5 Negara Peserta Piala Dunia 2022 dengan Peringkat FIFA Terendah

Termasuk tuan rumah Qatar

Piala Dunia 2022 bakal diikuti 32 negara dengan kualitas timnas yang beragam. Beberapa yang terbaik tentu termasuk Brasil, Argentina, Prancis, Spanyol, serta Jerman. Selain memiliki sejarah kesuksesan, kualitas mereka juga terlihat dari posisinya yang tinggi di peringkat FIFA terbaru.

Sebaliknya, kelima negara berikut adalah peserta Piala Dunia 2022 dengan peringkat FIFA terendah saat ini. Bahkan, Qatar sebagai tuan rumah pun termasuk di antaranya. Lantas, bagaimana peluang mereka di Piala Dunia 2022 mendatang?

1. Ghana (peringkat 61)

5 Negara Peserta Piala Dunia 2022 dengan Peringkat FIFA TerendahPara pemain Timnas Ghana merayakan gol. (instagram.com/blackstarsofghanafa_)

Daftar peringkat FIFA terbaru dirilis pada 6 Oktober 2022 lalu. Dalam daftar tersebut, Ghana menjadi peserta Piala Dunia 2022 dengan peringkat terendah. Mereka menduduki posisi ke-61, alias turun satu tingkat dari peringkat sebelumnya, yaitu 60.

Penampilan Ghana sendiri di kualifikasi Piala Dunia 2022 memang tidak meyakinkan. Mereka menyingkirkan Nigeria di putaran terakhir hanya karena unggul gol tandang. Ghana bahkan tidak mengalahkan Nigeria dalam dua leg, tetapi hanya bermain imbang 0-0 dan 1-1.

Prestasi Ghana di Piala Afrika 2021 pun buruk, yaitu gugur di fase grup. Dengan tren yang sedang menurun, Ghana sepertinya bakal sulit berprestasi di Piala Dunia 2022. Apalagi, mereka tergabung dalam grup berat yang dihuni Portugal dan Uruguay, plus Korea Selatan yang berpeluang menyulitkan.

2. Arab Saudi (peringkat 51)

5 Negara Peserta Piala Dunia 2022 dengan Peringkat FIFA Terendahpotret skuad Timnas Arab Saudi (twitter.com/SaudiNT)

Di sisi lain, Arab Saudi kini berada di posisi ke-51 peringkat FIFA. Itu adalah kenaikan dua peringkat dibanding posisi mereka sebelumnya. Di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Arab Saudi sukses lolos sebagai juara Grup B, unggul atas Jepang dan Australia.

Dalam laga uji coba jelang Piala Dunia, Arab Saudi juga meraih beberapa hasil bagus. Mereka menahan imbang Ekuador dan Amerika Serikat, serta menang atas Makedonia Utara. Hasil tersebut merupakan sinyal bahwa mereka bisa merepotkan lawan-lawan di Grup C Piala Dunia 2022, yaitu Argentina, Meksiko, dan Polandia.

Baca Juga: Duta Piala Dunia Qatar Sebut Homoseksual Merusak Pikiran

3. Qatar (peringkat 50)

5 Negara Peserta Piala Dunia 2022 dengan Peringkat FIFA TerendahPara pemain Timnas Qatar merayakan gol. (instagram.com/qfa)

Sang tuan rumah Qatar termasuk negara peserta Piala Dunia 2022 dengan peringkat FIFA terendah. Saat ini, mereka menduduki peringkat ke-50, alias turun dua peringkat dari posisi sebelumnya. Namun, sebagai tuan rumah, Qatar bisa memanfaatkan dukungan masif fans untuk memberi kejutan.

Selain itu, faktor iklim bakal berpihak ke Qatar sebagai tuan rumah, khususnya ketika menghadapi tim-tim dari Eropa. Qatar tergabung di Grup A Piala Dunia 2022 bersama Belanda, Senegal, dan Ekuador. Peluang terbesar Qatar adalah mengincar posisi runner-up menemani Belanda untuk lolos ke fase gugur.

4. Ekuador (peringkat 44)

5 Negara Peserta Piala Dunia 2022 dengan Peringkat FIFA TerendahPara pemain Timnas Ekuador merayakan gol. (instagram.com/latriecu)

Berikutnya ada wakil dari Amerika Selatan, Ekuador. Ekuador kini menempati posisi ke-44 di peringkat FIFA terbaru, alias sama persis dengan periode sebelumnya. Di antara negara-negara Amerika Latin, Ekuador saat ini memiliki peringkat FIFA terbaik kelima.

Piala Dunia 2022 akan menjadi edisi keempat bagi Ekuador sepanjang sejarah. Tergabung di Grup A, Ekuador hanya menjadi unggulan keempat di bawah Qatar, Belanda, dan Senegal. Namun, hal itu justru bisa membuat Ekuador tampil lepas di Piala Dunia 2022 tanpa beban.

5. Kamerun (peringkat 43)

5 Negara Peserta Piala Dunia 2022 dengan Peringkat FIFA TerendahPara pemain Timnas Kamerun merayakan gol. (instagram.com/fecafootofficiel)

Setingkat di atas Ekuador, Kamerun saat ini berada di tangga ke-43 peringkat FIFA. Kamerun mengalami penurunan yang cukup drastis dari peringkat sebelumya, yaitu peringkat 38. Dalam beberapa laga uji coba jelang Piala Dunia, Kamerun memang mengalami rentetan hasil buruk.

Lolosnya Kamerun ke Piala Dunia 2022 pun diraih dengan tidak meyakinkan. Mereka menyisihkan Aljazair hanya melalui keuntungan gol tandang pada babak perpanjangan waktu. Karena itu, Kamerun diprediksi sulit melewati hadangan Brasil, Swiss, dan Serbia di Grup G Piala Dunia 2022 nanti.

Peringkat FIFA memang bukan penentu utama kehebatan sebuah tim. Namun, itu bisa memberi sedikit gambaran tentang kekuatan tim-tim di atas jelang Piala Dunia 2022. Mampukah lima tim di atas membuat kejutan di Piala Dunia meski bermodal peringkat FIFA rendah?

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Perkuat Argentina di Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya