5 Pencetak Gol Terbanyak saat Musim Debut Bersama Bayern Munich

Sadio Mane siap jadi nama berikutnya?

Bayern Munich harus kehilangan Robert Lewandowski pada bursa transfer musim panas 2022. Sebagai penggantinya, Bayern pun mendatangkan Sadio Mane dari Liverpool. Meski berbeda karakter dengan Lewandowski, Mane bisa mengisi kekosongan lini depan Bayern karena ia juga memiliki ketajaman mumpuni.

Mane pun diprediksi bisa langsung tampil tajam pada musim kompetisi 2022/2023. Jika berhasil, ia bakal menyusul kelima nama pemain berikut sebagai pencetak gol terbanyak pada musim debut bersama Bayern Munich dalam dua dekade terakhir.

1. Luca Toni (39 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak saat Musim Debut Bersama Bayern Munichpotret Luca Toni (goal.com)

Luca Toni memimpin daftar ini dengan torehan gol yang luar biasa pada musim debutnya bersama Bayern Munich. Mantan striker asal Italia ini bergabung dengan Bayern pada musim panas 2007. Toni diboyong Bayern setelah berhasil tampil tajam di Serie A Italia bersama Palermo dan Fiorentina.

Sepanjang musim debutnya, yaitu musim kompetisi 2007/2008, Toni langsung membuat 39 gol dalam 46 penampilan. Ia pun sukses membawa Bayern juara Bundesliga dan DFB-Pokal musim tersebut serta meraih gelar top skor Bundesliga.

Sayangnya, catatan gol Toni menurun pada dua musim berikutnya karena dibekap cedera. Toni pun akhirnya hanya bertahan tiga musim di Bayern sebelum akhirnya kembali ke Italia. Secara keseluruhan, ia membuat 58 gol dalam 89 penampilan di semua ajang bersama Bayern Munich.

2. Roy Makaay (31 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak saat Musim Debut Bersama Bayern MunichRoy Makaay (fcbayern.com)

Roy Makaay adalah pemain tertajam Bayern Munich medio 2003–2007. Striker asal Belanda ini dibeli Bayern setelah tampil tajam di LaLiga Spanyol bersama Deportivo La Coruna. Bersama Bayern, Makaay juga langsung membuktikan diri pada musim pertama dengan torehan 31 gol di semua ajang.

Ketajaman Makaay terus bertahan selama empat musim hingga berbuah total 103 gol dalam 183 laga bagi Bayern. Ia juga berhasil meraih 5 trofi, termasuk 2 trofi Bundesliga. Uniknya, Makaay tak pernah menjadi top skor Bundesliga karena selalu kalah dalam urusan koleksi gol dari pemain lain.

Baca Juga: 5 Pemain Asing Tertajam dalam Sejarah Bayern Munich Selain Lewandowski

3. Robert Lewandowski (25 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak saat Musim Debut Bersama Bayern MunichRobert Lewandowski (fcbayern.com)

Robert Lewandowski juga termasuk di daftar ini. Lewandowski diboyong Bayern dari Borussia Dortmund pada musim panas 2014. Tak butuh waktu lama, striker asal Polandia ini langsung pamer ketajaman pada musim 2014/2015. Ia membuat 25 gol dalam 49 penampilan di semua ajang.

Jumlah itu mengawali total 344 gol yang diciptakan Lewandowski selama delapan musim membela Bayern. Ia pun menjadi pencetak gol terbanyak kedua sepanjang sejarah Die Roten. Ketajaman Lewandowski juga berbuah 19 trofi kolektif serta 6 gelar top skor Bundesliga bersama Bayern.

4. Arjen Robben (23 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak saat Musim Debut Bersama Bayern Munichpotret Arjen Robben (goal.com)

Tak hanya striker, Arjen Robben yang berposisi winger pun sukses mencetak banyak gol pada musim debut bersama Bayern Munich. Robben mulai membela Bayern pada 2009/2010 setelah digaet dari Real Madrid. Winger asal Belanda ini tampil tajam sepanjang musim tersebut dengan catatan 23 gol dalam 37 laga.

Robben kemudian terus bertahan membela Bayern hingga 2019. Secara total, ia bermain 309 kali dan menyumbang 144 gol serta 101 assist. Jumlah itu membuat Robben tercatat sebagai winger tertajam sepanjang sejarah Bayern.

5. Mario Mandzukic (22 gol)

5 Pencetak Gol Terbanyak saat Musim Debut Bersama Bayern MunichMario Mandzukic (fcbayern.com)

Satu nama lagi adalah Mario Mandzukic, striker asal Kroasia yang mulai membela Bayern Munich pada 2012. Ia diboyong dari sesama klub Bundesliga, yaitu VfL Wolfsburg. Musim debut Mandzukic bersama Bayern langsung dihiasi 22 gol dalam 40 penampilan di semua ajang.

Mandzukic pun berperan besar membawa Bayern meraih treble winners 2012/2013. Sayangnya, Mandzukic hanya bertahan di Bayern selama dua musim. Ia dilepas ke Atletico Madrid pada musim panas 2014 setelah menyumbang total 48 gol bagi Bayern.

Kelima nama pemain di atas langsung mencetak banyak gol sejak musim pertama membela Bayern Munich. Mampukah Sadio Mane mengungguli jumlah gol mereka pada musim kompetisi 2022/2023 ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Inter Milan dan Bayern Munich

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya