Comscore Tracker

7 Pemain yang Pernah Mencetak Hattrick Sempurna di Premier League

Mencetak 3 gol dengan kaki kanan, kaki kiri, dan sundulan

Penggemar sepak bola pasti sudah sangat familier dengan istilah hattrick yang berarti mencetak tiga gol dalam satu pertandingan. Selain itu, ada pula istilah lain tentang hattrick yang jarang diketahui, yaitu perfect hattrick alias hattrick sempurna.

Hattrick sempurna kadang disebut juga sebagai golden hattrick atau hattrick emas. Arti istilah tersebut adalah keberhasilan mencetak tiga gol dengan kaki kanan, kaki kiri, dan sundulan dalam satu pertandingan. Tentu, melakukan hal itu jauh lebih sulit dibanding membuat hattrick biasa.

Namun, sepanjang sejarah sudah ada cukup banyak pemain yang pernah melakukannya. Khusus di Premier League, jumlahnya pun cukup banyak dan beberapa di antara mereka adalah pemain top yang pasti kamu kenal. Ini dia 7 pemain top yang pernah membuat hattrick sempurna di Premier League.

1. Andy Cole (musim 1994/95)

7 Pemain yang Pernah Mencetak Hattrick Sempurna di Premier LeagueAndy Cole cetak 5 gol saat melawan Ipswich Town (premierleague.com)

Salah satu pemain top yang pernah menciptakan hattrick sempurna di Premier League adalah Andy Cole. Striker Manchester United itu melakukannya di musim 1994/95 melawan Ipswich Town. Pada laga itu, MU menang dengan skor gila, yaitu 9-0 sehingga tercatat sebagai kemenangan terbesar di kandang dalam sejarah Premier League.

Cole bahkan sebenarnya tak hanya mencetak hattrick kala itu, tapi 5 gol sekaligus! Tiga gol di antaranya ia cetak dengan kaki kanan, sementara dua sisanya masing-masing dengan kaki kiri dan sundulan. Cole pun jadi pertama pertama dalam sejarah Premier League yang pernah mencetak 5 gol dalam satu laga.

2. Ole Gunnar Solskjaer (musim 1999/00)

7 Pemain yang Pernah Mencetak Hattrick Sempurna di Premier LeagueOle Gunnar Solskjaer pernah mencetak hattrick sempurna ke gawang Everton. (manutd.com)

Ole Gunnar Solskjaer pun pernah mencetak 4 gol dalam satu laga melawan Everton di musim 1999/00 dan itu mencakup hattrick sempurna. Dalam laga di Old Trafford tersebut, Everton sempat unggul terlebih dahulu. Lalu, MU menyamakan kedudukan melalui penalti Denis Irwin dan Ole menggelontorkan 4 gol ke gawang Everton sehingga MU menang 5-1.

Ole mencetak gol pertamanya dengan kaki kanan, disusul dengan gol kaki kiri dan sundulan, dan akhirnya ditutup satu gol lagi dengan kaki kanannya. Itu adalah kedua kalinya Ole mencetak 4 gol dalam satu laga karena di musim sebelumnya ia juga melakukannya saat melawan Notthingham Forest. Luar biasa!

3. Thierry Henry (2002/03)

7 Pemain yang Pernah Mencetak Hattrick Sempurna di Premier Leaguepotret Thierry Henry merayakan gol (90min.com)

Sebagai salah satu striker terbaik sepanjang masa Premier League, Thierry Henry tentu tak ketinggalan pernah mencetak hattrick sempurna. Ia melakukannya pada laga musim 2002/03 melawan rival sekota Arsenal, West Ham United. Di awal laga, Arsenal mendapat penalti dan Henry mengeksekusinya dengan sempurna menggunakan kaki kanannya.

Setelah itu The Hammers sempat menyamakan skor, tapi Henry mencetak dua gol kemenangan Arsenal di 20 menit terakhir melalui sundulan dan tendangan kaki kiri. Sayangnya Arsenal gagal menjadi juara di akhir musim tersebut karena hanya finis di tangga runner-up di bawah MU.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Terbaik Prancis Sepanjang Masa, Zidane Hingga Henry!

4. Peter Crouch (2006/07)

7 Pemain yang Pernah Mencetak Hattrick Sempurna di Premier LeaguePeter Crouch merayakan hattrick ke gawang Arsenal (premierleague.com)

Striker Liverpool pun pernah ada yang mencetak hattrick sempurna, yaitu Peter Crouch pada musim 2006/07. Lawan yang dihadapi The Reds kala itu pun bukan ecek-ecek, yaitu Arsenal. Peter Crouch sendiri adalah striker yang terkenal banyak mencetak gol melalui sundulan. Namun, di laga tersebut ia membuktikan bahwa kaki kanan dan kirinya juga berbahaya.

Laga itu sendiri berakhir dengan skor 4-1 bagi The Reds. Crouch membuka kran gol di menit ke-4 melalui kaki kanan. Lalu, ia mencetak gol sundulan di menit 35 dan menutup laga melalui gol kaki kirinya di menit 81. Itu adalah hattrick pertama Crouch di level klub dan ia menorehkannya dengan cara yang istimewa.

5. Didier Drogba (2009/10)

7 Pemain yang Pernah Mencetak Hattrick Sempurna di Premier LeagueHattrick Didier Drogba ke gawang Wigan membuat Chelsea menang 8-0. (mirror.co.uk)

Tak mau kalah, pemain asal Afrika juga membuktikan bahwa mereka bisa mencetak hattrick dengan kedua kaki serta kepalanya. Didier Drogba adalah salah satu striker asal Afrika yang sukses melakukannya. Di laga pekan terakhir Premier League 2009/10, Drogba mencetak hattrick yang turut membawa Chelsea membantai Wigan Ahtletic 8-0.

Hattrick Drogba terjadi dalam kurun waktu 17 menit, mulai dari menit 63 hingga 80 dan membuat keunggulan 4-0 Chelsea bertambah jadi 7-0. Gol penutup Ashley Cole melengkapi kemenangan The Blues, sekaligus membuat mereka sah menjadi juara Premier League musim tersebut. Drogba pun keluar sebagai top skor dengan koleksi 29 gol. Sempurna!

6. Sergio Aguero (2015/16 dan 2017/18)

7 Pemain yang Pernah Mencetak Hattrick Sempurna di Premier LeagueSergio Aguero cetak 5 gol ke gawang Newcastle pada musim 2015/16. (dailymail.co.uk)

Sergio Aguero juga pernah mencetak hattrick sempurna di Premier League. Bahkan, ia melakukannya tak hanya sekali, tapi dua kali! Yang pertama saat Manchester City mengalahkan Newcastle United 6-1 pada musim 2015/16. Aguero membuat 5 gol pada saat itu, 3 di antaranya dengan kaki kanan, 1 dengan kaki kiri, dan 1 lagi melalui sundulan.

Lalu, Aguero membuat hattrick sempurna lagi pada musim 2017/18 dan korbannya pun lagi-lagi Newcastle United. Trigol Aguero membuat City menang 3-1 dan pada akhir musim mereka sukses keluar sebagai juara Premier League. Selama total 10 musim berkarier di Premier League, Aguero berhasil membuat 184 gol alias rekor terbaik keempat hingga kini.

7. Christian Pulisic (2019/20)

7 Pemain yang Pernah Mencetak Hattrick Sempurna di Premier LeagueCristian Pulisic mencetak hattrick sempurna ke gawang Burnley (talksport.com)

Pemain muda pun bisa menorehkan prestasi berupa hattrick sempurna di Premier League. Christian Pulisic berhasil melakukannya pada Oktober 2019. Kala itu Pulisic masih berusia 21 tahun, tapi ia sukses menjebol gawang Burnley tiga kali melalui kaki kanan, kaki kiri, dan kepalanya sehingga Chelsea menang 4-2.

Capaian Pulisic menjadi semakin istimewa karena itu adalah musim debutnya di Premier League. Ia juga belum pernah mencetak gol buat The Blues sebelum laga tersebut dan gol perdananya ternyata langsung berupa hattrick. Sejauh ini Pulisic sudah bermain 52 kali di Premier League dan mengoleksi 13 gol.

 

Itulah 7 pemain top yang pernah membuat hattrick sempurna di Premier League, alias hattrick menggunakan kaki kanan, kaki kiri, dan sundulan. Adakah di antara mereka yang merupakan pemain idolamu?

Baca Juga: Sosok Kapten Amerika Serikat Itu Adalah Christian Pulisic

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya