Comscore Tracker

Para Pencetak Hattrick Tertua di 5 Liga Top Eropa, Tua-Tua Keladi!

Ada yang hampir 40 tahun!

Bagi seorang pemain sepak bola, usia 30 tahun ke atas biasanya adalah usia menjelang berakhirnya karier sebagai pemain, apalagi jika sudah melewati usia 35 tahun. Banyak pemain yang sudah gantung sepatu pada usia tersebut. Kalaupun belum pensiun, umumnya tak banyak pemain yang masih bisa menampilkan performa ciamik.

Namun, bagi beberapa pemain, usia tua bukan halangan untuk tetap perform. Mereka tetap bisa tampil tajam dengan mencetak gol, bahkan menorehkan hattrick pada pertandingan liga top Eropa. Inilah lima pemain yang berstatus pencetak hattrick tertua di lima liga top Eropa.

1. Premier Lague: Teddy Sheringham

Para Pencetak Hattrick Tertua di 5 Liga Top Eropa, Tua-Tua Keladi!potret Teddy Sheringham (kiri) saat berseragam Portsmouth (twitter.com/optajoe)

Mulai dari Premier League Inggris, pemain tertua yang pernah mencetak hattrick di liga ini adalah Teddy Sheringham. Sheringham adalah striker asal Inggris yang pernah membela banyak klub sepanjang kariernya. Itu termasuk Portsmouth yang ia bela selama semusim saja pada 2003/2004.

Meski hanya semusim, Sheringham ternyata berhasil mencatat sejarah bersama Portsmouth. Ia mencetak hattrick pada laga melawan Bolton Wanderers yang berakhir dengan skor 4-0. Saat itu ia berusia 37 tahun dan 146 hari hingga tercatat sebagai pemain tertua yang pernah mencetak hattrick di Premier League. Hingga kini, rekor Sheringham itu belum terpatahkan.

2. Serie A: Rodrigo Palacio

Para Pencetak Hattrick Tertua di 5 Liga Top Eropa, Tua-Tua Keladi!potret Rodrigo Palacio berseragam Bologna (bolognafc.it)

Rekor pencetak hattrick tertua di Serie A baru saja terukir pada tahun 2021 lalu. Rodrigo Palacio adalah pemain yang jadi pelakunya. Striker asal Argentina ini mencetak hattrick saat membela Bologna pada musim 2020/2021. Ia membuat tiga gol pada laga melawan Fiorentina, tetapi sayangnya Bologna tetap gagal menang karena laga berakhir imbang 3-3.

Saat itu, Palacio berusia 39 tahun lebih 86 hari sehingga memecahkan rekor pencetak hattrick tertua di Serie A. Musim 2021/2022 ini, Palacio ternyata masih aktif bermain meski sudah hampir 40 tahun. Namun, ia tak lagi bermain di Serie A, melainkan di Serie B bersama Brescia.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Slovakia yang Membela Klub Serie A 2021/2022

3. LaLiga: Jorge Molina

Para Pencetak Hattrick Tertua di 5 Liga Top Eropa, Tua-Tua Keladi!Jorge Molina (instagram.com/molinakis)

Rekor pencetak hattrick tertua di LaLiga malah baru saja terpecahkan pada musim 2021/2022 ini. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Joaquin Sanchez, pemain Real Betis yang mencetak hattrick pada 2019 saat berusia 38 tahun. Namun, rekor itu akhirnya patah oleh striker Granada, Jorge Molina.

Molina mencetak hattrick pada partai LaLiga 2021/2022 saat Granada menghadapi Real Mallorca pada pekan ke-18. Saat itu, Molina berusia 39 tahun 241 hari. Alhasil, Molina tak hanya jadi pencetak hattrick tertua di LaLiga, tetapi juga pencetak hattrick tertua di seluruh liga top Eropa. Luar biasa!

4. Bundesliga: Claudio Pizarro

Para Pencetak Hattrick Tertua di 5 Liga Top Eropa, Tua-Tua Keladi!potret Claudio Pizarro berseragam Werder Bremen (transfermarkt.com)

Pemain yang merupakan pencetak hattrick tertua di Bundesliga Jerman adalah Claudio Pizarro. Pizarro adalah striker asal Peru yang pernah berkarier di Bundesliga selama 20 tahun. Ia pernah membela beberapa klub Jerman, termasuk Bayern Munchen dan Werder Bremen.

Saat membela Werder Bremen pada musim 2015/2016, Pizarro membuat sejarah sebagai pencetak hattrick tertua di Bundesliga. Saat itu ia mencetak hattrick ke gawang Bayer Leverkusen dalam laga yang berakhir 4-1 bagi keunggulan Bremen. Usia Pizarro saat itu 37 tahun dan 150 hari dan rekor tersebut masih bertahan hingga sekarang.

5. Ligue 1: Tony Cascarino

Para Pencetak Hattrick Tertua di 5 Liga Top Eropa, Tua-Tua Keladi!potret Tony Cascarino saat membela Nancy (estrepublicain.fr)

Terakhir ada Tony Cascarino, sang pencetak hattrick tertua di Ligue 1 Prancis. Cascarino adalah striker asal Republik Irlandia yang berkarier pada tahun 1980 hingga 2000. Ia tercatat sebagai pencetak hattrick tertua Ligue 1 pada saat membela Nancy di musim 1999/2000 alias musim terakhirnya sebagai pemain.

Saat itu, Nancy berhadapan dengan Rennes dan tiga gol Cascarino membuat klubnya menang 3-0. Cascarino berusia 37 tahun lebih 31 hari ketika itu. Rekor Cascarino masih terus bertahan hingga saat ini alias sudah lebih dari 20 tahun. Kapan bakal terpecahkan?

 

Itulah lima pencetak hattrick tertua di lima liga top Eropa sampai saat ini. Mereka membuktikan bahwa usia tua bukan halangan untuk meraih prestasi, bahkan menorehkan rekor. Sampai kapan rekor mereka bakal bertahan?

Baca Juga: 5 Pencetak Hattrick di Serie A 2021/2022, Ada Dua Pemain Hellas Verona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya