Comscore Tracker

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'Or

Mereka hanya menempati posisi kedua pemilihan Ballon d'Or

Ballon d'Or adalah penghargaan individual tahunan paling bergengsi di dunia sepak bola. Meski FIFA juga memiliki penghargaan sendiri, yaitu Pemain Terbaik FIFA, prestise Ballon d'Or tetap terbilang lebih tinggi. Sejak mulai digelar pada 1956, para pemain terbaik pun selalu berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan penghargaan ini.

Para peraih Ballon d'Or tentu adalah para pemain bernama besar di dunia sepak bola. Namun, ada pula beberapa pemain bintang yang kurang beruntung karena hanya sekadar nyaris meraih Ballon d'Or dan akhirnya hanya menempati posisi kedua saat pemilihan. Inilah 10 pemain top yang pernah mengalami hal itu.

1. Dennis Bergkamp (1993)

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'OrDennis Bergkamp (goal.com)

Pertama, ada Dennis Bergkamp yang menempati posisi kedua pada pemilihan Ballon d'Or 1993 di bawah Roberto Baggio. Saat itu Bergkamp sedang membela Inter Milan setelah dibeli dari Ajax Amsterdam di pertengahan tahun. Bergkamp memang tampil luar biasa saat itu, terutama bersama Ajax di musim 1992/93.

2. David Beckham (1999)

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'OrDavid Beckham (theguardian.com)

David Beckham sukses membawa Manchester United meraih treble winners di musim 1998/99. Sayangnya, ia kalah dari Rivaldo dalam pemilihan Ballon d'Or di akhir tahun karena penampilan yang lebih hebat bersama Barcelona. Rivaldo mencetak 29 gol dan 18 assist serta membawa Barca menjuarai LaLiga di musim 1998/99.

3. Raul Gonzalez (2001)

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'OrRaul Gonzalez (90min.com)

Raul Gonzalez juga pernah merasakan hanya menempati posisi kedua pemilihan Ballon d'Or. Itu terjadi pada tahun 2001 saat ia sukses membawa Real Madrid menjuarai LaLiga. Namun, ia gagal meraih Ballon d'Or karena kalah dari Michael Owen yang berasil memenangi 5 trofi bersama Liverpool di tahun tersebut.

4. Roberto Carlos (2002)

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'OrRoberto Carlos (elcomercio.pe)

Berikutnya ada Roberto Carlos yang tampil luar biasa pada tahun 2002 dengan membawa Real Madrid memenangi Liga Champions, Piala Super UEFA, dan Piala Interkontinental. Tak hanya itu, ia juga sukses meraih trofi Piala Dunia bersama Brasil.

Namun, Roberto Carlos akhirnya kalah dalam pemilihan Ballon d’Or dari kompatriotnya di Timnas Brasil, Ronaldo. Ronaldo memang terbilang punya peran lebih besar dalam keberhasilan Brasil menjadi juara dunia. Ia menjadi top skor Piala Dunia serta mencetak 2 gol kemenangan di partai final melawan Jerman.

5. Thierry Henry (2003)

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'OrThierry Henry (goal.com)

Tahun berikutnya, giliran Pavel Nedved yang meraih gelar Ballon d’Or. Gelandang asal Republik Ceko ini membawa Juventus meraih Scudetto serta melaju ke final Liga Champions. Posisi kedua Ballon d’Or ditempati Thierry Henry yang gagal jadi pemenang meski meraih Piala FA bersama Arsenal serta Piala Konfederasi dengan Timnas Prancis.

Baca Juga: Arsenal Kini Berani Bicara Usai Bebas dari Ancaman Degradasi

6. Deco (2004)

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'OrDeco (sapo.pt)

Deco tampil cemerlang pada tahun 2004 dengan menjuarai Liga Portugal dan Liga Champions bersama FC Porto serta membawa Portugal ke final Piala Eropa. Namun, akhirnya ia kalah dari Andriy Shevchenko dalam pemilihan Ballon d’Or. Sheva dianggap lebih pantas menang karena menjuarai sekaligus jadi top skor Serie A bersama AC Milan.

7. Frank Lampard (2005)

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'OrFrank Lampard (metro.co.uk)

Pada tahun 2005, ada dua gelandang Inggris yang menempati 3 besar Ballon d’Or, yaitu Frank Lampard di posisi kedua dan Steven Gerrard di tempat ketiga. Lampard menjuarai Premier League bersama Chelsea, sedangkan Gerrard mengantarkan Liverpool memenangi Liga Champions.

Namun, keduanya kalah dari Ronaldinho yang sukses menjuarai LaLiga bersama Barcelona serta Piala Konfederasi dengan Timnas Brasil. Tahun 2005 sendiri jadi tahun terakhir ada pemain Inggris yang masuk 3 besar Ballon d’Or hingga saat ini.

8. Gianluigi Buffon (2006)

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'OrGianluigi Buffon (eurosport.com)

Pada 2006, dua posisi teratas pemilihan Ballon d’Or kembali ditempati pemenang Piala Dunia. Fabio Cannavaro jadi pemenang, sedangkan posisi kedua ditempati Gianluigi Buffon. Keduanya punya andil besar dalam sukses Italia jadi juara dunia tahun tersebut.

Selain meraih trofi Piala Dunia, Buffon juga membawa Juventus menjuarai Serie A 2005/06 bersama Juventus meski gelar itu dicabut karena kasus Calciopoli. Buffon jadi salah satu dari 6 kiper yang pernah masuk 3 besar Ballon d’Or sepanjang sejarah.

9. Andres Iniesta (2010)

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'OrAndres Iniesta (cnn.com)

Pada tahun 2010, peraih Ballon d’Or justru tidak berasal dari negara pemenang Piala Dunia. Andres Iniesta sukses membawa Spanyol juara dunia di tahun tersebut, namun ia akhirnya kalah dari Lionel Messi dalam pemilihan Ballon d’Or. Messi dianggap lebih pantas menang karena menjuarai LaLiga sekaligus jadi top skor dan pemain terbaik.

10. Virgil van Dijk (2019)

Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'OrVirgil van Dijk (premierleague.com)

Terakhir, ada Virgil van Dijk yang jadi runner-up pemilihan Ballon d’Or teranyar tahun 2019. Van Dijk membawa Liverpool meraih 3 trofi internasional di tahun tersebut. Sayangnya, ia pun kalah dari Lionel Messi di akhir tahun karena Messi dianggap tampil lebih cemerlang dengan memenangi LaLiga serta meraih golden boot Eropa.

 

Sepuluh pemain di atas pernah tampil hebat sehingga nyaris meraih Ballon d’Or, namun sayangnya mereka gagal sehingga sejauh ini belum pernah meraih penghargaan tersebut. Di antara mereka, menurutmu, siapa yang sebenarnya lebih pantas merebut Ballon d’Or daripada sang pemenang?

Baca Juga: 5 Bek Terbaik yang Berusia di Atas 30 Tahun, Van Dijk hingga Walker!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya