Perbandingan Mbappe dan Para Top Skor Piala Dunia di Usia 23 Tahun

Mbappe bisa jadi top skor sepanjang masa Piala Dunia

Kylian Mbappe tak henti-hentinya menorehkan prestasi di usia muda. Terbaru, ia mencetak dua gol kala Prancis mengalahkan Denmark di laga kedua Grup D Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (26/11/2022). Total gol striker 23 tahun itu pun bertambah jadi 31 gol bersama Timnas Prancis.

Mbappe kini sudah mengoleksi tujuh gol di Piala Dunia. Terbukalah peluang ia untuk menjadi top skor sepanjang masa Piala Dunia suatu saat nanti.

Jika dibanding dengan catatan gol para top skor Piala Dunia saat berusia 23 tahun, Mbappe sudah curi start. Beginilah perbandingan Mbappe dan para top skor Piala Dunia di usia 23 tahun.

1. Miroslav Klose

Perbandingan Mbappe dan Para Top Skor Piala Dunia di Usia 23 TahunMiroslav Klose merayakan gol di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Miroslav Klose adalah pemain tertajam di Piala Dunia sepanjang masa. Bomber Jerman ini mengoleksi 16 gol yang ia ciptakan dalam 24 laga di 4 edisi Piala Dunia. Namun, gol pertamanya di Piala Dunia baru ia buat saat berusia 24 tahun.

Pemain kelahiran 1978 ini pertama kali tampil di Piala Dunia 2002 Korea/Jepang. Ia mencetak lima gol di edisi perdananya itu dan sukses membawa Timnas Jerman ke final. Awetnya karier Klose akhirnya membuat ia menorehkan gol ke-16 di Piala Dunia 2014 Brasil saat berusia 36 tahun.

2. Ronaldo

Perbandingan Mbappe dan Para Top Skor Piala Dunia di Usia 23 TahunRonaldo (fifa.com)

Sebelum rekornya dipecahkan Klose, Ronaldo Luiz Nazario adalah pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Striker legendaris Brasil ini menciptakan 15 gol dalam 19 penampilan di 3 edisi. Edisi perdananya adalah Piala Dunia 1998 Prancis, yang berbuah empat gol atas namanya.

Saat itu, Ronaldo yang baru berusia 21 tahun memang tampil cemerlang. Selain 4 gol, ia juga membuat 3 assist yang turut mengantar Brasil ke final, meski akhirnya gagal juara. Gol-gol berikutnya bagi Ronaldo di Piala Dunia terjadi pada edisi 2002, saat ia sudah berusia 25 tahun.

Baca Juga: 2 Gol Mbappe Bantu Prancis Bekuk Denmark

3. Gerd Mueller

Perbandingan Mbappe dan Para Top Skor Piala Dunia di Usia 23 TahunGerd Mueller memegang trofi Piala Dunia 1974. (fifa.com)

Peringkat ketiga pencetak gol terbanyak di Piala Dunia ditempati Gerd Mueller dengan 14 gol. Seperti Klose, Mueller juga berasal dari Jerman. Seperti Klose pula, ia pertama kali tampil di Piala Dunia ketika usianya 24 tahun, tepatnya di Piala Dunia 1970 Meksiko.

Mueller menggila di Piala Dunia tersebut dengan mencetak 10 gol dan 3 assist dalam 6 laga. Sayangnya, Jerman hanya berakhir jadi peringkat ketiga. Der Panzer takluk 3-4 dari Italia di semifinal meski Mueller mencetak dua gol.

Hal lain yang patut disayangkan adalah Mueller hanya pernah tampil di dua edisi Piala Dunia. Setelah membawa Jerman juara Piala Dunia 1974, ia pensiun dari timnas pada usia 28 tahun. Andai Mueller bermain di satu edisi lagi, bukan mustahil rekor gol terbanyak di Piala Dunia jadi miliknya.

4. Pele

Perbandingan Mbappe dan Para Top Skor Piala Dunia di Usia 23 TahunPele tampil di Piala Dunia 1958. (fifa.com)

Pemain yang bisa menandingi koleksi gol Mbappe di Piala Dunia saat masih muda hanyalah Pele. Legenda Brasil yang sering disebut-sebut pemain terbaik sepanjang masa ini memang sudah bersinar sejak usia belasan.

Edisi Piala Dunia pertama bagi Pele adalah Piala Dunia 1958 Swedia. Ia belum genap 18 tahun ketika itu, tetapi sukses mencetak enam gol di sepanjang turnamen. Itu termasuk dua gol di partai final, sehingga Pele jadi pemain remaja pertama yang mencetak gol di final Piala Dunia.

Pele tampil lagi di Piala Dunia 1962 saat usianya 21 tahun. Ia mencetak 1 gol dalam 2 laga awal, tetapi setelah itu cedera dan absen sampai akhir turnamen. Maka, pada usia 21 tahun, Pele sudah mengoleksi total tujuh gol di Piala Dunia, sejajar dengan koleksi Mbappe sejauh ini.

5. Kylian Mbappe berpeluang salip para pemain di atas

Perbandingan Mbappe dan Para Top Skor Piala Dunia di Usia 23 TahunKylian Mbappe berpeluang menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia. (instagram.com/k.mbappe)

Selain empat nama di atas, sebenarnya ada satu pemain lagi, yaitu Just Fontaine. Fontaine masih jadi top skor sepanjang masa Prancis di Piala Dunia dengan 13 gol. Namun, kasus Fontaine adalah anomali yang unik. Ia mencetak seluruh golnya di Piala Dunia 1958, lalu tak pernah tampil lagi.

Dengan tujuh gol sejauh ini, Kylian Mbappe berpeluang menyalip seluruh nama di atas dan menjadi top skor Piala Dunia sepanjang masa. Kemungkinan itu bukan sekadar isapan jempol. Jelas terbukti bahwa start Mbappe di Piala Dunia sudah lebih baik daripada sebagian besar pemain di atas.

Piala Dunia 2022 pun masih berlangsung. Sangat mungkin Mbappe akan menambah jumlah golnya di sisa turnamen. Masih berusia 23 tahun, ia juga bisa bermain di 2—3 Piala Dunia lagi. Maka, jangan heran jika suatu saat nanti Mbappe punya koleksi gol terbanyak di Piala Dunia.

Saat berusia 23 tahun, koleksi gol Kylian Mbappe di Piala Dunia sudah mengalahkan para legenda. Bisakah ia mempertahankan ketajaman dan tetap fit demi menyalip koleksi gol mereka?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Akan Berlaga di Piala Dunia 2022, Ada Mbappe

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya