5 Penampilan Marseille di Final Kompetisi Eropa, Pernah Jadi Juara

Satu-satunya klub Prancis yang pernah juara Liga Champions

Olympique de Marseille adalah salah satu klub tersukses di Prancis. Marseille memang minim prestasi dalam sedekade terakhir, tetapi mereka punya sejarah kesuksesan pada masa lalu. Marseille mengoleksi sepuluh trofi Ligue 1, rekor terbanyak bersama Saint-Etienne.

Marseille juga masih menjadi satu-satunya klub Prancis yang pernah meraih trofi Liga Champions Eropa. Mereka pernah lima kali bertanding di final kejuaraan antarklub Eropa, rekor terbanyak di antara klub-klub Prancis.

1. Final Liga Champions 1990/1991

5 Penampilan Marseille di Final Kompetisi Eropa, Pernah Jadi JuaraRed Star Belgrade melawan Marseille di final Liga Champions 1990/1991. (uefa.com)

Marseille pertama kali menembus final kejuaraan antarklub Eropa pada 1990/1991. Dimotori pemain bintang seperti Eric Cantona, Abedi Pele, hingga Jean-Pierre Papin, Marseille tampil perkasa di Liga Champions. Hasilnya, mereka mencapai partai puncak dan harus berhadapan dengan Red Star Belgrade.

Marseille memang harus menyerah dari Red Star Belgrade melalui adu penalti. Namun, menjadi runner-up Liga Champions tentu prestasi yang membanggakan. Musim 1990/1991 pun berakhir cukup baik bagi Marseille. Mereka menjadi juara Ligue 1 dan runner-up Coupe de France.

2. Final Liga Champions 1992/1993

5 Penampilan Marseille di Final Kompetisi Eropa, Pernah Jadi JuaraMarseille sukses menjuarai Liga Champions 1992/1993. (uefa.com)

Dua tahun berselang, Marseille kembali lolos ke final Liga Champions. Saat itu, skuad mereka diisi pemain-pemain jempolan seperti Fabien Barthez, Marcel Desailly, Didier Deschamps, hingga Alen Boksic. Hasilnya, Marseille sukses jadi klub Prancis pertama yang meraih trofi Liga Champions.

Marseille mengalahkan AC Milan pada partai puncak dengan skor tipis 1-0. Padahal saat itu Milan memiliki deretan pemain bintang seperti Franco Baresi, Marco van Basten, hingga Jean-Pierre Papin. Nama terakhir kebetulan mantan andalan Marseille. Hingga kini, belum ada klub Prancis lain yang bisa menyamai kesuksesan itu.

Baca Juga: Kembali ke Kompetisi Eropa, 5 Pemain Ini Meraih Juara Liga Domestik

3. Final Piala UEFA 1998/1999

5 Penampilan Marseille di Final Kompetisi Eropa, Pernah Jadi JuaraMarseille melawan Parma di final Piala UEFA 1998/1999. (thesefootballtimes.co)

Sejak 1993, Marseille belum pernah lagi lolos ke final Liga Champions. Bahkan, pencapaian terbaik mereka sejak itu adalah babak perempat final saja. Namun, Marseille masih bisa menunjukkan taringnya di Piala UEFA dengan tiga kali lolos ke final.

Penampilan pertama mereka di partai final terjadi pada 1998/1999. Sayangnya, Marseille gagal jadi juara karena takluk 0-3 dari Parma yang memiliki skuad bertabur bintang. Selain di Piala UEFA, Marseille juga menjadi runner-up Ligue 1 pada musim tersebut.

4. Final Piala UEFA 2003/2004

5 Penampilan Marseille di Final Kompetisi Eropa, Pernah Jadi JuaraValencia melawan Marseille di final Piala UEFA 2003/2004. (uefa.com)

Marseille kembali tampil di Piala UEFA pada 2003/2004 setelah tergusur dari fase grup Liga Champions. Ternyata, mereka sukses melaju hingga ke partai final. Uniknya, saat itu juga ada klub Ligue 1 yang lolos ke final Liga Champions, yaitu AS Monaco.

Tentu akan jadi pencapaian luar biasa bagi sepak bola Prancis jika Monaco dan Marseille bisa sama-sama menguasai Eropa. Apa daya, kedua klub tersebut justru takluk dari lawan-lawannya di final. Marseille kalah 0-2 dari Valencia, sementara Monaco harus menyerah dari FC Porto.

5. Final Europa League 2017/2018

5 Penampilan Marseille di Final Kompetisi Eropa, Pernah Jadi JuaraReaksi pemain dan pelatih Marseille setelah kalah di final Europa League 2017/2018. (skysports.com)

Final kelima yang dilakoni Marseille pada kejuaraan antarklub Eropa adalah final Europa League 2017/2018. Saat itu, Marseille harus berhadapan dengan Atletico Madrid yang merupakan gusuran dari fase grup Liga Champions. Melihat kualitas kedua tim, tentu Atletico lebih diunggulkan untuk jadi pemenang.

Benar saja, Marseille akhirnya harus menyerah dengan skor 0-3. Marseille pun menjadi salah satu klub yang paling sial di Piala UEFA atau Europa League. Mereka pernah tiga kali mencapai final, tetapi selalu kalah. Sementara, Atletico justru selalu menang dalam ketiga final Europa League yang pernah mereka lakoni.

Olympique Marseille adalah klub Prancis dengan prestasi terhebat di kejuaraan antarklub Eropa. Mereka pernah lima kali mencapai final, meski hanya sekali menjadi juara. Bisakah Marseille menambah trofi koleksi Eropa pada masa depan?

Baca Juga: 5 Pemain yang Didatangkan Chelsea dari Marseille, Banyak yang Sukses!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya