Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Bela MU dan Marseille Sebelum Bailly

Sebagian besar pemain Prancis

Eric Bailly akan mengarungi 2022/2023 sebagai pemain pinjaman di Olympique Marseille. Bailly dipinjamkan Manchester United karena memang minim kesempatan bermain bersama Setan Merah.

Bek asal Pantai Gading ini menjadi tambahan amunisi berharga di lini belakang Marseille. Peminjaman Eric Bailly juga membuatnya menyusul jejak sejumlah pemain top yang pernah bermain untuk Manchester United dan Marseille.

Inilah pemain yang pernah bela MU dan Marseille sebelum Bailly.

1. Eric Cantona

5 Pemain yang Pernah Bela MU dan Marseille Sebelum BaillyEric Cantona (manutd.com)

Eric Cantona, penyerang legendaris Manchester United asal Prancis, lebih dahulu membela Marseille. Ia bermain selama 3 musim di sana. Cantona sukses membawa Marseille meraih dua trofi Ligue 1 sehingga namanya terangkat.

Cantona mulai bermain di Inggris bersama Leeds United pada 1992, sebelum diboyong Manchester United pada tahun yang sama. Ia pun menjelma jadi salah satu aktor utama kejayaan Manchester United pada masa awal English Premier League (EPL). Lima tahun membela MU, Cantona bermain 182 kali dan mencetak 82 gol.

Cantona juga turut membawa MU memenangi 9 trofi, termasuk 4 trofi EPL. Tak hanya kemampuan bermain bola, Cantona juga dikenal memiliki karisma luar biasa di dalam lapangan. Ia bahkan sampai mendapat julukan King Eric karena ciri khasnya.

2. Fabien Barthez

5 Pemain yang Pernah Bela MU dan Marseille Sebelum BaillyFabien Barthez (twitter.com/OM_Officiel)

Fabien Barthez juga lebih dahulu membela Marseille pada awal kariernya, tepatnya pada 1992–1995. Penjaga gawang asal Prancis ini menjadi bagian skuad inti Marseille yang memenangi Liga Champions Eropa 1992/1993. Marseille pun masih jadi satu-satunya klub Prancis yang punya trofi Liga Champions hingga kini.

Setelah itu, Barthez sempat meraih sukses bareng AS Monaco, sebelum dibeli Manchester United pada 2000. Barthez sukses jadi pilihan utama di bawah mistar MU hingga mencatat 139 penampilan dalam 3 musim. Ia juga turut memenangi dua trofi Premier League.

Baca Juga: MU Pinjamkan Eric Bailly ke Marseille Semusim!

3. Laurent Blanc 

5 Pemain yang Pernah Bela MU dan Marseille Sebelum BaillyLaurent Blanc (manutd.com)

Ada pula bek tengah yang pernah membela Manchester United dan Marseille. Ia adalah Laurent Blanc, salah satu bek legendaris Prancis.

Blanc pernah membela beberapa klub besar sepanjang kariernya, termasuk Barcelona dan Inter Milan. Ia juga sempat berkostum Marseille selama 2 musim pada 1997–1999.

Blanc tidak berhasil memenangi trofi bersama Marseille. Namun, bersama Manchester United, ia turut mengangkat trofi Premier League 2002/2003. MU sendiri akhirnya jadi klub terakhir Blanc.

Saat ini, Blanc sudah menjadi pelatih. Ia sempat meraih banyak trofi saat membesut Paris Saint-Germain.

4. Patrice Evra

5 Pemain yang Pernah Bela MU dan Marseille Sebelum BaillyPatrice Evra (twitter.com/premierleague)

Patrice Evra jadi salah satu bek kiri terbaik yang pernah membela Manchester United pada era Premier League. Evra berseragam MU pada 2006–2014 dengan total 379 penampilan di semua ajang. Ia juga berhasil meraih 14 trofi, termasuk 5 trofi Premier League.

Setelah MU, Evra membela Juventus selama 3 tahun, lalu kembali ke Prancis pada 2017 dan bergabung dengan Marseille. Sayangnya, tak sampai setahun, Evra dipecat Marseille karena sempat terlibat konflik fisik dengan fans. Evra lalu menutup karier pada 2018 setelah membela West Ham United.

5. Alexis Sanchez

5 Pemain yang Pernah Bela MU dan Marseille Sebelum BaillyAlexis Sanchez (ligue1.com)

Alexis Sanchez juga termasuk pemain yang pernah bela MU dan Marseille sebelum Bailly. Alexis terbilang flop saat berseragam Manchester United pada 2018–2019. Ia hanya bertahan 1,5 musim dan mencetak 5 gol dalam 45 penampilan di semua ajang.

Meski begitu, Alexis tetap pemain dengan kualitas dan pengalaman yang luar biasa. Oleh karena itu, Marseille beruntung bisa mendapatkannya dengan gratis. Alexis sudah bergabung dengan Marseille lebih dahulu daripada Bailly. Sejauh ini, ia tampil dua kali bersama klub barunya.

Lima pemain yang pernah bela MU dan Marseille sebelum Bailly di atas mengalami perjalanan karier yang beragam. Ada yang sukses bersama keduanya, ada pula yang flop bersama salah satu klub. Seperti apa nasib Eric Bailly sebagai pemain Manchester United yang dipinjam Marseille musim ini?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Pernah Diboyong Eric ten Hag sebagai Pelatih

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya