, Kante belum dipercaya lagi tampil full di ajang liga. Apakah itu pertanda bahwa peruntungan Kante mulai berubah karena adanya pelatih baru?

5. Mantan pemain Chelsea yang kini bermain di Real Madrid, Eden Hazard, malah sudah berusia 30 tahun pada 7 Januari lalu

10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijkgoal.com

Sejak pindah dari Chelsea, Hazard memang belum kembali ke performa aslinya yang luar biasa dulu. Salah satu faktor penyebabnya adalah cedera yang berkali-kali membekap gelandang asal Belgia ini sehingga sejauh ini ia baru tampil 13 kali di semua ajang. Sudah berusia 30 tahun, akankah Hazard bisa mengatasi masalah fisiknya dan kembali ke performa terbaik?

6. Sementara itu, di Barcelona pun ada pemain bintang yang akan segera berusia 30 tahun, yaitu Antoine Griezmann

10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijkgoal.com

Griezmann akan memasuki kepala tiga sebentar lagi, tepatnya pada 21 Maret mendatang. Sejauh ini, ia sudah mulai bisa nyetel dengan permainan Barca meski ia belum sepenuhnya kembali ke performa seperti saat membela Atletico Madrid dulu. Besar kemungkinan Griezmann masih akan jadi andalan Barca hingga beberapa musim mendatang.

7. Kembali ke Liga Inggris, Kevin de Bruyne juga akan berusia 30 tahun pada 2021 ini

10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijkbesoccer.com

De Bruyne tak diragukan lagi adalah salah satu gelandang terbaik di Premier League saat ini. Sayangnya, ia kini tengah cedera sehingga kita belum bisa menyaksikan penampilan hebatnya lagi. Namun, dilansir Sky Sports, manager Pep Guardiola mengabarkan bahwa De Bruyne bisa jadi siap kembali merumput dalam waktu dekat.

8. Pemain Manchester City lain yang juga baru memasuki usia 30 tahun adalah Riyad Mahrez

10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijkgoal.com

Tepatnya pada tanggal 21 Februari 2021 lalu, pemain asal Aljazair ini berusia 30 tahun. Mahrez memang tak selalu jadi pilihan utama di lini tengah City. Namun, setiap kali diberi kesempatan, ia hampir selalu bermain baik. Musim ini, Mahrez telah bermain 29 kali di semua ajang dan mencetak 6 gol serta 3 assist, seperti dilansir Transfermarkt.

9. Pemain Everton, James Rodriguez, akan berusia 30 tahun pada 12 Juli mendatang

10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijkbeinsports.com

Mantan pemain Real Madrid dan Bayern Munchen ini bisa dibilang adalah pemain paling berkualitas di skuad Everton saat ini. Everton pasti berharap usia yang makin menua tidak membuat performa James menurun. Sejauh ini James telah bermain 19 kali dan menyumbang 5 gol serta 7 assist bagi The Toffees.

10. Terakhir ada Alexandre Lacazette, striker Arsenal, yang akan berusia 30 tahun pada 28 Mei mendatang

10 Pemain yang Genap Berusia 30 Tahun pada 2021, Termasuk van Dijkskysports.com

Lacazette adalah salah satu kunci membaiknya performa Arsenal akhir-akhir ini setelah sempat terpuruk di awal musim. Ia adalah salah satu top skor Arsenal musim ini dengan sumbangan 10 gol di semua ajang. Fans Arsenal pasti berharap usia 30 tahun gak akan membuat penampilan Lacazette menurun, tetapi tetap stabil demi mengangakat performa Arsenal.

 

Itulah 10 pemain top yang memasuki usia 30 tahun pada 2021 ini. Menurutmu, siapa di antara mereka yang masih akan tetap tampil bagus meski sudah memasuki kepala tiga?

Baca Juga: Berburu Striker Baru, Atletico Madrid Incar Alexandre Lacazette

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya