5 Pemain yang Didatangkan Bayer Leverkusen dari Klub Besar EPL

Callum Hudson-Odoi terbaru

Bayer Leverkusen adalah salah satu klub Jerman yang cukup sering menawarkan pemainnya ke klub English Premier League (EPL). Klub-klub besar EPL beberapa kali mendapatkan pemain andalan dari Leverkusen. Beberapa contohnya adalah Dimitar Berbatov, Bernd Leno, Son Heung Min, hingga Kai Havertz.

Sebaliknya, Leverkusen sendiri pernah beberapa kali mendatangkan pemain anyar dari klub-klub besar EPL. Inilah lima pemain yang didatangkan Bayer Leverkusen dari klub besar EPL.

1. Sami Hyypia

5 Pemain yang Didatangkan Bayer Leverkusen dari Klub Besar EPLSami Hyypia (skysports.com)

Sami Hyypia adalah bek legendaris Liverpool asal Finlandia. Hyypia membela The Reds pada 1999–2009 dan bermain 464 kali serta memenangi 10 trofi. Setelah meraih banyak sukses di Inggris, Hyypia hijrah ke Bayer Leverkusen secara gratis.

Meski saat itu sudah berusia 36 tahun, Hyypia berhasil jadi andalan Leverkusen. Ia mencatat 60 penampilan dalam 2 musim, bahkan sempat masuk tim terbaik Bundesliga 2009/2010. Hyypia akhirnya pensiun bersama Leverkusen pada 2011. Setelah itu sempat menjadi pelatih mereka pada 2012–2014.

2. Michael Ballack

5 Pemain yang Didatangkan Bayer Leverkusen dari Klub Besar EPLMichael Ballack (skysports.com)

Berikutnya, ada Michael Ballack, eks gelandang top Jerman yang membela Bayer Leverkusen dalam 2 periode. Periode pertama adalah pada 1999–2002, sebelum hijrah ke Bayern Munich dan Chelsea. Ballack meraih sukses bersama kedua klub tersebut, termasuk juara liga di Jerman dan Inggris.

Pada 2010, Ballack dilepas Chelsea dan kembali ke Leverkusen. Ia bertahan selama 2 tahun dan akhirnya pensiun bersama mereka.

Secara keseluruhan, Ballack tampil 155 kali bersama Leverkusen dan mencetak 42 gol serta 28 assist. Sayangnya, ia gagal membawa Leverkusen meraih trofi.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Bernama Depan 'Michael', Owen Hingga Ballack

3. Javier Hernandez

5 Pemain yang Didatangkan Bayer Leverkusen dari Klub Besar EPLJavier Hernandez (bayer04.de)

Javier Hernandez menjadi salah satu pemain yang didatangkan Bayer Leverkusen dari klub besar EPL. Leverkusen membelinya dari Manchester United dengan harga 12 juta euro atau Rp178 miliar.

Hernandez meninggalkan Manchester United dengan catatan 59 gol dalam 157 laga di semua ajang. Bersama Leverkusen, ternyata ia berhasil melanjutkan ketajamannya.

Striker yang akrab dipanggil Chicharito ini membela Leverkusen selama 2 musim dan mencatat 39 gol dalam 76 penampilan. Ia bahkan selalu jadi top skor Leverkusen selama 2 musim tersebut. Kini, Chicharito yang sudah berusia 34 tahun tengah melanjutkan karier di MLS Amerika Serikat bersama LA Galaxy.

4. Timothy Fosu-Mensah

5 Pemain yang Didatangkan Bayer Leverkusen dari Klub Besar EPLTimothy Fosu-Mensah (instagram.com/tfosumensah)

Bayer Leverkusen kembali mendatangkan penggawa Manchester United pada Januari 2021. Ia adalah Timothy Fosu-Mensah, bek kanan asal Belanda yang juga bisa menjadi gelandang bertahan. Fosu-Mensah dibeli Leverkusen dengan harga 1,7 juta euro atau Rp25 miliar.

Sayangnya, awal karier Fosu-Mensah di Leverkusen sempat dihambat cedera lutut parah. Ia pun absen selama hampir setahun. Alhasil, sejauh ini Fosu-Mensah baru tampil tujuh belas kali di semua ajang bersama Leverkusen.

5. Callum Hudson-Odoi

5 Pemain yang Didatangkan Bayer Leverkusen dari Klub Besar EPLCallum Hudson-Odoi (instagram.com/calteck10)

Pemain teranyar yang didatangkan Bayer Leverkusen dari klub besar EPL adalah Callum Hudson-Odoi. Hudson-Odoi dipinjam Leverkusen dari Chelsea untuk 2022/2023. Winger Inggris berusia 21 tahun itu sepertinya bakal minim menit bermain jika bertahan di Chelsea musim ini.

Hudson-Odoi sendiri sudah melakoni debut bareng Leverkusen pada pekan kelima Bundesliga melawan SC Freiburg. Ia tampil 30 menit pada laga tersebut dan menyumbang 1 assist. Sayangnya, debut Hudson-Odoi tercoreng karena Leverkusen takluk dengan skor 2-3.

Sebagian besar dari lima pemain yang didatangkan Bayer Leverkusen dari klub besar EPL di atas berhasil tampil prima. Apakah Callum Hudson-Odoi juga bisa bersinar pada 2022/2023 selama dipinjam dari Chelsea?

Baca Juga: 11 Potret Callum Hudson-Odoi, Winger Muda Andalan Chelsea

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya