7 Penjualan Pemain Termahal Tottenham Hotspur Sepanjang Masa

Pasti sudah tahu siapa yang lebih dari 100 juta Euro?

Tottenham Hotspur adalah klub yang beberapa tahun belakangan ini telah menjelma jadi salah satu kekuatan baru di sepakbola Inggris. Meski sudah sangat lama tidak meraih gelar, tapi citra klub ini sudah jauh lebih baik dibanding dulu. Klub berjuluk The Lilywhites ini pun kerap menghasilkan pemain-pemain hebat yang akhirnya punya karier mendunia.

Para bintang tersebut memang gak selalu hasil didikan akademi Tottenham sendiri, tapi bersama Spurs-lah mereka berkembang pesat hingga akhirnya bisa dijual ke klub raksasa dengan mahar fantastis. Inilah 7 pemain di antaranya, yang mengisi daftar pemain termahal yang pernah dijual Tottenham Hotspur ke klub lain.

7. Robbie Keane (24 juta euro)  

7 Penjualan Pemain Termahal Tottenham Hotspur Sepanjang Masafootball.london

Robbie Keane adalah pemain asal Irlandia yang membela Tottenham selama total 8 musim. Sebagai striker, Keane adalah salah satu yang tertajam di Premier League, dan sumbangsihnya untuk Spurs gak perlu ditanyakan lagi. Dengan 122 gol dalam 306 pertandingan di semua ajang, Keane bertengger di urutan ke-11 top skor sepanjang masa Tottenham.

Gak mengherankan jika Spurs meminta mahar besar dari Liverpool yang ingin meminang Keane pada musim 2008-09. Dilansir Transfermarkt, harga penjualan Keane adalah 24 juta euro, alias pembelian termahal ketiga oleh klub Inggris kala itu. Uniknya, Keane justru gak terlalu bersinar bersama Liverpool, dan hanya bertahan semusim sebelum kembali dibeli oleh Spurs.

6. Christian Eriksen (27 juta euro)  

7 Penjualan Pemain Termahal Tottenham Hotspur Sepanjang Masaas.com

Transfer yang satu ini baru saja terjadi pada Januari 2020 lalu. Christian Eriksen sang gelandan kreatif asal Denmark akhirnya meninggalkan Spurs setelah 7 musim membela The Lilywhites. Catatan Eriksen selama bermukim di London adalah 69 gol dan 89 assist dari 305 pertandingan di semua ajang.

Inter Milan adalah klub yang beruntung bisa mendapatkan jasa Eriksen, setelah menggelontorkan dana 27 juta euro. Setengah musim bermain di Inter, Eriksen sukses menampilkan performa yang cukup bagus, dengan catatan 4 gol dan 3 assist dalam 24 laga di semua ajang. Menarik ditunggu kelanjutan kontribusi Eriksen pada musim baru mendatang.

5. Michael Carrick (27,2 juta euro) 

7 Penjualan Pemain Termahal Tottenham Hotspur Sepanjang Masafootball.london

Gelandang bertahan asal Inggris, Michael Carrick ada di urutan kelima penjualan pemain termahal yang pernah dilakukan Spurs. Dibeli dengan harga 27,2 juta euro pada tahun 2006 oleh Manchester United, Carrick sebenarnya baru membela Spurs 2 musim kala itu. Catatan penampilannya pun baru berjumlah 74 dengan sumbangan 2 gol.

Tapi pembelian itu nyatanya berbuah kesuksesan luar biasa, baik bagi Carrick sendiri maupun bagi MU. Dua belas musim diabdikan Carrick bagi Setan Merah, dan ia turut berkontribusi membawa MU memenangi 18 trofi, termasuk 5 Premier League, 1 Piala FA, dan 1 Liga Champions. Luar biasa!

Baca Juga: Selangkah Lagi, Joe Hart Gabung Tottenham Hotspur!

4. Luka Modric (35 juta euro) 

7 Penjualan Pemain Termahal Tottenham Hotspur Sepanjang Masastandard.co.uk

Berikutnya ada Luka Modric, gelandang asal Kroasia yang dibeli Tottenham dari Dinamo Zagreb pada 2008. Empat musim bermain di Spurs, Modric berkembang pesat jadi salah satu gelandang paling berbahaya di Premier League. Sejumlah klub besar pun mengincarnya, tapi Real Madrid-lah yang sukses mendapatkan tanda tangannya pada 2012 dengan tebusan 35 juta euro.

Bersama Madrid, nama besar Modric makin mendunia, dan ia sudah mendapatkan hampir semua gelar yang bisa didambakan seorang pemain. Itu mencakup 2 trofi La Liga, 4 Liga Champions, 4 Piala Dunia Antarklub. Dan tentu jangan lupakan trofi pemain terbaik dunia alias Ballon d'Or pada 2018 setelah mengantarkan negaranya jadi finalis Piala Dunia.

3. Dimitar Berbatov (38 juta euro) 

7 Penjualan Pemain Termahal Tottenham Hotspur Sepanjang Masatalksport.com

Satu lagi pemain Spurs yang dibeli mahal oleh Manchester United. Selama di Spurs, reputasi Berbatov sebagai striker jempolan gak perlu diragukan lagi. Ia mencetak 46 gol hanya dalam 2 musim di Spurs, dan itu langsung membuat MU kepincut untuk menariknya ke Old Trafford. Pada musim panas 2008, Berba pun direkrut dengan dana 38 juta euro.

Harga fantastis tersebut membuat pembelian Berbatov jadi transfer termahal kedua di dunia pada waktu itu. Tapi MU terbukti gak mengeluarkan uang tersebut dengan sia-sia, karena Berba turut menyumbang 56 gol dan 27 assist bagi Setan Merah, serta membantu mereka meraih 9 trofi termasuk 3 Premier League.

2. Kyle Walker (52,7 juta euro) 

7 Penjualan Pemain Termahal Tottenham Hotspur Sepanjang Masastandard.co.uk

Belakangan ini, bukan hanya penyerang atau gelandang hebat saja yang bisa dibeli sebuah klub dengan harga gila-gilaan. Seorang bek pun bisa dihargai luar biasa mahal, misalnya Kyle Walker. Kala dijual Tottenham ke Manchester City pada musim panas 2017, City rela menggelontorkan dana 52,7 juta euro untuk mendatangkannya!

Tapi harga segila itu sebenarnya masih bisa dimaklumi, mengingat Walker memang selalu jadi andalan selama 8 musim membela Spurs. Kini di City pun ia selalu jadi pilihan utama di posisi bek kanan, dan sejauh ini sudah membela City dalam 141 laga di semua ajang. Ia juga turut membantu City mengangkat 8 trofi, termasuk 2 Premier League.

1. Gareth Bale (101 juta euro) 

7 Penjualan Pemain Termahal Tottenham Hotspur Sepanjang Masagoal.com

Dan inilah pemain termahal yang pernah dijual oleh Tottenham Hotspur sepanjang sejarah klub tersebut. Dijual pada tahun 2013 ke Real Madrid, sayap asal Wales itu dihargai tak kurang dari 101 juta euro! Jumlah fantastis itu membuatnya menyandang status pemain termahal dunia kala itu.

Apakah harga "gila" tersebut sepadan? Jika melihat sumbangsih Bale bagi Madrid sejauh ini, jawabannya jelas ya. Total 105 gol dan 68 assist telah ia catatkan bersama Los Blancos, termasuk sumbangan 15 trofi. Namun saat ini Bale tengah santer diberitakan sudah tak betah di Madrid dan ingin hengkang. Kemanakah ia akan berlabuh setelah ini?

Itulah 7 penjualan pemain termahal Tottenham Hotspur sepanjang masa. Ada yang jadi pemain idolamu?

Baca Juga: [BREAKING] Tottenham Hotspur Resmikan Perekrutan Pierre-Emile Hojbjerg

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya