Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Memakai Nomor Punggung 99, Ada Ronaldo

Mulai dari striker hingga kiper

Dalam dunia sepak bola, nomor punggung berupa angka kecil biasanya dimiliki para pemain utama dalam tim. Sementara, nomor punggung berupa angka besar dipakai para pelapis atau pemain muda. Makin minim peran seorang pemain dalam tim, biasanya makin besar pula nomor punggung yang ia pakai.

Meski begitu, terkadang seorang pemain berstatus bintang juga menggunakan nomor punggung dengan angka besar. Bahkan, ada yang memilih nomor 99, yang merupakan angka terbesar untuk nomor punggung.

Inilah lima pesepak bola top yang pernah memakai nomor punggung 99.

1. Ronaldo Luiz

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Memakai Nomor Punggung 99, Ada RonaldoRonaldo Luiz (acmilan.com)

Ronaldo Luiz adalah salah satu striker asal Brasil terbaik sepanjang sejarah. Sebagai striker utama, Ronaldo biasanya memakai nomor punggung 9. Pemain berjuluk Sang Fenomena ini menggunakan nomor 9 saat membela PSV Eindhoven, Barcelona, Inter Milan, dan Real Madrid.

Setelah membela Real Madrid, Ronaldo hijrah ke AC Milan pada paruh musim 2006/2007. Saat itu, nomor punggung 9 di sana sudah dipakai Filippo Inzaghi. Ronaldo pun memilih nomor yang mirip dengan nomor 9, yaitu nomor 99.

Ronaldo tetap menggunakan nomor 99 pada musim berikutnya di Milan. Inzaghi juga tetap berstatus striker utama Rossoneri, sedangkan Ronaldo justru lebih sering berkutat dengan masalah kebugaran. Selama 1,5 musim di Milan, Ronaldo akhirnya hanya 20 kali tampil dan mencetak 9 gol.

2. Antonio Cassano

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Memakai Nomor Punggung 99, Ada RonaldoAntonio Cassano (sampdoria.it)

Nomor punggung 9 di AC Milan ternyata tak hanya pernah dipakai Ronaldo. Nomor itu juga sempat dipakai Antonio Cassano.

Cassano adalah striker top Italia yang populer saat membela AS Roma dan Real Madrid. Bersama kedua klub tersebut, Cassano menggunakan nomor punggung 18.

Sejak bergabung dengan Sampdoria pada 2007, Cassano terus memakai nomor 99 hingga akhir kariernya pada 2017. Ia menggunakan nomor tersebut di Sampdoria, AC Milan, Inter Milan, dan Parma. Cassano sendiri sempat meraih scudetto saat memakai nomor 99, tepatnya bersama AC Milan pada 2010/2011.

Baca Juga: Benarkah Higuain Pernah Lewati Catatan Gol Ronaldo di Madrid?

3. Gianluigi Donnarumma

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Memakai Nomor Punggung 99, Ada RonaldoGianluigi Donnarumma memakai nomor 99 di PSG. (instagram.com/gigiodonna99)

Satu lagi pemain top yang pernah memakai nomor punggung 99 di AC Milan. Ia adalah Gianluigi Donnarumma.

Kiper muda Italia ini sudah menggunakan nomor tersebut sejak debut bersama tim senior AC Milan pada 2015. Ternyata, Donnarumma langsung merebut status kiper utama Milan pada musim pertamanya.

Hingga selesai membela AC Milan pada 2021, Donnarumma terus memakai nomor punggung 99. Ia kemudian bergabung dengan Paris Saint-Germain dan sempat diberi nomor punggung 1 pada 2021/2022. Namun, mulai 2022/2023 ini, Donnarumma kembali menggunakan nomor 99 yang merupakan representasi tahun kelahirannya.

4. Vitor Baia

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Memakai Nomor Punggung 99, Ada RonaldoVitor Baia (twitter.com/FCPorto)

Donnarumma bukan satu-satunya kiper top yang pernah menggunakan nomor punggung 99. Ada pula Vitor Baia, kiper legendaris Portugal yang aktif bermain pada 1988–2007.

Ia menghabiskan 17 tahun kariernya membela FC Porto. Namun, ia sempat disela masa 2 tahun berseragam Barcelona.

Pada awal kariernya di Porto, Baia menggunakan nomor punggung 1. Begitu pula saat ia membela Barcelona. Namun, setelah kembali ke Porto pada 1998, ia memilih nomor 99 dan terus mengenakannya hingga pensiun.

Bersama Porto dan Barcelona, Baia meraih total tiga puluh trofi. Sebanyak enam belas di antaranya ia raih dengan nomor punggung 1, sedangkan sisanya saat bernomor punggung 99. Trofi Liga Champions 2003/2004 yang ia raih bersama Porto pun didapat saat ia menggunakan nomor punggung 99.

5. Djibril Cisse

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Memakai Nomor Punggung 99, Ada RonaldoDjibril Cisse (sslazio.it)

Djibril Cisse adalah mantan striker top Prancis yang terkenal pernah membela Liverpool pada 2004–2007. Selama berkostum Liverpool, Cisse selalu menggunakan nomor punggung 9. Demikian pula saat ia bertualang ke Olympique Marseille, Sunderland, dan Panathinaikos.

Cisse sempat ganti menggunakan nomor 99 saat membela Lazio pada 2011/2012. Pasalnya, saat itu nomor 9 digunakan kapten Lazio, Tommaso Rocchi. Selain di Lazio, Cisse juga memakai nomor 99 saat membela klub Qatar, Al-Gharafa, pada 2012/2013.

Nomor 99 adalah nomor unik yang jarang dipilih pemain sepak bola bernama besar. Namun, lima pemain di atas pernah menggunakan nomor tersebut. Beberapa berhasil meraih trofi. Adakah pemain top lain yang bakal menggunakan nomor punggung 99?

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Dijadikan Cadangan, Ini Penjelasan Erik Ten Hag 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya