Comscore Tracker

6 Pemain yang Pernah Juara Bundesliga Bersama Munchen dan Dortmund

Mereka sukses membela dua klub yang merupakan rival

Bayern Munchen dan Borussia Dortmund adalah dua klub yang merupakan rival berat di sepak bola Jerman. Khususnya di era sepak bola modern, kedua klub memang sering bersaing memperebutkan gelar juara di berbagai kompetisi. Bahkan pertandingan antara Munchen dan Dortmund pun dijuluki Der Klassiker alias laga El Classico ala Jerman.

Meski begitu, rivalitas kedua klub tidak sampai membuat para pemain mereka diharamkan untuk saling menyeberang. Ada cukup banyak pemain yang pernah membela Munchen dan Dortmund, dan beberapa di antaranya sukses menjuarai Bundesliga bersama kedua klub. Siapa saja? Ini dia 6 pemain yang tercatat pernah meraih hal tersebut.

1. Robert Lewandowski

6 Pemain yang Pernah Juara Bundesliga Bersama Munchen dan DortmundRobert Lewandowski saat membela Dortmund (independent.co.uk)

Robert Lewandowski adalah salah satu penyerang tertajam sepanjang sejarah Liga Jerman. Hingga 28 September 2021, striker asal Polandia ini sudah mengoleksi 284 gol di Bundesliga bersama Borussia Dortmund dan Bayern Munchen. Itu membuatnya menempati urutan kedua top skor Bundesliga sepanjang masa.

Selain tajam, Lewandowski juga sukses menjuarai Bundesliga bersama kedua klub tersebut. Lewi membela Dortmund pada 2010 hingga 2014 dan sukses meraih 2 trofi Bundesliga, lalu pindah ke Munchen dan berhasil menambah 7 trofi liga hingga kini. Dengan total 9 trofi, Lewi pun jadi salah satu pemain dengan koleksi trofi Bundesliga terbanyak.

2. Mats Hummels

6 Pemain yang Pernah Juara Bundesliga Bersama Munchen dan DortmundMats Hummels saat membela Munchen (beinsports.com)

Mats Hummels adalah bek tengah yang sepanjang kariernya selalu bolak-balik membela Bayern Munchen dan Borussia Dortmund. Ia mengawali karier pada 2007 bersama Munchen, lalu pindah ke Dortmund pada 2009. Setelah itu, Hummels bergabung lagi dengan Munchen pada 2016, dan tiga tahun berselang balik ke Dortmund hingga saat ini.

Selama seluruh periode tersebut, Hummels berhasil meraih 5 trofi Bundesliga, dengan rincian 2 trofi bersama Dortmund dan 3 trofi saat membela Munchen. Secara total, Hummels meraih masing-masing 7 trofi bersama kedua klub tersebut. Sudah berusia 32 tahun, kemungkinan Hummels akan terus menetap di Dortmund dan tidak balik lagi ke Munchen.

3. Mario Gotze

6 Pemain yang Pernah Juara Bundesliga Bersama Munchen dan DortmundMario Gotze saat membela Dortmund (bundesliga.com)

Seperti Hummels, Gotze juga sempat bolak-balik berseragam Dortmund dan Munchen. Ia mulanya membela Dortmund, lalu sempat hengkang ke Munchen, dan belakangan kembali ke Dortmund. Selama main di Bundesliga, pemain berposisi gelandang ini mencatatkan 231 penampilan dengan 57 gol dan 61 assist.

Capaian trofi Bundesliga yang didapat Gotze pun setara dengan Hummels, yaitu 2 trofi di Dortmund dan 3 trofi bersama Munchen. Jumlah itu kemungkinan tak akan bertambah lagi karena Gotze sudah hijrah ke Eredivisie Belanda dan bergabung dengan PSV Eindhoven sejak musim lalu.

Baca Juga: 5 Penyerang Top yang Membela Borussia Dortmund dalam Sedekade Terakhir

4. Ivan Perisic

6 Pemain yang Pernah Juara Bundesliga Bersama Munchen dan DortmundIvan Perisic saat membela Munchen (sempreinter.com)

Ada pula Ivan Perisic, winger asal Kroasia yang pernah sekitar 5 musim bermain di Bundesliga. Perisic membela Borussia Dortmund selama dua musim yaitu pada 2011 hingga 2013. Ia berhasil membawa Dortmund meraih 1 trofi Bundesliga dan DFB Pokal di musim pertamanya, tapi tak memenangi gelar di musim kedua.

Pada tahun 2015, Perisic bergabung dengan Inter Milan, tapi ia sempat kembali ke Bundesliga di musim 2019/20 karena dipinjam Bayern Munchen. Meski hanya pinjaman, Perisic sukses membantu Munchen meraih treble winners. Sempat ingin dipermanenkan Munchen, Perisic akhirnya kembali ke Inter dan masih bertahan hingga sekarang.

5. Stefan Reuter

6 Pemain yang Pernah Juara Bundesliga Bersama Munchen dan DortmundStefan Reuter saat membela Dortmund (goal.com)

Mundur ke era 80an, ada pula pemain yang pernah meraih trofi Bundesliga bersama Munchen dan Dortmund. Salah satunya Stefan Reuter, pemain yang bisa berposisi bek maupun gelandang. Reuter membela Munchen pada 1988 hingga 1991, dan ia sukses dua kali membawa Munchen memenangi liga.

Setelah itu Reuter sempat membela Juventus selama semusim, lalu kembali ke Jerman dan bergabung dengan Borussia Dortmund. Reuter membela Dortmund selama 12 musim dan meraih 8 trofi, termasuk 3 Bundesliga dan 1 Liga Champions. Reuter pun terus dikenang sebagai salah satu pemain legendaris Dortmund hingga kini.

6. Jurgen Kohler

6 Pemain yang Pernah Juara Bundesliga Bersama Munchen dan DortmundJurgen Kohler saat membela Munchen (spox.com)

Satu nama lagi adalah Jurgen Kohler, pemain berposisi bek tengah yang perjalanan kariernya mirip seperti Stefan Reuter. Ia mulanya membela Munchen pada 1989 hingga 1991, sempat hengkang ke Juventus, lalu kembali ke Jermda dan bergabung dengan Borussia Dortmund.

Seperti Reuter pula, Kohler cukup lama berseragam Dortmund, tepatnya 7 musim dari 1995 hingga 2002. Selama membela Munchen, Kohler meraih 1 trofi liga, lalu disusul tambahan 2 trofi liga bersama Dortmund. Kini Kohler sudah menjadi pelatih, tapi sejauh ini hanya menangani tim-tim kecil.


Meski merupakan rival berat, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund pernah dibela banyak pemain yang sama. Itu termasuk 6 pemain di atas yang sukses memenangi Bundesliga bersama kedua klub. Siapa yang bakal menyusul jejak mereka di masa depan?

Baca Juga: 7 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Bayern Munchen

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya