6 Pemain yang Pernah Tampil di Liga Champions Bersama Banyak Klub

Ibrahimovic paling sering bertualang

Bermain di Liga Champions Eropa (UCL) adalah impian dari banyak pemain. Tak jarang, seorang pemain mempertimbangkan kesempatan tampil di Liga Champions sebelum memutuskan berpindah klub. Beberapa pemain pun konsisten tampil di Liga Champions meski sering gonta-ganti klub.

Dari antara para pemain tersebut, enam pemain berikut ini memiliki rekor unik. Mereka adalah pemain yang pernah membela banyak klub di Liga Champions. Ironisnya, beberapa justru tidak pernah sekali pun memenangi trofi Liga Champions.

1. Zlatan Ibrahimovic (7 klub)

6 Pemain yang Pernah Tampil di Liga Champions Bersama Banyak KlubZlatan Ibrahimovic (zlatanibrahimovic.com)

Zlatan Ibrahimovic adalah pemain yang pernah membela banyak klub di Liga Champions. Striker asal Swedia ini bermain bagi tujuh klub di ajang tersebut. Pertama kali Ibrahimovic tampil di Liga Champions adalah pada 2001/2002 bersama Ajax Amsterdam.

Sejak itu, Ibrahimovic sering berpindah-pindah klub, tetapi hampir selalu membela klub besar Eropa. Ia pun pernah tampil di Liga Champions bersama Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, Paris Saint-Germain, dan Manchester United.

Ironisnya, sejauh ini, Ibrahimovic belum pernah membawa klubnya jadi juara Liga Champions. Bahkan, capaian terbaiknya di Liga Champions hanyalah babak perempat final. Sudah berusia 41 tahun, peluang Ibrahimovic merasakan gelar juara Liga Champions makin menipis.

2. Nicolas Anelka (6 klub)

6 Pemain yang Pernah Tampil di Liga Champions Bersama Banyak KlubNicolas Anelka (skysports.com)

Nicolas Anelka adalah pemain yang sering berpindah klub. Eks striker asal Prancis ini pernah membela tak kurang dari sepuluh klub Eropa sepanjang kariernya. Ia pun sempat tampil di Liga Champions bersama enam klub di antaranya.

Keenam klub tersebut adalah Arsenal, Real Madrid, Paris Saint-Germain, Fenerbahce, Chelsea, dan Juventus. Anelka mencatat total 68 penampilan dan 20 gol di Liga Champions. Gelar juara Liga Champions sempat dirasakan Anelka bersama Real Madrid pada 1999/2000.

3. Javier Saviola (6 klub)

6 Pemain yang Pernah Tampil di Liga Champions Bersama Banyak KlubJavier Saviola (instagram.com/javier.saviolaok)

Ada pula Javier Saviola, eks striker Argentina yang pernah membela Barcelona dan Real Madrid. Saviola tampil di Liga Champions bersama keduanya. Namun, ia tak turut mengangkat trofi Liga Champions 2005/2006 yang diraih Barcelona karena sedang dipinjamkan ke Sevilla.

Saviola juga pernah tampil di Liga Champions bareng AS Monaco, Benfica, Malaga, dan Olympiakos. Statistik total Saviola di Liga Champions adalah 18 gol dalam 56 partai. Meski tak pernah juara Liga Champions, Saviola sempat memenangi Piala UEFA bareng Sevilla.

Baca Juga: Ibrahimovic: Messi Digariskan Meraih Gelar Piala Dunia 2022

4. Fernando Morientes (5 klub)

6 Pemain yang Pernah Tampil di Liga Champions Bersama Banyak KlubFernando Morientes (twitter.com/LFC)

Berikutnya, ada tiga pemain yang pernah membela lima klub di Liga Champions. Pertama adalah Fernando Morientes, eks striker asal Spanyol. Morientes pernah membela Real Madrid dan sukses membawa Los Blancos jadi juara Eropa sebanyak tiga kali.

Setelah itu, Morientes pernah tampil di Liga Champions bersama AS Monaco, Liverpool, Valencia, dan Olympique Marseille. Ia sempat mengantarkan Monaco ke final Liga Champions 2003/2004, tetapi gagal juara. Statistik total Morientes di Liga Champions adalah 95 laga dengan 33 gol.

5. Samuel Eto'o (5 klub)

6 Pemain yang Pernah Tampil di Liga Champions Bersama Banyak KlubSamuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Samuel Eto'o juga pernah bermain di Liga Champions bersama lima klub. Dua di antaranya berhasil dibawanya jadi kampiun, yaitu Barcelona dan Inter Milan. Eto'o memenangi Liga Champions 2005/2006 dan 2008/2009 bersama Barca, lalu juara Liga Champions 2009/2010 bareng Inter Milan.

Striker asal Kamerun ini juga sempat tampil di Liga Champions bersama Real Madrid, Real Mallorca, dan Chelsea. Secara total, Eto'o mencatat 78 penampilan dan 30 gol di Liga Champions. Jumlah itu membuatnya jadi pemain Afrika dengan koleksi gol terbanyak ketiga di Liga Champions.

6. Hernan Crespo (5 klub)

6 Pemain yang Pernah Tampil di Liga Champions Bersama Banyak KlubHernan Crespo (acmilan.com)

Satu lagi pemain yang tampil di Liga Champions bersama lima klub. Ia adalah Hernan Crespo, eks striker top asal Argentina. Crespo pernah membela empat klub Italia di Liga Champions, yaitu Parma, Lazio, Inter Milan, dan AC Milan.

Selain itu, Crespo juga sempat tampil di Liga Champions bareng Chelsea. Sayangnya, ia tak pernah merasakan gelar juara Liga Champions. Raihan terbaiknya adalah menjadi runner-up Liga Champions 2004/2005 bersama AC Milan.

Zlatan Ibrahimovic memimpin daftar di atas dengan total tujuh klub yang pernah ia bela di Liga Champions. Namun, ia justru belum pernah memenangi ajang tersebut. Masihkah ada kesempatan baginya untuk juara sebelum gantung sepatu?

Baca Juga: Kesempatan Kedua untuk Javier Saviola

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya