Comscore Tracker

7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi Terbaru

Ligue 1 pernah diisi pemain-pemain terbaik dunia

Lionel Messi akhirnya resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain. Mega bintang asal Argentina itu hijrah dari Barcelona yang ia bela dengan setia selama 21 tahun terakhir jika menghitung masa dari akademi.

Untuk pertama kalinya, peraih 6 Ballon d'Or ini akan bermain di Ligue 1 Prancis yang selama ini dikenal sebagai 'liga para petani', karena yang 'panen' gelar hanya klub itu-itu saja. Meski punya julukan tersebut, Ligue 1 Prancis sebenarnya termasuk ke dalam salah satu dari 5 liga terbaik di Eropa saat ini.

Messi pun bukan satu-satunya peraih Ballon d'Or yang pernah bermain di Ligue 1. Sepanjang sejarah, sudah ada 7 pemain peraih Ballon d'Or yang pernah berkarier di Ligue 1. Siapa saja mereka?

1. Raymond Kopa

7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi TerbaruRaymond Kopa (thesefootballtimes.co)

Pertama ada Raymond Kopaszewski atau biasa dikenal sebagai Raymond Kopa. Kopa adalah gelandang serang asal Prancis yang memenangi Ballon d'Or 1958. Kala itu, ia sedang bermain di Real Madrid, dan ia meraih Ballon d'Or karena sukses membawa Madrid memenangi LaLiga dan Liga Champions musim 1957/58.

Selain itu, Kopa juga sukses membawa Prancis jadi juara ketiga Piala Dunia 1958. Sebagai pemain asal Prancis, Kopa sendiri tentunya pernah bermain di Ligue 1. Ia mengawali karier di Angers, dan pernah membela Stade de Reims selama 13 musim. Bersama Reims pun Kopa cukup sukses dengan 4 kali memenangi divisi utama Liga Prancis.

2. Michel Platini

7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi TerbaruMichel Platini (90min.com)

Sementara Michel Platini adalah gelandang legendaris Prancis yang pernah meraih 3 Ballon d'Or secara beruntun yaitu pada tahun 1983, 1984, dan 1985. Semua itu ia raih saat membela Juventus. Platini membela Juve dari 1982 hingga 1987, dan ia sukses membawa Si Nyonya Tua meraih 7 trofi dalam 5 musim, termasuk 2 Scudetto dan 1 Liga Champions.

Selain itu, Platini juga berhasil membawa timnas Prancis menjuarai Piala Eropa 1984. Maka jelas, bahwa ia memang pantas meraih 3 Ballon d'Or. Sebelum bergabung dengan Juve, Platini lebih dulu berkarier di Ligue 1 selama 10 musim dengan membela Nancy dan Saint-Etienne.

3. Jean-Pierre Papin

7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi TerbaruJean-Pierre Papin (thesefootballtimes.co)

Berikutnya ada Jean-Pierre Papin, striker Prancis yang meraih Ballon d'Or 1991. Kala itu, Papin masih bermain di Liga Prancis bersama Marseille. Ia dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or karena sukses membawa klubnya menjuarai Ligue 1 serta jadi runner-up Liga Champions.

Dengan demikian, Papin menjadi satu-satunya pemain hingga kini yang sukses meraih Ballon d'Or kala sedang bermain di Ligue 1. Selain Marseille, Papin juga pernah membela AC Milan dan Bayern Munchen. Selain bersama klub, Papin juga sukses bersama timnas Prancis karena pernah meraih juara ketiga Piala Dunia 1986.

Baca Juga: Bergelimang Prestasi, 5 Gelandang Ini Gak Pernah Meraih Ballon d'Or

4. George Weah

7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi TerbaruGeorge Weah (goal.com)

Pada tahun 1995, George Weah membuat sejarah dengan menjadi pemain Afrika pertama yang meraih Ballon d'Or. Weah adalah striker legendaris asal Liberia yang pernah membela AC Milan pada 1995 hingga 2000. Tapi ia pernah juga bermain di Ligue 1 bersama AS Monaco, Paris Saint-Germain, dan Marseille.

Kala memenangi Ballon d'Or 1995, Weah menjalani setengah tahun pertama bersama PSG, sebelum ia direkrut AC Milan di bursa transfer musim panas. Maka, raihan trofi Ballon d'Or 1995 juga disebabkan keberhasilannya bersama PSG di tahun tersebut. Selama membela PSG, Weah meraih 4 trofi dalam 3 musim.

5. Zinedine Zidane

7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi TerbaruZinedine (sportsnet.ca)

Pemain asal Prancis terakhir yang memenangi Ballon d'Or hingga kini adalah Zinedine Zidane. Pria yang kini menjadi pelatih ini meraih Ballon d'Or pada tahun 1998, berkat keberhasilannya membawa Prancis jadi juara Piala Dunia. Selain itu, Zidane juga sukses meraih Scudetto dan jadi runner-up Liga Champions bersama Juventus di tahun tersebut.

Sebelum sukses bersama Juve dan kemudian Real Madrid, Zidane tentu mengawali karier di negaranya sendiri. Ia bermain di Ligue 1 selama 7 musim, awalnya membela Cannes selama 3 musim lalu Bordeaux selama 4 musim. Selama berkarier di Prancis, Zidane pernah membawa Bordeaux meraih Piala Intertoto 1995 dan jadi runner-up Piala UEFA di tahun berikutnya.

6. Ronaldinho

7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi TerbaruRonaldinho (fcbarcelonanoticias.com)

Sementara Ronaldinho meraih Ballon d'Or pada tahun 2005, setelah berhasil membawa Barcelona juara LaLiga 2004/05, serta membawa timnas Brasil juara Piala Konfederasi 2005. Pemain yang terkenal murah senyum ini memang paling sukses selama membela Barcelona. Ia meraih total 5 trofi bersama Barca dari 2003 hingga 2008.

Sebelum ke Barca, Ronaldinho lebih dulu bermain di Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain selama 2 musim. Ronaldinho memang tak meraih trofi bersama PSG, karena saat itu PSG belum menjadi klub kaya seperti sekarang. Tapi, sinar Ronaldinho pun sudah terlihat kala itu, dengan mencetak 25 gol dan 17 assists dalam 77 laga bersama PSG.

7. Lionel Messi

7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi TerbaruLionel Messi (marca.com)

Inilah peraih Ballon d'Or terbaru yang akan segera merasakan bermain di Ligue 1. Lionel Messi resmi bergabung dengan PSG setelah kontraknya habis dengan Barcelona. Bersama PSG sendiri, Messi menandatangani kontrak 2 tahun alias hingga 2023.

Kualitas Messi jelas tak perlu dipertanyakan lagi. Selain 6 Ballon d'Or, Messi juga sukses meraih tak kurang dari 31 trofi bersama Barca, termasuk 10 LaLiga dan 4 Liga Champions. Tak terhitung banyaknya rekor pribadi pun sudah ia ciptakan. Tapi apakah itu berarti Messi pasti sukses di Ligue 1? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

 

Meski sering dianggap liga yang kurang bergengsi, Ligue 1 Prancis nyatanya pernah diisi oleh para pemain terbaik dunia. Ketujuh pemain peraih Ballon d'Or di atas adalah contohnya. Menurutmu, akankah kedatangan Messi membuat pamor Ligue 1 semakin meningkat di musim-musim mendatang?

Baca Juga: Hebat! 5 Klub yang Memiliki Ballon d'Or Terbanyak dari Pemainnya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya