Comscore Tracker

6 Pemain yang Pernah Membela MU dan Juventus, Deretan Pemain Bintang!

Pasti kamu kenal nama-nama ini

Manchester United dan Juventus adalah dua klub besar Eropa dengan prestasi yang tak terbantahkan. Soal koleksi trofi liga domestik, mereka adalah yang terbaik di liganya masing-masing. Kedua tim juga senantiasa dibela pemain-pemain kelas dunia dan hampir selalu menjadi penantang juara di berbagai kompetisi.

Kalau kamu adalah fans dari MU atau Juventus, tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa pemain yang pernah membela kedua klub dalam beberapa dekade terakhir? Pemain-pemain tersebut adalah pemain bintang dengan nama besar, lho! Ini dia 6 pemain tersebut.

Baca Juga: Joe Van Der Sar, Putra Edwin Van Der Sar Calon Kiper Handal Kelas Dunia

1. Edwin van der Sar

6 Pemain yang Pernah Membela MU dan Juventus, Deretan Pemain Bintang!10footballentertainment.com

Kita mulai dari barisan belakang, ada kiper jangkung asal Belanda, Edwin van der Sar. Memulai karier di Ajax Amsterdam, van der Sar sempat membela Juventus selama dua musim yaitu 1999/2000 dan 2000/2001. Ia tampil apik pada dua musim tersebut, namun kedatangan Gianluigi Buffon membuat van der Sar yang tak rela jadi cadangan pun hengkang ke Fulham.

Selama 4 musim van der Sar merumput bersama Fulham dan ia sukses mempertahankan performanya. Manchester United pun merekrutnya. MU sebenarnya memang sudah sejak lama mengincar van der Sar. Bersama MU, van der Sar tampil luar biasa selama 6 musim dan membawa Setan Merah meraih 12 trofi, termasuk 4 Premier League dan 1 Liga Champions.

2. Patrice Evra

6 Pemain yang Pernah Membela MU dan Juventus, Deretan Pemain Bintang!joe.co.uk

Berikutnya ada Patrice Evra, bek sayap asal Prancis yang didatangkan MU dari AS Monaco pada tahun 2006. Evra kemudian menjelma bek kiri andalan MU selama 8 musim. Dilansir Transfermarkt, Evra memainkan total 379 laga bersama MU di semua ajang. Total trofi yang ia raih bersama Setan Merah pun cukup menakjubkan, yaitu 14 trofi.

Pada 2014, Evra hengkang ke Juventus, klub tempat ia akhirnya menghabiskan 3 musim kariernya. Sebanyak 82 laga ia mainkan di semua ajang, plus sumbangan 3 gol dan 7 assist. Evra turut berperan membawa Juve meraih 3 Scudetto dan 2 Copa Italia. Setelah itu, Evra hijrah ke Marseille, lalu West Ham United sebelum mengakhiri kariernya pada tahun 2019.

3. Paul Pogba

6 Pemain yang Pernah Membela MU dan Juventus, Deretan Pemain Bintang!espn.com

Dari barisan gelandang, nama Paul Pogba sudah pasti termasuk daftar ini. Bahkan, Pogba memang baru pernah membela Manchester United dan Juventus saja di sepanjang kariernya sejauh ini. Merupakan jebolan akademi MU, Pogba sempat menjadi bagian dari tim senior MU pada musim 2011/2012. Namun, minimnya kesempatan bermain membuat Pogba hijrah ke Juve.

Di Italia, kebintangan Pogba pun langsung terlihat dan ia pun menjadi pemain andalan Juve selama 4 musim. MU yang kepincut pun akhirnya memulangkannya ke Old Trafford dengan status pemain termahal MU sepanjang masa. Sudah memasuki musim kelimanya di MU, Pogba kini masih menjadi andalan lini tengah MU meski kadang dikritik karena penampilannya yang tak konsisten.

4. Carlos Tevez

6 Pemain yang Pernah Membela MU dan Juventus, Deretan Pemain Bintang!planetfootball.com

Carlos Tevez mungkin bukanlah pemain yang jadi kecintaan para penggemar MU, terutama karena ia pernah menyeberang ke Manchester City dan berselisih dengan Sir Alex Ferguson. Namun, tak bisa dimungkiri bahwa Tevez adalah salah satu pemain asal Amerika Latin tersukses yang pernah membela MU.

Penampilannya selalu cemerlang selama membela Setan Merah dan ia berperan besar dalam kesuksesan MU meraih 2 Premier League dan 1 Liga Champions. Setelah hijrah ke City dan Juventus pun kebintangannya tetap tak luntur. Ia sukses membawa Juve meraih 4 trofi dalam 2 musim. Kini, pemain kelahiran 1984 ini tengah membela Boca Juniors di tanah kelahirannya.

5. Zlatan Ibrahimovic

6 Pemain yang Pernah Membela MU dan Juventus, Deretan Pemain Bintang!juvefc.com

Ibrahimovic memang terkenal sebagai pemain yang doyan bergonta-ganti klub. Di Italia saja ia pernah membela tiga klub terbesar Serie A, yaitu Juventus, Inter Milan, dan AC Milan. Di Juventus sendiri, Ibra bermain selama dua musim sejak 2004 hingga 2006 dan meraih 2 Scudetto meskipun belakangan keduanya dicabut karena skandal Calciopoli yang menjerat Juve.

Sepuluh tahun berselang saat menginjak usia 35 tahun, Ibra untuk pertama kalinya mencoba peruntungan di Premier League Inggris dengan membela MU. Dua musim pula ia habiskan di MU dan statistiknya cukup baik, yaitu 29 gol dan 10 assist hanya dalam 53 laga. Ibra juga sukses membawa MU meraih 3 gelar, termasuk trofi Europa League pertama sepanjang sejarah MU.

6. Cristiano Ronaldo 

6 Pemain yang Pernah Membela MU dan Juventus, Deretan Pemain Bintang!talksport.com

Last but not least, tentu ada Cristano Ronaldo. Di antara semua pemain yang pernah membela MU dan Juve, tak diragukan lagi bahwa Ronaldo adalah yang tersukses. Ia membela MU selama 6 musim dengan catatan 118 gol dan 69 assist dalam 292 laga, sesuai catatan Transfermarkt.

Sementara total trofi yang pemain berjuluk CR7 ini raih selama di Old Trafford tak kurang dari 10 buah, termasuk 3 Premier League, 1 Liga Champions, dan 1 Piala Dunia Antarklub. Setelah itu, Ronaldo meraih puncak kejayaannya di Real Madrid sebelum hijrah ke Juventus pada 2018 di usia 33 tahun.

Meski sudah tak muda lagi, Ronaldo membuktikan bahwa dirinya belum habis dan sejauh ini ia sudah memainkan 113 laga untuk Juventus dengan sumbangsih 88 gol dan 21 assist. Dua trofi Serie A pun sudah ia persembahkan untuk Si Nyonya Tua dan besar kemungkinan jumlah itu masih akan terus bertambah di masa depan.

 

Itulah 6 nama pemain yang pernah membela Manchester United dan Juventus di sepanjang kariernya. Semuanya merupakan pemain bintang, ya! Di antara mereka, siapa yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: Ulang Tahun ke-36! Cristiano Ronaldo Masih Punya Karier Panjang

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya