5 Pesepak Bola Top Prancis yang Miliki Garis Keturunan Aljazair

Dari Zidane hingga Mbappe

Prancis dan Aljazair adalah dua negara dengan sejarah relasi yang panjang. Hubungan mereka khususnya terjalin karena Aljazair pernah dijajah oleh Prancis selama lebih dari 130 tahun. Tak heran ada jutaan warga Prancis yang memiliki garis keturunan Aljazair.

Di dunia sepak bola pun kita bisa menemukan sejumlah pemain Prancis keturunan Aljazair. Beberapa dari mereka sukses menjelma jadi pemain top dengan karier gemilang. Inilah lima pemain di antaranya, dari yang sudah pensiun hingga yang masih aktif bermain.

1. Zinedine Zidane

5 Pesepak Bola Top Prancis yang Miliki Garis Keturunan AljazairZinedine Zidane (fifa.com)

Salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Prancis ternyata memiliki garis keturunan Aljazair. Ia adalah Zinedine Zidane, legenda sepak bola Prancis yang kini menjadi pelatih. Semasa bermain, Zidane pernah meraih sukses luar biasa di level klub dan timnas.

Kebanyakan fans paling akrab dengan karier Zidane di Real Madrid. Namun, sebelum itu, gelandang skillful ini juga sukses bersama Juventus. Ia juga pernah membawa Timnas Prancis juara Piala Dunia dan Piala Eropa serta meraih Ballon d'Or.

Darah Aljazair sendiri dimiliki Zidane melalui kedua orangtuanya. Mereka adalah warga Aljazair yang belakangan bermigrasi ke Prancis, tempat Zidane lahir. Meski punya pilihan membela Timnas Aljazair, Zidane sudah memilih Timnas Prancis sejak masa junior.

2. Samir Nasri

5 Pesepak Bola Top Prancis yang Miliki Garis Keturunan AljazairSamir Nasri (mancity.com)

Samir Nasri memiliki garis keturunan Aljazair dari kakek neneknya. Seperti Zidane, Nasri juga berposisi gelandang serang semasa aktif bermain. Ia juga terkenal memiliki skill individu yang apik, khususnya dalam menggiring bola.

Nasri memulai kariernya di Prancis bersama Olympique Marseille. Namun, ia paling dikenal saat membela Arsenal dan Manchester City di Inggris. Nasri mencatat lebih dari 200 penampilan di English Premier League. Dua trofi Premier League juga ia menangi bersama Manchester City.

Baca Juga: 5 Bintang Aktif yang Pernah Membela Olympique Lyon, Ada Benzema

3. Karim Benzema

5 Pesepak Bola Top Prancis yang Miliki Garis Keturunan AljazairKarim Benzema menangi Liga Champions lima kali bersama Real Madrid. (twitter.com/championsleague)

Beberapa pemain Prancis yang masih aktif juga memiliki darah Aljazair. Salah satunya adalah Karim Benzema, striker andalan Real Madrid. Kedua orangtua Benzema adalah imigran asal Aljazair yang menetap di kota Lyon, Prancis.

Meski demikian, Benzema memilih membela Timnas Prancis. Ia cukup tajam dengan catatan 37 gol dalam 97 caps. Sayangnya, Benzema hanya memenangi trofi UEFA Nations League bersama Les Blues. Bahkan, ia kerap bermasalah dengan pelatih timnas, khususnya Didier Deschamps.

Karier Benzema terbilang lebih gemilang di level klub. Ia meraih puluhan trofi saat membela Olympique Lyon dan Real Madrid. Sejumlah penghargaan individual pun sukses diraih Benzema, termasuk Ballon d'Or 2022.

4. Kylian Mbappe

5 Pesepak Bola Top Prancis yang Miliki Garis Keturunan AljazairKylian Mbappe (instagram.com/k.mbappe)

Ada pula Kylian Mbappe, salah satu striker terbaik dunia saat ini. Baru berusia 24 tahun, Mbappe sudah meraih segudang prestasi bersama klub dan timnas. Salah satu raihan terbaiknya sejauh ini adalah membawa Prancis memenangi Piala Dunia 2018.

Lahir di Prancis, Mbappe ternyata memiliki garis keturunan dua negara Afrika. Ayahnya berasal dari Kamerun, sedangkan ibunya keturunan Aljazair. Mbappe pun kerap dengan bangga menyatakan bahwa Aljazair dan Kamerun adalah bagian dari dirinya.

Bahkan, Mbappe mengaku bahwa ia juga mendukung Timnas Aljazair dan Kamerun. Sejauh ini, keputusan Mbappe untuk membela Timnas Prancis sendiri terbilang tepat. Selain telah menjuarai Piala Dunia, Mbappe juga berpeluang menjadi top skor sepanjang masa Timnas Prancis.

5. Nabil Fekir

5 Pesepak Bola Top Prancis yang Miliki Garis Keturunan AljazairNabil Fekir (instagram.com/nabilfekir)

Satu lagi pemain aktif Prancis yang memiliki darah Aljazair adalah Nabil Fekir. Sang gelandang Real Betis punya garis keturunan Aljazair yang panjang dari nenek moyangnya. Ia bahkan pernah hampir membela Timnas Aljazair, tetapi akhirnya memutuskan memilih Timnas Prancis.

Fekir sebenarnya kurang diandalkan oleh Timnas Prancis. Sejak debut pada 2015, ia baru mencatat 25 caps sejauh ini. Namun, ia menjadi bagian skuad Les Blues yang menjuarai Piala Dunia 2018. Saat itu, Fekir sempat tampil enam kali sebagai pengganti, termasuk di partai final.

 

Beberapa pemain bintang Prancis ternyata memiliki garis keturunan Aljazair. Bisa dibilang Aljazair punya peran membesarkan nama Prancis di dunia sepak bola. Akankah ada lagi pemain keturunan Aljazair yang bersinar bersama Prancis?

Baca Juga: Dari Fekir Hingga Lewandowski, 5 Transfer yang Gagal Secara Misterius

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya