Comscore Tracker

9 Pemain yang Sukses Mencetak Brace di Fase Grup Piala Eropa 2020

Hampir semuanya berhasil membawa negaranya lolos

Piala Eropa 2020 telah menyelesaikan babak penyisihan grup. Enam belas tim yang lolos ke perdelapan final sudah didapatkan, begitu pula delapan tim yang harus gugur. Selain kesuksesan negara-negara yang lolos, performa hebat para pemain di babak grup juga pantas menjadi sorotan.

Salah satunya adalah tentu dalam hal mencetak gol. Sejumlah pemain berhasil menunjukkan ketajamannya di laga fase grup dengan mencetak brace alias dua gol dalam satu pertandingan. Masih ingat siapa saja? Ini dia 9 pemain yang berhasil mencetak brace di fase grup Piala Eropa 2020.

1. Romelu Lukaku (Belgia)

9 Pemain yang Sukses Mencetak Brace di Fase Grup Piala Eropa 2020Romelu Lukaku mencetak brace ke gawang Rusia (eurosport.com)

Pertama ada Romelu Lukaku yang berhasil mencetak gua gol ke gawang Rusia di matchday pertama grup B. Penyerang Inter Milan ini membobol gawang Rusia di menit ke-10 dan 88. Dilengkapi gol Thomas Meunier, Belgia pun menang telak 3-0.

Di laga terakhir grup melawan Finlandia, Lukaku unjuk gigi lagi dengan mencetak 1 gol. Kini koleksi gol Lukaku di Piala Eropa pun sudah mencapai 5 gol karena di Piala Eropa 2016 ia berhasil mencetak 2 gol. Timnas Belgia pasti berharap Lukaku juga bisa pamer ketajaman di babak knockout nanti demi melaju sejauh mungkin.

2. Patrick Schick (Republik Ceko)

9 Pemain yang Sukses Mencetak Brace di Fase Grup Piala Eropa 2020Patrik Schick mencetak brace ke gawang Skotlandia (goal.com)

Matchday pertama grup C juga diwarnai brace striker Republik Ceko yang namanya mungkin jarang terdengar sebelum Piala Eropa 2020, yakni Patrik Schick. Striker Bayer Leverkusen tersebut membuat gol di menit 42 dan 52 yang membuat Republik Ceko mengakhiri perlawanan Skotlandia 2-0.

Ketajaman Schick bahkan terus berlanjut ke laga kedua. Ia mencetak satu gol lewat penalti ke gawang Kroasia. Tiga gol Schick punya andil besar dalam kelolosan Republik Ceko ke 16 besar. Bisakah ia melanjutkan performanya di babak knockout?

3. Cristiano Ronaldo (Portugal)

9 Pemain yang Sukses Mencetak Brace di Fase Grup Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo mencetak brace ke gawang Hungaria (eurosport.com)

Tak mau ketinggalan, Cristiano Ronaldo juga sukses mencetak gol di laga perdana Portugal melawan Hungaria. Butuh 84 menit bagi Portugal untuk membongkar pertahanan Hungaria melalui Raphael Guerreiro. Setelah itu, Ronaldo menambah dua gol di menit 87 dan 92 untuk memastikan Portugal menang 3-0.

Hebatnya, Ronaldo tak hanya sekali mencetak brace, tapi dua kali! Di laga terakhir melawan Prancis, lagi-lagi ia sukses mencetak 2 gol meski keduanya berasal dari titik penalti. Ronaldo pun kokoh menjadi top skor sementara Piala Eropa 2020 dengan 5 gol serta top skor Piala Eropa sepanjang masa dengan 14 gol.

Masih ada lagi. Torehan 2 gol ke gawang Prancis membuat Ronaldo akhirnya resmi jadi pemain dengan jumlah gol internasional terbanyak dengan 109 gol, bersanding dengan Ali Daei, striker Iran yang sudah lama pensiun. Hanya butuh satu gol lagi, Ronaldo akan memegang rekor tersebut sendirian. Akankah itu terjadi di Piala Eropa 2020 ini?

4. Manuel Locatelli (Italia)

9 Pemain yang Sukses Mencetak Brace di Fase Grup Piala Eropa 2020Manuel Locatelli mencetak brace ke gawang Swiss (skysports.com)

Matchday kedua fase grup ternyata hanya diwarnai oleh satu brace yang dibuat Manuel Locatelli ke gawang Swiss. Dua gol Locatelli di menit 26 dan 52 membuat Italia menang telak 3-0. Posisi Swiss pun sempat terancam meski akhirnya tetap lolos setelah menaklukkan Turki di laga terakhir.

Dua gol Locatelli sendiri terbilang unik karena ia sebenarnya bukan pemain yang terkenal sering mencetak gol. Gelandang klub Sassuolo tersebut tadinya baru punya koleksi 1 gol dari 10 caps bersama Timnas Italia sebelum Piala Eropa 2020. Di satu laga melawan Swiss tersebut, ia langsung melipatgandakan torehannya.

Baca Juga: 6 Klub yang Bisa Menjadi Destinasi Berikutnya bagi Manuel Locatelli

5. Xherdan Shaqiri (Swiss)

9 Pemain yang Sukses Mencetak Brace di Fase Grup Piala Eropa 2020Xherdan Shaqiri mencetak brace ke gawang Turki (goal.com)

Swiss berhasil lolos dari grup A sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik. Hal itu berhasil mereka raih berkat kemenangan meyakinkan atas Turki di matchday terakhir dengan skor 3-1. Xherdan Shaqiri tampil sebagai bintang berkat dua golnya yang menyudahi perlawanan Turki.

Bukan sembarang gol, kedua gol Shaqiri bahkan terbilang cantik. Gol pertama merupakan sepakan jarak jauh yang luar biasa, sedangkan gol kedua terjadi melalui skema serangan balik yang cepat. Di babak gugur, Swiss pasti berharap aksi-aksi fenomenal Shaqiri akan terjadi lagi demi meraih hasil maksimal.

6. Georginio Wijnaldum (Belanda)

9 Pemain yang Sukses Mencetak Brace di Fase Grup Piala Eropa 2020Georginio Wijnaldum mencetak brace ke gawang Makedonia Utara (goal.com)

Sementara itu, Belanda jadi tim kedua setelah Italia di Piala Eropa 2020 yang berhasil mencapai hasil sempurna di fase grup. Setelah menang melawan Ukraina dan Austria, Tim Oranye menutup fase grup dengan kemenangan 3-0 atas Makedonia Utara. Georginio Wijnaldum menjadi bintang berkat dua golnya di menit 51 dan 58.

Brace tersebut melengkapi satu gol yang ia ciptakan di laga pertama melawan Ukraina. Wijnaldum pun kini sudah punya tiga gol di Piala Eropa 2020, setara dengan torehan 4 pemain lainnya. Menarik ditunggu apakah ia bisa terus tampil tajam di fase knockout nanti.

7. Emil Forsberg (Swedia)

9 Pemain yang Sukses Mencetak Brace di Fase Grup Piala Eropa 2020Emil Forsberg mencetak brace ke gawang Polandia (uefa.com)

Berikutnya ada Emil Forsberg, striker RB Leipzig, yang mencetak dua gol bagi Swedia di laga terakhir grup melawan Polandia. Selain menambah torehannya di Piala Eropa 2020 ini menjadi 3 gol, brace Forsberg juga turut memastikan langkah Swedia ke 16 besar berkat kemenangan 3-2. Mampukah ia melanjutkan ketajamannya di babak knockout?

8. Robert Lewandowski (Polandia)

9 Pemain yang Sukses Mencetak Brace di Fase Grup Piala Eropa 2020Robert Lewandowski mencetak brace ke gawang Swedia (talksport.com)

Robert Lewandowski juga unjuk ketajaman di fase grup dengan mencetak 3 gol, termasuk brace di laga melawan Swedia. Sayangnya, Lewi menjadi satu-satunya pemain yang mencetak brace di fase grup, tapi tidak lolos ke 16 besar. Meski demikian, Piala Eropa 2020 adalah edisi tersubur baginya setelah hanya bisa mencetak satu gol di Piala Eropa 2012 dan 2016.

9. Karim Benzema (Prancis)

9 Pemain yang Sukses Mencetak Brace di Fase Grup Piala Eropa 2020Karim Benzema mencetak brace ke gawang Portugal (skysports.com)

Terakhir ada Karim Benzema, striker utama Prancis yang akhirnya menunjukkan taringnya di laga terakhir grup. Setelah tak bikin gol di dua laga awal, Benzema langsung mencetak dua gol di partai melawan Portugal. Prancis memang tetap gagal menang di laga tersebut. Namun, hasil imbang 2-2 memastikan Les Blues lolos dengan status juara grup.

Bagi Benzema, brace ke gawang Portugal membuatnya sukses memutus rekor buruk mandul di Piala Eropa. Sebelum laga melawan Portugal, Benzema sudah tampil 8 kali di Piala Eropa tanpa mencetak gol, termasuk di Piala Eropa 2008 dan 2012. Setelah pecah telur, bisakah Benzema terus menambah koleksi gol di fase knockout nanti?

 

Itulah 9 pemain yang berhasil mencetak brace di fase grup Piala Eropa 2020. Sanggupkah mereka mengulangi ketajaman mereka di babak 16 besar nanti demi membawa negaranya terus melaju?

Baca Juga: Pertemuan Rahasia Jadi Kunci Pulihnya Status Hitam Benzema

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya