Comscore Tracker

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!

Dari kiper sampai striker, semua pemain top

Chelsea dan Real Madrid adalah dua klub besar Eropa yang namanya telah mendunia. Mereka kerap jadi kandidat juara di liganya masing-masing, bahkan di kancah Eropa. Meski keduanya memiliki perbedaan mencolok dalam hal sejarah, namun siapapun pasti tak bisa menyangkal pencapaian mereka dalam setidaknya dua dekade terakhir.

Sebagai klub besar, baik Real Madrid maupun Chelsea tentu senantiasa memiliki skuad berkualitas berisi pemain-pemain kelas dunia. Bahkan ternyata ada cukup banyak pemain bintang yang pernah membela dua klub tersebut. Ini dia 10 pemain di antaranya.

1. Pertama ada Nicolas Anelka, striker Prancis yang memang terkenal suka pindah-pindah klub 

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!irishmirror.ie

Anelka membela Madrid semusim saja, yaitu pada musim 1999-00 kala usianya masih 20 tahun. Sementara ia membela Chelsea selama 4 musim pada 2008 hingga 2012, sehingga menjadikan Chelsea klub terlama yang pernah ia bela. Di Madrid ia turut meraih gelar Champions League, sementara di Chelsea ia sukses mengangkat 5 trofi.

2. Berikutnya ada Arjen Robben, yang membela Chelsea selama tiga musim lalu Real Madrid selama dua musim 

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!soccerladuma.co.za

Di kedua klub tersebut Robben sukses merebut trofi liga domestik, tepatnya 2 kali bersama Chelsea dan sekali bersama Real Madrid. Satu trofi Piala FA dan Copa del Rey pun berhasil ia raih di masing-masing klub.

3. Claude Makelele sang gelandang bertenaga kuda pernah membela Real Madrid selama tiga musim sebelum menyeberang ke Chelsea 

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!chelseafc.com

Di Chelsea bahkan Makelele menetap lebih lama yaitu selama 5 musim. Ia selalu jadi pemain kunci di kedua klub tersebut, seperti terlihat dari statistik 145 laga bersama Madrid dan 217 laga untuk Chelsea, dikutip dari Transfermarkt.

4. Sementara Michael Essien membela Chelsea selama 9 musim, namun ia sempat dipinjamkan ke Real Madrid selama semusim 

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!talksport.com

Meski hanya semusim, Essien dipercaya Madrid untuk bermain 35 kali pada musim tersebut. Sementara di Chelsea pencapaian Essien sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Ia bermain 256 kali di semua ajang dan meraih 8 trofi, termasuk 2 Premier League dan 1 Liga Champions.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Usai Real Madrid Menangi Derbi Madrid, Ada Rekor Baru!

5. Pemain berposisi bek pun ada yang pernah membela Chelsea dan Real Madrid, yaitu Ricardo Carvalho 

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!bleacherreport.net

Bek asal Portugal ini membela Chelsea selama 6 musim dari 2004 hingga 2010, kemudian hengkang ke Madrid dan bermain selama 3 musim. Carvalho jadi bagian penting skuad Chelsea yang menjelma jadi klub besar sejak dibeli Roman Abramovich dan meraih 9 trofi bersama Chelsea. Sementara di Madrid ia meraih trofi La Liga dan Copa del Rey.

6. Sukses di Real Madrid, Gonzalo Higuain ternyata gagal tampil maksimal ketika dipinjamkan ke Chelsea 

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!goal.com

Higuain membela Real Madrid dari 2007 hingga 2013, dan mencatat statistik ciamik yaitu 121 gol dan 56 assist dalam 264 laga. Namun kala dipinjamkan oleh Juventus ke Chelsea pada 2019, Higuain hanya mampu 5 kali menjebol gawang lawan dari 18 kesempatan, tanpa menyumbang assist.

7. Nasib hampir serupa dialami Alvaro Morata, yang tampil bagus di Madrid namun jadi pesakitan di Chelsea 

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!as.com

Morata sebenarnya sempat menjanjikan di awal kedatangannya ke Stamford Bridge. Namun kemudian ia sering membuang-buang peluang emas sehingga dua kali dipinjamkan sebelum akhirnya dijual. Sementara bersama Madrid, ia sukses mencetak 31 gol dari 95 laga meski lebih sering dijadikan pelapis Karim Benzema.

8. Sebaliknya, Mateo Kovacic justru relatif lebih sukses di Chelsea daripada di Madrid 

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!as.com

Gelandang asal Kroasia ini membela Madrid selama 4 musim dari 2015 hingga 2019, namun pada musim terakhirnya ia dipinjamkan ke Chelsea. Ternyata ia sukses tampil bagus bersama The Blues sehingga dipermanenkan di musim berikutnya. Hingga kini, Kovacic masih bergabung dengan Chelsea dan jadi salah satu pemain kunci di lini tengah tim.

9. Kiper top pun ada yang pernah membela Chelsea dan Real Madrid, yaitu Thibaut Courtois 

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!telegraph.co.uk

Kiper asal Belgia ini tak diragukan lagi memang layak jadi kiper utama Chelsea dari 2014 hingga 2018. Ketika dibeli Real Madrid pada 2018, penampilan Courtois sempat jadi sorotan karena beberapa kesalahannya. Namun kini ia sudah kembali ke performa terbaik dan sejauh ini sudah tampil 112 kali di semua ajang, dengan catatan 45 clean sheet.

10. Pemain teranyar yang menyeberang dari Chelsea ke Real Madrid adalah Eden Hazard, yang baru bergabung sejak musim lalu 

10 Pemain yang Pernah Bela Real Madrid dan Chelsea, Deretan Bintang!as.com

Selama di Chelsea pada 2012 hingga 2019, Hazard bak dewa yang selalu jadi andalan The Blues untuk mendulang gol. Sebanyak 110 gol dan 92 assist ia ciptakan selama membela Chelsea. Namun di Madrid sejauh ini ia belum kembali ke performa aslinya, terutama karena cedera yang sering ia alami. Mampukah gelandang asal Belgia ini bangkit lagi?

10 pemain di atas benar-benar pemain bintang bernama besar ya! Terbukti bahwa Real Madrid dan Chelsea memang senantiasa dibela pemain-pemain top dunia. Adakah dari antara mereka yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Argentina yang Pernah Membela Chelsea, Performa Kian Menurun?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya