5 Pemain yang Pernah Menetak Hattrick di Beberapa Liga Top Eropa

Mereka tak hanya tajam di satu liga

Dalam sepak bola, mencetak hattrick alias tiga gol dalam satu pertandingan adalah hal yang sulit dilakukan. Apalagi membuat hattrick di liga top Eropa yang tentunya berisi tim-tim tangguh. Perlu kualitas dan ketajaman mumpuni untuk bisa melakukan hal itu.

Terlebih lagi mencetak hattrick tak hanya di satu liga, tapi beberapa liga top Eropa. Tentunya hal itu sangat sulit, namun setidaknya ada lima pemain yang pernah berhasil melakukannya. Inilah kelima pemain tersebut.

1. Cristiano Ronaldo

5 Pemain yang Pernah Menetak Hattrick di Beberapa Liga Top EropaCristiano Ronaldo mencetak 34 hattrick selama main di LaLiga (90min.com)

Cristiano Ronaldo sudah tentu berada dalam daftar ini. Pemain asal Portugal ini memang sudah membuktikan kualitasnya di tiga liga top Eropa, yaitu Premier League, LaLiga, dan Serie A. Ronaldo pernah jadi juara, pernah jadi top skor, serta pernah mencetak hattrick di ketiga liga tersebut.

Di Premier League, Ronaldo sejauh ini baru mencetak satu hattrick. Tepatnya, ia melakukannya ke gawang Newcastle United di musim 2007/08. Namun, karena kini CR7 sudah kembali ke Manchester United, tentu jumlah tersebut masih bisa bertambah lagi.

Sementara itu, di LaLiga, Ronaldo adalah pencetak hattrick terbanyak kedua dengan 34 hattrick, hanya kalah dua hattrick dari Lionel Messi. Bahkan, ia pernah beberapa kali mencetak 4 atau 5 gol dalam satu laga. Sementara di Serie A, ia sukses membuat 2 hattrick. Benar-benar tajam!

2. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain yang Pernah Menetak Hattrick di Beberapa Liga Top EropaPierre-Emerick Aubameyang saat main di Borussia Dortmund (fourfourtwo.com)

Berikutnya ada Pierre-Emerick Aubameyang, striker asal Gabon yang kini membela Arsenal. Sejauh ini Aubameyang baru membuat satu hattrick bagi Arsenal di Premier League, yaitu pada laga melawan Leeds United musim lalu. Namun, seperti Ronaldo, jumlah hattrick Auba di Premier League masih bisa bertambah lagi.

Sebelum membela Arsenal, Auba lebih dulu bermain di Ligue 1 bersama Saint-Etienne dan ia sempat membuat satu hattrick. Auba lalu hengkang ke Borussia Dortmund dan ia tiga kali membuat trigol di Bundesliga, termasuk pada debutnya. Itu membuktikan bahwa Auba adalah striker adaptif yang bisa tampil tajam di berbagai liga.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Kemenangan Fantastis Arsenal atas Aston Villa

3. Emmanuel Adebayor

5 Pemain yang Pernah Menetak Hattrick di Beberapa Liga Top EropaEmmanuel Adebayor saat membela Arsenal (90min.com)

Ada pula Emmanuel Adebayor, striker Afrika yang juga pernah main di Arsenal, namun kini telah pensiun. Selain Premier League, pemain asal Togo ini juga pernah bermain di Ligue 1 dan LaLiga. Ia sukses mencetak hattrick di ketiga liga tersebut, pertama di Ligue 1 saat membela AS Monaco.

Adebayor lalu pindah ke Inggris membela Arsenal dan ia tiga kali mencetak hattrick bagi The Gunners di liga. Adebayor juga sempat main di LaLiga bersama Real Madrid. Meski hanya berstatus pinjaman, ia juga berhasil membuat hattrick saat Madrid membantai Almeria 8-1 di musim 2010/11.

4. Alexis Sanchez

5 Pemain yang Pernah Menetak Hattrick di Beberapa Liga Top EropaAlexis Sanchez saat membela Barcelona (statsbomb.com)

Alexis Sanchez juga pernah membuat hattrick di tiga liga top Eropa. Yang pertama adalah Serie A saat pemain asal Chile ini masih membela Udinese musim 2010/11. Saat itu Alexis bahkan tak sekadar membuat hattrick, tapi 4 gol ke gawang Palermo yang membawa Udinese menang 7-0.

Alexis kemudian hengkang ke LaLiga dan ia sempat mencetak satu hattrick bagi Barcelona. Setelah pindah ke Inggris membela Arsenal, Alexis tetap mempertahankan ketajaman dan sukses dua kali membuat hattrick di Premier League. Kini Alexis membela Inter Milan, namun sejauh ini ia belum pernah membuat hattrick bagi Nerazzurri di liga.

5. Jurgen Klinsmann 

5 Pemain yang Pernah Menetak Hattrick di Beberapa Liga Top EropaJurgen Klinsmann saat membela Inter Milan (twitter.com/throwbackfbl)

Terakhir ada Jurgen Klinsmann, mantan striker asal Jerman yang kini lebih sering dikenal sebagai mantan pelatih timnas negaranya. Klinsmann memang sudah lama gantung sepatu, tepatnya sejak 1998 sehingga tak banyak yang ingat kariernya sebagai pemain dulu.

Namun, sebenarnya Klinsmann pernah jadi striker top yang sukses menunjukkan ketajamannya di empat liga top Eropa, yaitu Bundesliga, Serie A, Ligue 1, dan Premier League. Bahkan, Klinsmann pernah mencetak hattrick di keempat liga tersebut. Pertama adalah di Bundesliga saat ia membela VfB Stuttgart pada tahun 1986.

Setelah itu, Klismann pindah ke Inter Milan dan ia sempat membuat 2 hattrick di Serie A. AS Monaco menjadi pelabuhan selanjutnya bagi Klinsmann, dan ia sukses membuat quattrick di Ligue 1. Terakhir, ia membuat quattrick lagi di musim terakhirnya sebagai pemain, yaitu musim 1997/98 bersama Tottenham Hotspur di Premier League. Luar biasa!

 

Lima pemain di atas pernah membuat hattrick tak hanya di satu liga top, tapi beberapa liga top Eropa. Siapa lagi pemain yang bisa menyusul pencapaian mereka?

Baca Juga: Mohamed Salah Cetak Rekor Luar Biasa Buat Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya