Comscore Tracker

6 Pemain yang Mencetak Banyak Gol di Piala Eropa Tanpa Pernah Juara

Ada yang bisa mencapai final, tapi gagal juara

Sepanjang sejarah Piala Eropa, sudah banyak pemain bernama besar yang berhasil meraih gelar juara. Namun, tentu ada banyak pula pemain yang belum pernah merasakannya. Padahal, mereka sebenarnya tampil hebat di Piala Eropa, tapi sayangnya tetap gagal membawa negaranya juara.

Bahkan, ada beberapa pemain yang berhasil mencetak banyak gol di Piala Eropa, tetapi tak pernah jadi juara. Mau tahu siapa saja? Inilah 6 pemain yang mencetak banyak gol di Piala Eropa tanpa pernah menjadi juara.

1. Alan Shearer (7 gol)

6 Pemain yang Mencetak Banyak Gol di Piala Eropa Tanpa Pernah JuaraAlan Shearer mencetak gol di Piala Eropa 1996 (uefa.com)

Alan Shearer adalah pemain dengan gol terbanyak di Piala Eropa yang tak pernah menjuarai Piala Eropa sepanjang kariernya. Striker Inggris ini sukses mencetak 7 gol dari 9 laga Piala Eropa yang ia mainkan. Shearer tampil di tiga edisi Piala Eropa, yaitu Piala Eropa 1992, 1996, dan 2000.

Sayangnya, Inggris selalu gagal menjadi juara Piala Eropa selama dibela oleh Shearer. Bahkan, The Three Lions memang sama sekali belum pernah juara Piala Eropa. Pencapaian terbaik Shearer di Piala Eropa adalah semifinal tahun 1996 saat Inggris tersingkir di semifinal. Shearer pun pensiun pada 2006 tanpa pernah merasakan mengangkat trofi Piala Eropa.

2. Wayne Rooney (6 gol)

6 Pemain yang Mencetak Banyak Gol di Piala Eropa Tanpa Pernah JuaraWayne Rooney mencetak gol di Piala Eropa 2004 (uefa.com)

Selain Shearer, striker Inggris lain yang juga tajam di Piala Eropa adalah Wayne Rooney. Pemain legendaris Manchester United ini tampil dalam tiga edisi Piala Eropa, yaitu Piala Eropa 2004, 2012, dan 2016. Ia bermain total 10 kali di Piala Eropa dan mencetak 6 gol.

Namun, sayangnya pencapaian terbaik Inggris dalam ketiga edisi yang Rooney mainkan hanyalah perempat final, yaitu pada 2004 dan 2012. Sementara di Piala Eropa 2016 Inggris malah harus gugur di babak 16 besar. Dengan demikian, Rooney pun tak pernah meraih trofi di level internasional meski berhasil meraih banyak trofi bersama MU.

Baca Juga: 5 Penyerang Terhebat Manchester United Sepanjang Sejarah, Ada Rooney!

3. Ruud van Nistelrooy (6 gol)

6 Pemain yang Mencetak Banyak Gol di Piala Eropa Tanpa Pernah JuaraRuud van Nistelrooy mencetak gol di Piala Eropa 2004 (twitter.com/EURO2020)

Striker Belanda yang pernah main bareng Rooney di MU, Ruud van Nistelrooy, juga tak pernah juara Piala Eropa meski mencetak banyak gol. Belanda sebenarnya pernah menjuarai Piala Eropa pada 1988, namun kala itu Nistelrooy baru berusia 12 tahun. Ia baru bermain di Piala Eropa pada edisi 2004 dan 2008.

Dalam dua edisi tersebut, Nistelrooy bermain 8 kali dan mencetak 6 gol. Itu adalah statistik yang luar biasa, tapi sayangnya Belanda hanya bisa mencapai semifinal di Piala Eropa 2004 dan perempat final di 2008. Nistelrooy mencetak total 35 gol bagi Timnas Belanda dari 70 caps yang ia mainkan.

4. Patrick Kluivert (6 gol)

6 Pemain yang Mencetak Banyak Gol di Piala Eropa Tanpa Pernah JuaraPatrick Kluivert mencetak gol di Piala Eropa 2000 (uefa.com)

Patrick Kluivert juga mencetak 6 gol bagi Belanda di Piala Eropa. Ia melakukannya di dua edisi, yaitu Piala Eropa 1996 dan 2000. Di Piala Eropa 2004 pun sebenarnya Kluivert masuk skuad, tapi hanya duduk di bangku cadangan sepanjang turnamen. Total, Kluivert bermain 9 kali di Piala Eropa.

Kluivert mencetak 40 gol selama membela timnas sehingga menjadi top skor ketiga sepanjang masa bagi Belanda. Namun, sayang ia tak pernah meraih trofi bersama negaranya itu. Di Piala Eropa 1996 dan 2000, pencapaian terbaik Tim Oranye hanya sampai babak semifinal.

5. Zlatan Ibrahimovic (6 gol)

6 Pemain yang Mencetak Banyak Gol di Piala Eropa Tanpa Pernah JuaraZlatan Ibrahimovic mencetak gol di Piala Eropa 2008 (uefa.com)

Zlatan Ibrahimovic adalah top skor sepanjang masa bagi Timnas Swedia dengan total 62 gol. Selain itu, ia juga top skor Timnas Swedia di ajang Piala Eropa dengan 6 gol. Ia mencatat gol-golnya itu dalam 13 penampilan di 4 edisi, yaitu Piala Eropa 2004, 2008, 2012, dan 2016.

Sayangnya, Swedia memang bukan negara yang berprestasi di kancah sepak bola Eropa. Ibra pun belum pernah meraih trofi bersama negaranya itu. Ibra sendiri sebenarnya belum menyatakan pensiun dari timnas, namun dengan usia yang sudah hampir 40 tahun, sepertinya ia tidak akan bermain lagi di Piala Eropa.

6. Nuno Gomes (6 gol)

6 Pemain yang Mencetak Banyak Gol di Piala Eropa Tanpa Pernah JuaraNuno Gomes mencetak gol di Piala Eropa 2000 (uefa.com)

Satu lagi pemain yang berhasil mencetak 6 gol di Piala Eropa adalah Nuno Gomes. Penyerang asal Portugal ini tampil di 3 edisi Piala Eropa, yaitu Piala Eropa 2000, 2004, dan 2008. Gomes bahkan sempat menjadi kapten Portugal di Piala Eropa 2008, namun ia tetap tak mampu membawa timnya juara.

Sebenarnya, Nuno Gomes sempat turut membawa Portugal ke final Piala Eropa 2004 alias tinggal selangkah lagi menjadi juara. Namun, apa daya mereka malah takluk 0-1 dari Yunani di final. Setelah Nuno Gomes pensiun pada 2013, barulah Portugal bisa menjuarai Piala Eropa pada 2016.

 

Selain 6 pemain di atas, masih ada Antoine Griezmann, striker Prancis yang sudah mencetak 7 gol di Piala Eropa. Namun, Griezmann masih berusia 30 tahun sehingga masih terbuka lebar peluangnya untuk menjuarai Piala Eropa tahun ini atau pada 2024 nanti. Bisakah Griezmann melakukannya untuk menghindari nasib 6 pemain tersebut?

Baca Juga: 5 Hal Menarik Saat Duel Seru Portugal Vs Prancis yang Berakhir Imbang

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya