3 Pemain yang Meraih Trofi UCL Perdana pada Usia Lebih dari 35 Tahun

Ada yang bisa menyusul pada 2022/2023 ini

Liga Champions Eropa atau UEFA Champions League (UCL) adalah kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa. Menjadi juara di ajang tersebut adalah impian banyak pemain. Namun, tentu tak mudah bagi pemain mana pun untuk mendapatkannya.

Tak jarang seorang pemain mesti menunggu lama demi meraih trofi Liga Champions. Bahkan, ada yang baru mendapatkannya saat sudah berusia lebih dari 35 tahun. Inilah tiga pemain yang pernah mengalami hal tersebut.

1. Javier Zanetti

3 Pemain yang Meraih Trofi UCL Perdana pada Usia Lebih dari 35 TahunJavier Zanetti (inter.it)

Javier Zanetti adalah pemain dengan rekor penampilan terbanyak bagi Inter Milan. Zanetti begitu lama membela Nerazzurri, tepatnya pada 1995–2014. Namun, ia baru berhasil meraih gelar juara Liga Champions pertamanya jelang akhir karier pada musim 2009/2010.

Saat itu, Zanetti sudah berusia 36 tahun. Namun, bek asal Argentina itu masih menjabat sebagai kapten. Ia bahkan jadi salah satu pemain kunci Inter Milan. Ia tampil penuh dalam seluruh 13 laga yang dilalui Inter Milan menuju gelar juara Liga Champions.

Hebatnya, Zanetti tak hanya memimpin Inter Milan juara Liga Champions musim tersebut. Mereka meraih tiga gelar sekaligus alias treble winners. Zanetti sendiri akhirnya meraih total 16 trofi selama berseragam Inter Milan.

2. Daniel Van Buyten

3 Pemain yang Meraih Trofi UCL Perdana pada Usia Lebih dari 35 TahunDaniel Van Buyten (instagram.com/fcbayern)

Pada musim 2012/2013, giliran Bayern Munich yang berhasil meraih treble winners. Saat itu, Die Roten juga memiliki beberapa pemain senior. Paling tua adalah Daniel Van Buyten, bek asal Belgia kelahiran Februari 1978.

Ketika Bayern Munich memastikan meraih tiga gelar, usia Van Buyten pun sudah lebih dari 35 tahun. Van Buyten sendiri tak terlalu banyak tampil sepanjang musim tersebut. Namun, ia sempat enam kali bermain di Liga Champions, meski hanya jadi cadangan di partai final.

Bagi Daniel Van Buyten, itu adalah trofi Liga Champions pertamanya. Sebelumnya, ia sempat membawa Bayern Munich mencapai final pada 2009/2010 dan 2011/2012. Namun, keduanya berakhir dengan kekalahan bagi Die Roten.

Baca Juga: 4 Alumni EPL yang Berpeluang Meraih Trofi UCL Bersama Inter Milan

3. Thiago Silva

3 Pemain yang Meraih Trofi UCL Perdana pada Usia Lebih dari 35 TahunThiago Silva (chelseafc.com)

Thiago Silva juga baru meraih trofi Liga Champions perdana setelah berusia lebih dari 35 tahun. Bek tengah asal Brasil ini pernah membela dua klub besar Eropa, yaitu AC Milan dan Paris Saint-Germain. Namun, Silva gagal membawa mereka juara Liga Champions.

Setelah bergabung dengan Chelsea, barulah Thiago Silva bisa meraih trofi Liga Champions. Ia meraihnya pada musim pertamanya bersama The Blues pada 2020/2021. Meski sudah 36 tahun, Silva turut andil dengan delapan kali tampil di UCL musim tersebut, termasuk di final.

4. Empat pemain Inter Milan bisa menyusul musim ini

3 Pemain yang Meraih Trofi UCL Perdana pada Usia Lebih dari 35 TahunEdin Dzeko (instagram.com/edindzeko)

Final Liga Champions 2022/2023 akan mempertemukan Manchester City dan Inter Milan. Manchester City hanya punya satu pemain di atas 35 tahun. Ia adalah Scott Carson, kiper cadangan The Citizens. Namun, Carson sudah pernah juara UCL pada 2004/2005 bersama Liverpool.

Sementara, Inter Milan punya empat pemain berusia lebih dari 35 tahun. Mereka adalah Samir Handanovic, Alex Cordaz, Francesco Acerbi, dan Edin Dzeko. Keempat pemain itu belum pernah mengangkat trofi Liga Champions sepanjang kariernya.

Di antara mereka berempat, Edin Dzeko kemungkinan akan jadi sorotan. Selain karena peran pentingnya di lini depan Inter Milan, Dzeko juga mantan pemain Manchester City. Striker berusia 37 tahun itu bisa jadi sosok kunci di laga final nanti untuk Inter Milan.

Inter Milan punya peluang juara Liga Champions 2022/2023. Jika berhasil, empat pemain mereka bisa meraih trofi Liga Champions perdana pada usia lebih dari 35 tahun. Mampukah mereka mewujudkannya?

Baca Juga: 5 Hal Menarik saat Man City Bantai Real Madrid di Semifinal UCL 2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya