Comscore Tracker

Selain Mohamed Salah, 5 Penyerang Afrika yang Tampil Tajam Musim Ini

Ada yang jadi top skor Liga Champions

Mohamed Salah pantas disebut sebagai penyerang asal Afrika terbaik di dunia saat ini. Salah berhasil menunjukkan ketajamannya dalam beberapa tahun terakhir bersama Liverpool, dan ia adalah salah satu pemain Liverpool yang penampilannya hampir selalu konsisten.

Namun, Salah tentu bukan satu-satunya penyerang asal Afrika yang sedang on fire musim ini. Ada lagi beberapa pemain yang berhasil melakukannya, seperti terlihat dari koleksi gol mereka sejauh ini. Inilah 5 penyerang asal Afrika yang berhasil tampil tajam musim ini.

1. Sadio Mane (9 gol) 

Selain Mohamed Salah, 5 Penyerang Afrika yang Tampil Tajam Musim Inipotret Sadio Mane (premierleague.com)

Pertama adalah rekan setim Salah di Liverpool, Sadio Mane. Penyerang asal Senegal ini selalu jadi andalan The Reds di lini depan dalam beberapa musim terakhir karena ketajamannya. Musim ini pun ketajaman Mane tetap menonjol, dengan koleksi 9 gol dalam 18 partai di semua ajang sejauh ini.

Rinciannya adalah 7 gol dalam 13 partai Premier League serta 2 gol dalam 5 laga Liga Champions. Terbaru, Mane menyumbangkan 1 gol dan 1 assist saat Liverpool membantai Arsenal di pekan ke-12 Premier League. Kerja samanya dengan Salah di lini depan adalah aset berharga bagi Liverpool untuk meraih sukses musim ini.

2. Victor Osimhen (9 gol)

Selain Mohamed Salah, 5 Penyerang Afrika yang Tampil Tajam Musim IniVictor Osimhen (instagram.com/victorosimhen9)

Setara dengan Mane, Victor Osimhen yang bermain di Napoli juga sudah mencetak 9 gol musim ini. Namun jumlah laga yang ia mainkan lebih sedikit, yaitu 14 pertandingan di semua ajang. Osimhen sendiri adalah striker asal Nigeria yang baru bergabung dengan Napoli pada musim lalu.

Osimhen diboyong Napoli dari OSC Lille dengan banderol 70 juta euro, plus add-ons sekitar 10 juta euro. Nilai itu membuat Osimhen menjadi salah satu pemain Afrika termahal sepanjang sejarah. Bisakah Osimhen membuktikan kelayakan harga mahalnya dengan terus mencetak gol demi gol?

Baca Juga: 5 Penyerang Asal Afrika yang Pernah Membela Chelsea, Drogba Tersukses

3. Karl Toko Ekambi (10 gol)

Selain Mohamed Salah, 5 Penyerang Afrika yang Tampil Tajam Musim Inipotret Karl Toko Ekambi (ligue1.com)

Berikutnya ada Karl Toko Ekambi, penyerang asal Kamerun yang saat ini bermain di Olympique Lyon. Ia mulai membela Lyon musim lalu, tapi di musim sebelumnya pun sudah berseragam Lyon sebagai pinjaman dari Villarreal. Musim ini, Toko Ekambi sudah mencetak 10 gol dalam 18 laga di semua ajang.

Rinciannya adalah 4 gol di Ligue 1 serta 6 gol di Europa League. Ketajaman Toko Ekambi di Europa League khususnya vital bagi Lyon karena membantu mereka menyapu bersih 5 partai awal dan kini sudah lolos sebagai juara grup. Sayangnya di Ligue 1, prestasi Lyon belum menonjol dan kini masih tertahan di peringkat ke-7 klasemen sementara.

4. Taiwo Awoniyi (13 gol)

Selain Mohamed Salah, 5 Penyerang Afrika yang Tampil Tajam Musim Inipotret Taiwo Awoniyi (instagram.com/awoniyi18)

Sementara Taiwo Awoniyi adalah penyerang asal Nigeria yang musim ini sedang ganas bersama Union Berlin. Awoniyi sudah mencetak 13 gol dalam 22 laga di semua ajang. Itu termasuk 8 gol di Bundesliga, sehingga Awoniyi berada di urutan ketiga daftar top skor Bundesliga bersama dua pemain lain.

Gol-gol Awoniyi juga turut membantu Union Berlin bertengger di papan atas klasemen, tepatnya di posisi keenam. Menariknya, Awoniyi sempat berseragam Liverpool selama 6 musim dari 2015 hingga 2021. Namun ia tak sekalipun dapat kesempatan tampil, sehingga dijual ke Union Berlin dan kini membuktikan ketajamannya.

5. Sebastien Haller (18 gol)

Selain Mohamed Salah, 5 Penyerang Afrika yang Tampil Tajam Musim Inipotret Sebastien Haller (instagram.com/sebastien.haller)

Inilah striker Afrika yang paling menonjol ketajamannya musim ini selain Mohamed Salah. Sebastien Haller adalah striker asal Pantai Gading berusia 27 tahun yang sudah berkarier sejak 2012. Namun namanya baru nyaring terdengar musim ini karena ketajaman luar biasa yang ia pertunjukkan.

Membela Ajax Amsterdam, Haller sudah mencetak 9 gol dalam 13 partai Eredivisie musim ini. Eredivisie memang tak seketat liga-liga top Eropa lain, tapi Haller membuktikan tak sekadar jago di kancah domestik. Di Liga Champions musim ini pun ia sudah mencetak 9 gol dalam 5 laga, termasuk mencetak 4 gol di laga debutnya.

Maka secara total, Haller sudah mencetak 18 gol sejauh ini, yang ia ciptakan hanya dalam 19 partai di semua ajang. Ia pun jadi pemimpin daftar top skor Eredivisie dan Liga Champions sementara. Menarik ditunggu berapa banyak gol yang bisa ia ciptakan sepanjang musim ini.


Lima pemain di atas membuktikan bahwa Mohamed Salah bukan satu-satunya penyerang Afrika yang bisa tampil tajam di Eropa musim ini. Pada Piala Afrika 2022 nanti, bisa jadi mereka bakal saling adu ketajaman bersama negaranya masing-masing. Pastinya menarik disaksikan!

Baca Juga: 5 Penyerang Muda Top Afrika yang Saat Ini Bermain di Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya