Peran Vital Pemain Senior Uruguay di Piala Dunia 2022, Regenerasi!

Bantu junior untuk berkembang

Timnas Uruguay membawa banyak pemain senior ke Piala Dunia 2022 Qatar. Ada nama-nama seperti Luis Suarez, Edinson Cavani, hingga Diego Godin. Mereka sudah berusia 35 tahun atau lebih, tetapi tetap punya kualitas yang terjamin.

Alasan pelatih Diego Alonso membawa mereka ke Qatar tentu bukan hanya faktor teknis. Mereka juga sarat pengalaman yang penting untuk membimbing para juniornya. Kerja sama mereka dengan para pemain muda akan melancarkan proses regenerasi di La Celeste.

Beginilah peran vital pemain senior Uruguay di Piala Dunia 2022.

1. Perpaduan pemain senior dan junior di tiap lini

Peran Vital Pemain Senior Uruguay di Piala Dunia 2022, Regenerasi!Timnas Uruguay (instagram.com/aufoficial)

Kecuali pos penjaga gawang, para pemain senior dan junior berpadu di tiap lini Timnas Uruguay di Piala Dunia 2022. Di lini belakang, Diego Godin bakal berkolaborasi dengan Ronald Araujo, bek muda Barcelona yang sedang naik daun.

Sementara, lini tengah diisi Federico Valverde yang gacor bersama Real Madrid. Ada pula Rodrigo Bentancur yang bersinar sejak pindah ke Totttenham Hotspur. Mereka bakal ditemani Matias Vecino, gelandang 31 tahun yang membela Lazio.

Lini depan paling menarik karena diisi Luis Suarez, Edinson Cavani, dan Darwin Nunez, striker anyar Liverpool. Ada pula winger Manchester United, Facundo Pellistri, yang baru berusia 20 tahun.

2. Para senior punya kualitas yang dibutuhkan

Peran Vital Pemain Senior Uruguay di Piala Dunia 2022, Regenerasi!pemain senior Uruguay di Piala Dunia 2022 (instagram.com/aufoficial)

Nama-nama senior seperti Suarez, Cavani, dan Godin memang sudah melewati masa keemasan mereka. Suarez dan Godin bahkan sudah tak lagi bermain di liga Eropa. Namun, mereka terbukti tangguh sebagai amunisi yang dibutuhkan Uruguay di Piala Dunia 2022.

Contohnya Luis Suarez. Setelah kembali ke Uruguay dan membela Nacional pada musim panas 2022, ia membuat 8 gol dalam 16 laga. Bersama Timnas Uruguay, Suarez juga mencetak delapan gol di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Diego Godin yang sudah berusia 36 tahun terbukti masih bertenaga. Kapten Uruguay itu hanya absen 1 kali dari 18 pertandingan di babak kualifikasi. Ada pula Edinson Cavani yang sudah membuat 4 gol dalam 7 laga bersama klub barunya, Valencia.

Baca Juga: 5 Pemain Senior yang Tampil untuk Timnas Uruguay di Piala Dunia 2022

3. Para junior punya potensi besar jadi bintang baru Uruguay

Peran Vital Pemain Senior Uruguay di Piala Dunia 2022, Regenerasi!Ronald Araujo, Federico Valverde, dan Darwin Nunez (instagram.com/aufoficial)

Para pemain muda Uruguay juga sudah menunjukkan potensi besar mereka, terutama di level klub. Darwin Nunez, misalnya, mulai perlahan-lahan nyetel bersama Liverpool. Dalam 10 penampilan terakhir di semua ajang, Nunez membuat 7 gol bagi The Reds.

Federico Valverde juga sedang tajam pada 2022/2023. Ia sudah membuat 8 gol dalam 20 penampilan, rekor terbanyak sepanjang kariernya.

Ronald Araujo pun kokoh di lini belakang Barcelona sejak musim lalu. Tak heran jika ia tetap dibawa ke Qatar meski sempat diragukan karena cedera.

4. Para senior berperan besar membantu perkembangan junior

Peran Vital Pemain Senior Uruguay di Piala Dunia 2022, Regenerasi!Para pemain Timnas Uruguay merayakan gol. (instagram.com/aufoficial)

Proses regenerasi akan berjalan mulus jika sang pemberi ilmu memiliki kualitas dan sang penerima ilmu punya potensi. Keduanya dimiliki oleh Timnas Uruguay saat ini.

Kombinasi pemain tua dan muda sudah sering diturunkan Uruguay, baik pada babak kualifikasi maupun uji coba. Di lini depan, Uruguay pernah mencoba duet Suarez-Nunez, Suarez-Cavani, maupun Cavani-Nunez. Araujo dan Godin pun sering dipasang berbarengan di lini belakang.

Pengalaman dan mental juara yang dimiliki pemain senior Uruguay turut membantu juniornya tampil apik. Nama-nama seperti Suarez, Cavani, dan Godin kemungkinan besar tak akan tampil lagi di Piala Dunia berikutnya. Maka, ini kesempatan terakhir mereka untuk berkolaborasi.

Kerja sama Suarez dan Nunez di lini depan bakal menarik disimak. Sebagai top skor sepanjang masa Timnas Uruguay, Suarez punya banyak ilmu untuk diberikan kepada juniornya itu. Bahkan, mungkin ia juga akan mendidik Nunez menjadi striker top di Liverpool seperti dirinya dahulu.

5. Pemain senior jadi kunci kelolosan Uruguay dari fase grup

Peran Vital Pemain Senior Uruguay di Piala Dunia 2022, Regenerasi!Uruguay dan Portugal diunggulkan lolos dari Grup H Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Timnas Uruguay tergabung di Grup H Piala Dunia 2022 bersama Portugal, Korea Selatan, dan Ghana. Di atas kertas, Uruguay pantas diunggulkan untuk lolos ke babak selanjutnya bersama Portugal. Namun, Korea Selatan dan Ghana juga punya potensi membuat kejutan.

Semuanya bakal bergantung pada seberapa padu kombinasi pemain senior dan junior Timnas Uruguay di turnamen sebenarnya. Kombinasi tersebut telah meloloskan mereka dari babak kualifikasi, tetapi tidak secara meyakinkan. Uruguay baru lolos jelang laga terakhir kualifikasi.

Para pemain senior lagi-lagi jadi kunci di sini. Mereka punya mental dan pengalaman tampil di Piala Dunia sehingga akan jadi contoh bagi para juniornya. Jika para bintang tua Uruguay bisa bersinar, performa para pemain muda bakal ikut terangkat.

Kerja sama apik pemain senior dan junior akan membawa Uruguay kepada kesuksesan di Piala Dunia 2022 Qatar. Itu juga akan jadi awal generasi baru Timnas Uruguay. Sampai sejauh mana mereka bisa melangkah di Qatar?

Baca Juga: Skuad Uruguay Piala Dunia 2022, Mix and Match Senior-Junior

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya