7 Pemain yang Terlama Mengabdi pada Klub Premier League di Era Modern

Kesetiaan mereka gak perlu diragukan  

Di dunia sepakbola modern, kesetiaan tampaknya semakin langka ditemukan pada seorang pemain. Semakin jarang kita menemukan pemain yang setia mengabdi pada satu klub selama belasan atau puluhan tahun. Kebanyakan pemain akan segera hengkang dari klub yang dibelanya jika ada klub lain yang menawarkan iming-iming gaji tinggi maupun ketenaran.

Maka saat ada pemain yang rela mengabdi pada sebuah klub untuk waktu yang sangat lama, pemain tersebut pantas dipuji kesetiaannya. Dari Premier League, inilah 7 pemain yang mengabdi paling lama untuk sebuah klub di era modern.

7. Mark Noble (16 tahun)  

7 Pemain yang Terlama Mengabdi pada Klub Premier League di Era Modernwhufc.com

Mark Noble adalah seorang gelandang yang hingga kini masih bermain untuk West Ham United. Saat ini ia sudah memasuki musim ke-16 membela The Hammers. Itu membuatnya tercatat sebagai pemain aktif yang paling lama membela sebuah klub di Premier League.

Noble mulai membela West Ham pada tahun 2004, tahun dimana ia memulai karier profesionalnya. Ia juga sempat membela Hull City dan Ipswich dengan status pinjaman, tapi ia kembali ke klubnya dan terus dipercaya hingga kini. Bersama West Ham, Noble telah bermain sebagai 501 kali dan menyumbang 60 gol serta 61 assist, seperti dilansir dari Transfermarkt.

6. Jamie Carragher (17 tahun) 

7 Pemain yang Terlama Mengabdi pada Klub Premier League di Era Modernthisisanfield.com

Berikutnya ada Jamie Carragher, bek legendaris Liverpool yang menghabiskan keseluruhan 17 tahun kariernya membela The Reds. Mulai bermain dari 1996 hingga 2013, Carragher sudah merasakan berbagai pencapaian dan gelar.

Total 737 laga ia mainkan bersama Liverpool, sehingga menjadikannya pemain dengan caps terbanyak kedua untuk The Reds. Ia juga menyumbangkan 4 gol dan 14 assist, serta membantu Liverpool meraih 11 trofi. Itu mencakup 2 Piala FA, 1 Liga Champions, dan 1 Piala UEFA.

5. Steven Gerrad (17 tahun) 

7 Pemain yang Terlama Mengabdi pada Klub Premier League di Era Moderngoal.com

Sementara pemain yang mengoleksi jumlah penampilan terbanyak ketiga bersama Liverpool adalah Steven Gerrard. Seperti Carragher, gelandang dengan sapaan akrab Stevie G ini membela Liverpool selama 17 musim. Ia bermain dari 1998 hingga 2015 dengan catatan 186 gol dan 135 assist dalam 710 laga.

Catatan gol itu juga membuat Gerrard tercatat sebagai top skor kelima sepanjang masa bagi The Reds. Selain itu, laman LFC History juga mencatat Gerrard sebagai pemain yang mengapteni dalam pertandingan terbanyak, yaitu 473 laga. Satu-satunya penyesalan Gerrard adalah tahun-tahun hebatnya bersama Liverpool tak pernah diganjar trofi Premier League.

Baca Juga: 8 Pemain Terlama yang Mengabdi di Klub Premier League Saat Ini! 

4. Tony Hibbert (18 tahun) 

7 Pemain yang Terlama Mengabdi pada Klub Premier League di Era Moderndailypost.co.uk

Mungkin gak banyak yang kenal Tony Hibbert karena ia hanya pernah bermain untuk klub papan tengah yaitu Everton. Tapi fakta itu sebenarnya juga menunjukkan betapa setia pengabdian Hibbert kepada klub kota kelahirannya itu. Ya, seluruh 18 tahun karier profesional Hibbert diabdikan untuk The Toffees.

Selama berkarier dari 1998 hingga 2016, Hibbert memainkan 326 laga di seluruh kompetisi. Sebagai bek kanan, ia memang gak pernah menyumbang satu gol pun. Ia juga gak selalu jadi pilihan pertama, terutama di 4 musim terakhirnya dimana kariernya mulai diganggu cedera. Tapi ia tetap setia mengabdi pada Everton hingga kontraknya berakhir, lalu akhirnya pensiun.

3. Gary Neville (19 tahun) 

7 Pemain yang Terlama Mengabdi pada Klub Premier League di Era Modernsportbible.com

Masuk ke 3 besar, ada nama Gary Neville, bek sayap Manchester United yang membela Setan Merah selama 19 musim. Neville adalah salah bagian dari Class of 92, yaitu pemain-pemain hebat yang dihasilkan oleh akademi MU pada tahun 1992. Sejak tahun tersebut, Neville membela MU hingga 2011.

Bersama MU, Neville sudah meraih segalanya. Trofi Premier League-nya berjumlah 8, Piala FA 3 buah, plus 2 trofi Liga Champions. Total pertandingan yang ia jalani berjumlah 598 dengan sumbangan 7 gol dan 47 assist, seperti dicatat Transfermarkt. Setelah itu Neville sempat menjadi pundit dan menjadi manager Valencia, meski dengan hasil yang terbilang buruk.

2. Paul Scholes (19 tahun)  

7 Pemain yang Terlama Mengabdi pada Klub Premier League di Era Modernshoot.co.uk

Seangkatan dengan Neville, ada Paul Scholes yang juga berasal dari Class of 92 milik MU. Ia dikontrak sejak 1993 dan terus membela MU hingga pensiun pada 2011. Namun pada Januari 2012, Scholes turun gunung dan kembali bermain untuk MU karena krisis cedera yang menimpa klub kala itu. Ia bermain sampai Mei 2013, hingga secara total menghabiskan 19 musim membela MU.

Selama kurun waktu tersebut, Scholes menjalani 499 laga di semua ajang dan menceploskan 107 gol dan 54 assist. Jumlah trofinya pun luar biasa. Trofi Premier League ia raih 11 kali, capaian terbanyak di antara semua pemain asal Inggris. Ia juga mengangkat 4 trofi Piala FA dan 2 Liga Champions.

1. Ryan Giggs (24 tahun) 

7 Pemain yang Terlama Mengabdi pada Klub Premier League di Era Moderntalksport.com

Dan inilah pemain yang menempati posisi pertama pemain paling setia bagi satu klub Inggris di era Premier League. Sama seperti Neville dan Scholes, Giggs juga adalah jebolan Class of 92. Namun ia pensiun lebih belakangan dibanding 2 kompatriotnya itu. Ia dikontrak profesional sejak 1990 dan terus bermain hingga 2014, sehingga total membela MU selama 24 musim.

Prestasi yang sudah ia dapatkan di MU gak perlu dipertanyakan lagi. Ia adalah pemain MU dengan koleksi gelar terbanyak sepanjang masa, yaitu 34 trofi. Ia juga pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk Setan Merah yaitu 963 laga, dan sederet pencapaian hebat lainnya. Luar biasa!

Itulah dia tujuh pemain yang paling lama mengabdi untuk satu klub Premier League di era modern. Dari antara mereka semua, yang mana yang paling kamu kagumi kesetiaannya?

Baca Juga: 11 Pemain Terbaik Premier League 2019/2020 Pilihan IDN Times

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya