5 Pesepak Bola Berprestasi Bernama Milan, Bek Andalan Inter Termasuk

Semuanya memiliki darah Eropa Timur

Milan adalah nama sebuah kota yang populer di Italia. Dalam dunia sepak bola, Kota Milan dikenal sebagai markas dua klub besar Serie A, AC Milan dan Inter Milan. Namun, tahukah kamu bahwa Milan juga merupakan nama depan dari banyak pesepak bola terbaik dunia?

Nama Milan khususnya banyak disandang oleh para pemain yang berasal dari Eropa Timur. Berikut ini adalah kelima pesepak bola bernama depan Milan yang pernah menorehkan sejumlah prestasi dalam karier sepak bola masing-masing.

1. Milan Baros 

5 Pesepak Bola Berprestasi Bernama Milan, Bek Andalan Inter TermasukMilan Baros berseragam Timnas Republik Ceko (uefa.com)

Milan Baros adalah salah satu pemain dengan nama depan Milan terpopuler. Baros adalah striker asal Republik Ceko yang tenar kala membela Liverpool medio 2002–2005. Ia bermain dalam 108 pertandingan dan mencetak 27 gol bagi Liverpool. Baros juga turut memenangi Liga Champions 2004/2005.

Selain itu, Baros juga pernah meraih trofi bersama klub-klub lain. Ia menjuarai Ligue 1 Prancis bersama Olympique Lyon, juara Super Lig Turki bersama Fenerbahce, serta memenangi Piala FA bersama Portsmouth. Tak hanya di level klub, Baros juga pernah berprestasi bersama Timnas Republik Ceko.

Di Piala Eropa 2004, ia membawa negaranya mencapai fase semifinal sekaligus merebut gelar top skor dengan koleksi lima gol. Saat ini Baros sudah berusia 40 tahun. Namun, ia masih aktif bermain di negaranya.

2. Milan Jovanovic

5 Pesepak Bola Berprestasi Bernama Milan, Bek Andalan Inter TermasukMilan Jovanovic berseragam Liverpool (skysports.com)

Pemain bernama Milan yang satu ini juga pernah membela Liverpool. Milan Jovanovic adalah mantan striker asal Serbia yang juga bisa menjadi winger. Jovanovic pernah berseragam Liverpool pada musim 2010/2011. Namun, ia hanya menorehkan 2 gol dalam 18 penampilan.

Meski gagal di Liverpool, Jovanovic meraih sempat sejumlah trofi dalam kariernya. Ia menjuarai Liga Belgia bersama Standard Liege dan Anderlecht, masing-masing dua kali. Jovanovic juga sukses meraih trofi kala bermain di Ukraina dan Rusia. Setelah berkarier selama 14 tahun, Jovanovic pensiun pada 2013.

Baca Juga: 3 Nama Klub Unik di Indonesia, Ada yang Mirip Inter Milan

3. Milan Badelj

5 Pesepak Bola Berprestasi Bernama Milan, Bek Andalan Inter TermasukMilan Badelj berseragam Timnas Kroasia (transfermarkt.com)

Berikutnya ada Milan Badelj, gelandang bertahan asal Kroasia yang kini masih aktif bermain bersama Genoa. Sebelumnya, Badelj juga pernah berseragam Fiorentina selama lima tahun serta Lazio selama setahun. Sejauh ini, Badelj sudah menorehkan total 217 penampilan di Serie A Italia.

Karier Badelj juga sudah dihiasi sejumlah trofi. Ketika membela Dinamo Zagreb pada 2007–2012, Badelj sukses mengangkat 8 trofi, termasuk 4 trofi Liga Kroasia. Bersama Lazio, ia turut mengangkat trofi Coppa Italia 2018/2019. Plus, Badelj juga termasuk skuad Timnas Kroasia yang menjadi runner-up Piala Dunia 2018.

4. Milan Skriniar

5 Pesepak Bola Berprestasi Bernama Milan, Bek Andalan Inter TermasukMilan Skriniar (instagram.com/milanskriniar)

Milan Skriniar adalah pemain bernama depan Milan dengan banderol termahal saat ini. Skriniar adalah bek andalan Inter Milan asal Slovakia. Skriniar telah menjadi palang pintu utama Nerazzurri sejak 2017. Sejauh ini, Skriniar sudah tampil 215 kali bagi Inter di semua ajang dan menyumbang 11 gol.

Dalam dua musim terakhir, Skriniar sukses membawa Inter meraih Scudetto, Coppa Italia, serta Piala Super Italia. Skriniar juga jadi andalan di Timnas Slovakia. Bahkan, ia baru saja ditunjuk sebagai kapten sejak Juni 2022. Karena kualitasnya, Skriniar kini dikabarkan sedang diincar oleh Paris Saint-Germain dan Chelsea.

5. Milan Borjan

5 Pesepak Bola Berprestasi Bernama Milan, Bek Andalan Inter TermasukMilan Borjan berseragam Timnas Kanada (fifa.com)

Satu lagi pesepak bola bernama depan Milan yang berprestasi adalah Milan Borjan. Borjan merupakan penjaga gawang kelahiran Yugoslavia yang kini membela Timnas Kanada. Di level klub, ia menjabat sebagai kapten Red Star Belgrade di Serbia yang sejauh ini sudah memenangi 5 trofi Liga Serbia bersama klubnya tersebut.

Sementara itu, di Timnas Kanada pun Borjan menjadi andalan. Ia adalah salah satu aktor utama lolosnya Kanada ke Piala Dunia 2022. Pada babak kualifikasi, Borjan tampil 10 kali dengan mencatatkan 6 clean sheet. Kemungkinan besar Borjan bakal jadi kiper utama Timnas Kanada di Piala Dunia 2022.

Kelima pemain sepak bola bernama depan Milan di atas sama-sama berasal dari negara dari kawasan Eropa Timur. Menurutmu, siapa di antara mereka yang prestasinya paling memukau?

Baca Juga: 10 Nama Asli Penyanyi Dunia, Beda Jauh dari Nama Panggung

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya