Comscore Tracker

5 Pemain yang Membela Real Madrid Lebih dari 15 Tahun, Ada Marcelo

Semuanya pernah menjadi kapten Real Madrid

Marcelo Vieira baru saja mengakhiri kariernya bersama Real Madrid. Bek kiri asal Brasil itu menyelesaikan kontraknya pada akhir 2021/2022. Dengan demikian, berakhir pula pengabdian Marcelo kepada Los Blancos yang berlangsung sejak 2007.

Marcelo pun tercatat sebagai salah satu pemain yang setia membela Real Madrid sejak milenium baru. Ia kini tergabung dengan barisan pemain sepak bola yang pernah berseragam Real Madrid selama lebih dari 15 tahun.

1. Manolo Sanchis (18 tahun)

5 Pemain yang Membela Real Madrid Lebih dari 15 Tahun, Ada MarceloManolo Sanchis (twitter.com/realmadriden)

Manolo Sanchis adalah salah satu legenda Real Madrid. Pemain bernama asli Manuel Sanchis Junior ini hanya pernah membela Real Madrid sepanjang kariernya (1983–2001). Ia menghabiskan sekitar 18 tahun mengabdi kepada Los Blancos.

Semasa bermain, Sanchis berposisi sebagai bek tengah atau sweeper. Ia mencatat total 710 penampilan bersama Real Madrid di semua ajang dan menyumbang 40 gol. Pemain asal Spanyol ini juga sempat menjadi kapten Real Madrid selama 13 tahun pada 1988—2001.

Bersama Real Madrid, Sanchis berhasil mengangkat total 21 trofi, termasuk 8 trofi LaLiga dan 2 Liga Champions. Sebanyak 15 trofi d antaranya ia raih semasa menjabat sebagai kapten. Karena itu, Manolo Sanchis kerap dianggap sebagai salah satu kapten terbaik Real Madrid sepanjang masa.

2. Raul Gonzalez (16 tahun)

5 Pemain yang Membela Real Madrid Lebih dari 15 Tahun, Ada MarceloRaul Gonzalez (realmadrid.com)

Setelah Manolo Sanchis pensiun, jabatan kapten Real Madrid sempat dipegang Fernando Hierro selama 2 tahun. Hierro kemudian meninggalkan Real Madrid sehingga ban kapten pun dipegang Raul Gonzalez. Raul pada akhirnya menjelma jadi salah satu kapten tersukses Real Madrid.

Karier Raul bersama Real Madrid sendiri berlangsung pada 1994–2010 alias selama 16 tahun. Karena kesetiaan dan prestasinya, ia sampai mendapat julukan Pangeran Real Madrid.

Selama berseragam Real Madrid, Raul bermain 741 kali dengan torehan 323 gol di semua ajang. Jumlah tersebut sempat membuatnya menjadi top skor sepanjang masa Real Madrid, sebelum akhirnya disalip Cristiano Ronaldo.

Soal trofi, Raul berhasil meraih total 16 trofi, termasuk 6 LaLiga dan 3 Liga Champions. Meski tidak pensiun di Real Madrid, ia tetap salah satu legenda terbesar El Real.

Baca Juga: 5 Kapten Real Madrid yang Tidak Pensiun di Real Madrid

3. Iker Casillas (16 tahun)

5 Pemain yang Membela Real Madrid Lebih dari 15 Tahun, Ada MarceloIker Casillas (skysports.com)

Berikutnya, ada Iker Casillas, kiper asal Spanyol yang pernah menjadi kapten Real Madrid. Casillas berseragam Real Madrid selama 16 tahun pada periode 1999–2015.

Selama itu, Casillas mencatat 725 penampilan di semua ajang. Ia sukses mengangkat 21 trofi, termasuk 5 LaLiga dan 3 Liga Champions.

Sejumlah pencapaian individual diraih Casillas selama membela Real Madrid. Misalnya, ia sempat lima kali terpilih jadi kiper terbaik dunia. Namun, seperti Raul, Casillas juga tidak mengakhiri kariernya di Real Madrid. Ia sempat hijrah dan membela FC Porto selama 5 musim sebelum pensiun pada 2020.

4. Sergio Ramos (16 tahun)

5 Pemain yang Membela Real Madrid Lebih dari 15 Tahun, Ada MarceloSergio Ramos (skysports.com)

Setelah Casillas hengkang pada 2015, ban kapten Real Madrid jadi milik Sergio Ramos. Ramos memang pantas menjadi kapten Los Blancos karena sudah mengabdi selama 10 tahun.

Setelah jadi kapten, Ramos langsung sukses membawa Real Madrid juara Liga Champions tiga kali beruntun pada 2016—2018. Sayangnya, kebersamaan Ramos dan Real Madrid tidak berakhir baik-baik saja.

Ramos memutuskan hengkang ke Paris Saint-Germain pada awal 2021/2022 setelah berselisih dengan manajemen Real Madrid soal perpanjangan kontrak. Seperti Raul dan Casillas, karier Ramos bersama Los Blancos pun selesai setelah 16 tahun.

5. Marcelo (15,5 tahun) 

5 Pemain yang Membela Real Madrid Lebih dari 15 Tahun, Ada MarceloMarcelo menyapa fans Real Madrid saat parade juara musim 2021/2022. (instagram.com/marcelotwelve)

Marcelo menjadi pemain terbaru yang membela Real Madrid selama lebih dari 15 tahun. Bek kiri asal Brasil ini bergabung dengan Los Blancos pada Januari 2007.

Ia terus bertahan hingga akhir musim 2021/2022. Secara total, Marcelo berseragam Real Madrid selama 15,5 tahun.

Selama berseragam Real Madrid, Marcelo mencatat total 544 laga di semua ajang. Ia juga sukses menyumbang 37 gol dan 103 assists serta meraih 25 trofi.

Marcelo pun sempat menjabat sebagai kapten Real Madrid pada 2021/2022. Saat ini, belum diketahui klub mana yang akan menjadi destinasinya.

Lima pemain di atas pernah membela Real Madrid selama lebih dari 15 tahun. Selain itu, mereka juga sama-sama pernah menjadi kapten Los Blancos. Pada masa depan, adakah pemain lain yang bakal seloyal mereka kepada Real Madrid?

Baca Juga: 7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico Madrid

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya