5 Pemain yang Kalahkan Negara Kelahirannya di Piala Dunia 2022

Bahkan, ada yang cetak gol kemenangan timnya

Seorang pesepak bola tidak harus membela timnas negara kelahirannya. Jika ia memiliki kewarganegaraan atau keturunan dari negara lain, ia juga bisa memilih untuk bermain bagi negara tersebut. Hal itu jamak dilakukan oleh para pemain, termasuk mereka yang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar.

Uniknya, Piala Dunia 2022 sempat mempertemukan beberapa pemain dengan timnas negara kelahirannya. Mereka pun sempat berlaga, bahkan turut mengalahkan negara kelahirannya tersebut. Bagaimana kisah mereka?

1. Breel Embolo (Swiss 1-0 Kamerun)

5 Pemain yang Kalahkan Negara Kelahirannya di Piala Dunia 2022Breel Embolo tidak merayakan gol ke gawang Kamerun di Piala Dunia 2022. (instagram.com/breelembolo97)

Pada matchday pertama fase grup Piala Dunia 2022, ada pemain yang langsung berhadapan dengan negara kelahirannya. Ia adalah Breel Embolo, striker Swiss. Embolo lahir di Kamerun, tetapi ia memulai menimba ilmu sepak bola setelah pindah ke Swiss.

Kebetulan, Swiss bertemu Kamerun di laga pertama Grup G Piala Dunia 2022. Embolo tampil di laga tersebut, bahkan ia mencetak gol tunggal kemenangan Swiss. Meski itu adalah gol pertamanya di Piala Dunia, Embolo menunjukkan respek kepada Kamerun dengan tidak merayakannya.

2. Wahbi Khazri (Tunisia 1-0 Prancis)

5 Pemain yang Kalahkan Negara Kelahirannya di Piala Dunia 2022Wahbi Khazri (instagram.com/wahbi_khazri_8)

Wahbi Khazri adalah striker senior Tunisia yang lahir di Prancis. Sebagian besar karier sepak bola Khazri pun dijalani di Prancis sampai saat ini. Di Piala Dunia 2022, Khazri untuk pertama kalinya tampil menghadapi timnas negara kelahirannya tersebut.

Pertemuan itu terjadi di matchday terakhir Grup D. Hebatnya, sama seperti Embolo, Khazri sukses mencetak gol ke gawang negara kelahirannya. Tunisia menang 1-0 atas Prancis, dan itu pantas disebut kemenangan terhebat mereka sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia.

Sayangnya, Tunisia tetap tersisih di fase grup. Khazri lalu memutuskan pensiun dari timnas sehari setelah kepastian tersebut. Dengan demikian, laga internasional terakhir Khazri adalah kemenangan di Piala Dunia atas negara kelahirannya melalui gol yang ia cetak. Sungguh emosional.

Baca Juga: Pelatih Maroko: Dunia Bangga dengan Kami di Piala Dunia 2022

3. Selim Amallah (Maroko 2-0 Belgia) 

5 Pemain yang Kalahkan Negara Kelahirannya di Piala Dunia 2022Selim Amallah (instagram.com/selim_amallah)

Ada pula dua pemain Maroko yang sukses membawa negaranya menang atas negara kelahiran mereka masing-masing. Yang pertama adalah Selim Amallah, gelandang serang Maroko. Amallah sempat melawan timnas negara kelahirannya di Grup F, yaitu Belgia.

Saat itu, Amallah tampil sebagai starter dan bertahan di lapangan selama 68 menit. Meski tak mencetak gol atau assist, ia turut membawa Maroko unggul 1-0. Setelah Amallah diganti, Maroko memastikan kemenangan 2-0 di menit-menit terakhir.

4. Achraf Hakimi (Maroko 0-0 Spanyol, 3-0 adu penalti)

5 Pemain yang Kalahkan Negara Kelahirannya di Piala Dunia 2022Achraf Hakimi (instagram.com/achrafhakimi)

Achraf Hakimi juga turut andil mengalahkan negara kelahirannya di Piala Dunia 2022. Hakimi lahir di Kota Madrid, Spanyol, pada tahun 1998. Ia menimba ilmu sepak bola di akademi Real Madrid, bahkan mengawali karier profesionalnya bersama Los Blancos.

Namun, hal itu tak menghalanginya untuk tampil maksimal melawan Timnas Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Aksi Hakimi turut membuat serangan Spanyol buntu hingga laga berakhir imbang 0-0 setelah 120 menit.

Di babak adu penalti, Hakimi turut maju sebagai eksekutor. Bahkan, tendangannya memastikan kemenangan Maroko 3-0 hingga melaju ke perempat final. Namun, langkah Maroko kini sudah dihentikan Prancis di babak semifinal.

5. Diogo Costa (Portugal 6-1 Swiss)

5 Pemain yang Kalahkan Negara Kelahirannya di Piala Dunia 2022Diogo Costa (twitter.com/selecaoportugal)

Satu pemain lagi adalah Diogo Costa. Baru berusia 23 tahun, Costa dipercaya jadi penjaga gawang utama Timnas Portugal di Piala Dunia 2022. Ia tampil penuh dalam seluruh pertandingan Portugal, termasuk ketika mereka menang telak 6-1 atas Swiss di babak 16 besar.

Swiss sendiri adalah negara yang spesial bagi Costa. Ia lahir di Swiss, tetapi pindah ke Portugal sejak masih kecil. Termasuk lima penampilan di Piala Dunia 2022, Costa kini sudah mencatat 11 caps bersama Timnas Portugal.

Bertanding melawan negara kelahiran sendiri pasti adalah pengalaman yang emosional. Namun, kelima pemain di atas tetap menampilkan yang terbaik dan sukses membawa timnya menang di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Stres Berat Bayangi Para Bintang Dunia Usai Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya