9 Pemain yang Dilepas Manchester City pada Musim Panas 2022

Ada dua pemain Jepang

Manchester City bergerak aktif pada bursa transfer musim panas 2022. Tak hanya mendatangkan pemain baru, The Cityzens ternyata juga cukup gencar melepas pemainnya ke klub lain. Bahkan, sejumlah pemain bernama besar tak segan-segan mereka biarkan hengkang.

Hingga awal Agustus 2022, sudah ada sembilan pemain yang dilepas Manchester City dengan status permanen. Bukan mustahil jumlah itu masih akan bertambah pada sisa bursa transfer.

Inilah sembilan pemain yang dilepas Manchester City pada musim panas 2022.

1. Raheem Sterling

9 Pemain yang Dilepas Manchester City pada Musim Panas 2022Raheem Sterling (instagram.com/sterling7)

Raheem Sterling menjadi penjualan termahal Manchester City pada musim panas 2022, termasuk kedua termahal sepanjang sejarah. Sterling dilepas ke Chelsea dengan harga 56,2 juta euro atau Rp860 miliar.

Winger asal Inggris itu menyudahi kebersamaannya dengan Manchester City yang berlangsung sejak 2015. Selama membela klub Manchester, Sterling berhasil menunjukkan kualitasnya. Ia mencatat 337 penampilan di semua ajang dan menorehkan 131 gol serta 94 assist.

Sterling juga sukses meraih 11 trofi, termasuk 4 trofi English Premier League (EPL). Ia pun bisa jadi aset yang sangat berharga bagi Chelsea.

2. Gabriel Jesus

9 Pemain yang Dilepas Manchester City pada Musim Panas 2022Gabriel Jesus (instagram.com/dejesusoficial)

Gabriel Jesus dijual Manchester City dengan harga mahal ke sesama klub Premier League. Striker asal Brasil itu dibeli Arsenal dengan mahar 52,2 juta euro alias Rp798 miliar.

Jesus sendiri membela Manchester City selama 5 tahun setelah diboyong dari Palmeiras pada 2017. Statistiknya bersama The Cityzens tampak dari 233 penampilan dengan 95 gol dan 46 assist.

Jumlah itu terbilang menakjubkan. Apalagi mengingat Jesus lebih sering menjadi striker pelapis.

Ia sendiri sudah tampil bersama Arsenal dalam laga pramusim 2022/2023. Ia mampu menciptakan beberapa gol.

3. Oleksandr Zinchenko

9 Pemain yang Dilepas Manchester City pada Musim Panas 2022Oleksandr Zinchenko (kanan) bergabung dengan Arsenal. (skysports.com)

Pemain satu ini juga dilepas Manchester City ke Arsenal. Oleksandr Zinchenko adalah bek kiri asal Ukraina yang membela The Cityzens sejak 2016.

Meski tak sering menjadi pilihan utama, Zinchenko berhasil mencatat 127 pertandingan bersama Mancheter City di semua ajang. Ia berkontribusi dengan sumbangan 2 gol dan 12 assist.

Zinchenko dibeli Arsenal dengan harga 35 juta euro atau sekitar Rp535 miliar. Di Arsenal, ia bisa menjadi pesaing bagi Kieran Tierney untuk mengisi pos bek kiri. Apalagi Tierney kerap bermasalah dalam hal kebugaran. Bukan mustahil Zinchenko jadi bek kiri utama The Gunners.

4. Fernandinho

9 Pemain yang Dilepas Manchester City pada Musim Panas 2022Fernandinho berseragam Athletico Paranaense. (instagram.com/fernandinho)

Ada pula pemain penting Manchester City yang dilepas secara gratis. Fernandinho adalah gelandang Brasil yang membela The Cityzens sejak 2013. Ia juga dipercaya menjadi kapten sejak 2020.

Selama membela Manchester City, Fernandinho bermain hampir empat ratus kali di semua ajang. Ia sempat meraih total tiga belas trofi.

Masa pengabdian Fernandinho bersama Manchester City yang penuh kesuksesan akhirnya berakhir. Kontraknya selesai pada musim panas 2022. Ia memilih pulang ke Brasil.

Fernandinho bergabung dengan Athletico Paranaense yang merupakan klub pertamanya. Ia mendapat kontrak hingga 2024 di sana.

5. Pedro Porro

9 Pemain yang Dilepas Manchester City pada Musim Panas 2022Pedro Porro (instagram.com/pedroporro29_)

Berikutnya, ada Pedro Porro, bek kanan berusia 22 tahun asal Spanyol. Porro sebenarnya sudah bergabung dengan Manchester City sejak 2019, tetapi tak sempat bermain sekali pun karena selalu dipinjamkan ke klub lain. Salah satunya Sporting Lisbon, yang meminjam Porro pada 2020–2022.

Selama dipinjam, Porro ternyata sukses jadi andalan Sporting Lisbon. Maka, klub Portugal itu pun membelinya dengan harga 8,5 juta euro atau Rp128 miliar.

Porro diberi kontrak hingga 2025. Ia kemungkinan besar masih akan terus jadi andalan Sporting Lisbon.

Baca Juga: 5 Fakta Raheem Sterling, Rekrutan Pertama Chelsea Era Todd Boehly

6. Ko Itakura

9 Pemain yang Dilepas Manchester City pada Musim Panas 2022Ko Itakura (instagram.com/kouitakura)

Tak banyak yang tahu bahwa Manchester City sebenarnya sempat memiliki dua pemain asal Jepang. Namun, kedua pemain tersebut dilepas pada musim panas 2022. Salah satunya adalah Ko Itakura, pemain yang bisa berposisi bek serta gelandang bertahan.

Seperti Pedro Porro, Itakura juga membela Manchester City sejak 2019, tetapi tak sempat bermain sekali pun. Ia dipinjamkan ke dua klub, yaitu FC Groningen dan Schalke 04.

Saat ini, Itakura dilepas Manchester City ke Borussia Monchengladbach. Ia pergi dengan harga 5 juta euro atau Rp75 miliar.

7. Ryotaro Meshino

9 Pemain yang Dilepas Manchester City pada Musim Panas 2022Ryotaro Meshino (instagram.com/rytrmsn0618)

Pemain Jepang lain yang baru saja dilepas Manchester City adalah Ryotaro Meshino. Meshino merupakan penyerang atau winger yang didatangkan The Cityzens pada 2019. Sama seperti Itakura, Meshino tak pernah mencatat penampilan resmi bersama Manchester City karena selalu dipinjamkan ke klub lain.

Meshino pun akhirnya dilepas. Ia pergi secara gratis karena kontraknya habis.

Meshino memilih pulang ke Jepang dan bergabung dengan Gamba Osaka. Baru berusia 24 tahun, ia masih memiliki masa depan yang panjang dalam kariernya.

8. Arijanet Muric

9 Pemain yang Dilepas Manchester City pada Musim Panas 2022Arijanet Muric (instagram.com/aromuric49)

Manchester City melepas salah satu kiper mereka, Arijanet Muric. Ia adalah penjaga gawang muda asal Kosovo yang merupakan jebolan akademi Manchester City.

Kualitas Muric sendiri sudah terbukti. Ia mencatat 27 caps bersama Timnas Kosovo pada usia 23 tahun.

Meski begitu, Muric kesulitan menembus tim utama Manchester City. Ia hanya sempat bermain empat kali pada 2018/2019. Setelah itu, Muric dipinjamkan ke klub-klub lain. Ia kini dilepas ke Burnley dengan harga 3 juta euro alias Rp45 miliar.

9. Daniel Arzani

9 Pemain yang Dilepas Manchester City pada Musim Panas 2022Daniel Arzani (instagram.com/iamdanielarzani)

Satu lagi pemain yang sudah dilepas Manchester City secara permanen pada musim panas 2022. Ia adalah Daniel Arzani.

Arzani merupakan gelandang kelahiran Iran yang membela Timnas Australia. Ia diboyong Manchester City pada 2018, tetapi selalu dipinjamkan ke klub-klub lain.

Arzani pun belum pernah bermain bagi Manchester City. Ia akhirnya kembali ke Australia dan bergabung dengan Macarthur FC secara gratis. Berusia 23 tahun, Arzani masih punya banyak waktu untuk mengembangkan kariernya.

Selain mendatangkan pemain baru, Manchester City melepas cukup banyak pemain pada musim panas 2022. Apakah perombakan skuad yang mereka lakukan bakal membuahkan hasil manis pada 2022/2023 mendatang?

Baca Juga: 14 Fakta Gabriel Jesus, Striker Andalan Brasil yang Direkrut Arsenal

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya