5 Pemain yang Pernah Bela Liverpool dan PSG, Wijnaldum Terbaru

Tak semuanya bisa sukses di kedua tim!

Georginio Wijnaldum belum lama ini memutuskan bergabung dengan Paris Saint-Germain setelah hengkang dari Liverpool. Gelandang yang sedang membela Timnas Belanda di Piala Eropa 2020 ini kerap jadi andalan selama membela The Reds. Musim depan, ia pun diprediksi akan jadi pemain penting bagi PSG.

Wijnaldum sendiri ternyata bukan pemain pertama yang pernah membela Liverpool dan PSG di sepanjang kariernya. Sepanjang sejarah, setidaknya sudah ada 5 nama pemain yang tercatat pernah menjadi pemain bagi kedua klub. Siapa saja mereka? Ini dia ulasannya.

1. Nicolas Anelka

5 Pemain yang Pernah Bela Liverpool dan PSG, Wijnaldum TerbaruNicolas Anelka saat membela PSG (squadnumbers.com)

Pertama ada Nicolas Anelka, striker Prancis yang terkenal pernah membela banyak klub besar sepanjang kariernya. Itu termasuk PSG dan Liverpool. Anelka sendiri adalah pemain lulusan akademi PSG.

Ia masuk tim senior PSG pada musim 1996/97. Setelah itu, ia sempat hengkang ke Arsenal dan Real Madrid, tapi kembali membela PSG selama dua musim pada 2000 hingga 2002. Di musim 2001/02 ketika masih jadi pemain PSG, Anelka dipinjamkan ke Liverpool selama semusim.

Secara total, ia bermain 69 kali untuk PSG dan mencetak 19 gol, sementara bagi Liverpool ia bermain 22 kali dan mencetak 5 gol. Bersama PSG, Anelka sempat menjuarai Piala Intertoto, namun di Liverpool ia gagal meraih trofi.

2. David N'Gog

5 Pemain yang Pernah Bela Liverpool dan PSG, Wijnaldum TerbaruDavid N'Gog saat membela Liverpool (planetfootball.com)

Striker asal Prancis lain yang pernah membela PSG dan Liverpool adalah David N'Gog. Sama seperti Anelka, N'Gog pun merupakan produk akademi PSG. Ia lalu membela tim senior PSG pada 2006 hingga 2008. Namun N'Gog tak banyak dapat kesempatan, ia hanya bermain 24 kali dengan sumbangan 3 gol dan 1 assist.

Kemudian, N'Gog pindah ke Liverpool, dan ia membela The Reds hingga 2011. Ia mendapat lebih banyak jam terbang, dan mencatat 94 laga di semua ajang. Namun catatan golnya hanya mencapai 19 gol, sehingga N'Gog pun dijual ke Bolton Wanderers. N'Gog berhasil meraih 1 trofi Piala Liga bersama PSG, namun ia tak meraih trofi bersama Liverpool.

Baca Juga: 6 Pemain Akademi Paris Saint-Germain yang Sukses Bersama Klub Lain

3. Mamadou Sakho

5 Pemain yang Pernah Bela Liverpool dan PSG, Wijnaldum TerbaruMamadou Sakho saat membela PSG (bleacherreport.net)

Ada pula Mamadou Sakho, bek tengah Prancis yang juga merupakan lulusan akademi PSG. Sakho cukup lama membela PSG, tepatnya 6 musim sejak 2007 hingga 2013. Ia bermain total 201 kali bagi PSG di semua ajang, bahkan sempat menyumbang 7 gol dan 2 assist.

Empat trofi juga sukses ia raih di PSG, termasuk Ligue 1 dan Coupe de France alias Piala Prancis. Pada 2013, Sakho dibeli oleh Liverpool dengan nilai transfer sekitar 19 juta euro atau sekitar Rp327 miliar.

Ia membela Liverpool hingga 2017, mencatat total 80 laga dan mencetak 3 gol. Setelah itu Sakho dijual ke Crystal Palace dengan harga yang meningkat, yaitu 28 juta euro atau sekitar Rp483 miliar. Pemain 31 tahun ini masih bermain untuk Crystal Palace hingga kini.

4. Mohamed Sissoko

5 Pemain yang Pernah Bela Liverpool dan PSG, Wijnaldum TerbaruMohamed Sissoko saat membela Liverpool (goal.com)

Sementara Mohamed Sissoko adalah gelandang asal Mali yang lebih dulu membela Liverpool sebelum PSG. Sissoko berseragam Liverpool selama 3 musim dari 2005 hingga 2008. Selama itu, ia bermain 87 kali di semua ajang dan mencetak 1 gol serta 2 assist. Sissoko juga turut membawa Liverpool meraih 3 trofi, termasuk Piala FA 2005/06.

Setelah itu Sissoko pindah ke Juventus, baru bergabung dengan PSG pada 2011. Ia bertahan hingga 2013 dan sempat dipinjamkan ke Fiorentina selama setengah musim. Sissoko bermain 37 kali di PSG dan mencetak 2 gol serta 1 assist. Ia juga turut membawa PSG menjuarai Ligue 1 2012/13, trofi pertama PSG sejak diambil alih investor Qatar pada tahun 2011.

5. Georginio Wijnaldum

5 Pemain yang Pernah Bela Liverpool dan PSG, Wijnaldum TerbaruGeorginio Wijnaldum dikontrak PSG selama 3 tahun (thisisanfield.com)

Inilah pemain teranyar yang pernah membela Liverpool dan PSG. Wijnaldum mengakhiri pengabdiannya kepada The Reds yang dimulai pada 2016. Kala itu, Wijnaldum didatangkan dari Newcastle United dengan harga 27,5 juta euro atau sekitar Rp474 miliar. Harga itu belakangan terbukti murah jika melihat apa yang Wijnaldum berikan kepada Liverpool.

Selama membela Liverpool, gelandang Belanda ini bermain 237 kali di semua ajang dan mencetak 22 gol serta 16 assist. Wijnaldum juga berhasil membawa Liverpool memenangi 4 trofi, yang mencakup Premier League, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Melihat semua catatan tersebut, tentu Liverpool sangat kehilangan pemain yang jadi kapten Belanda di Piala Eropa 2020 ini. Sementara PSG tentu diuntungkan, terlebih mereka tak perlu merogoh kocek untuk mendatangkan Wijnaldum karena ia berstatus free transfer. Dilansir Sky Sports, Wijnaldum menandatangani kontrak 3 tahun alias hingga 2024.

 

Itulah 5 pemain yang pernah membela Liverpool dan Paris Saint-Germain, termasuk Wijnaldum yang menjadi nama terbaru. Kalau menurutmu, bisakah Wijnaldum meraih sukses di PSG sebagaimana di Liverpool?

Baca Juga: 5 Pemain yang Kariernya Anjlok Setelah Gabung dengan Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya