Rekam Jejak Perjuangan Timnas Indonesia untuk Lolos ke Piala Dunia

#WorldCup2018 Indonesia pernah tampil di Piala Dunia
"Kapan ya Indonesia lolos ke piala dunia?"

Pertanyaan itu rasanya sudah sejak lama diajukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan pencinta sepak bola. Prestasi timnas senior sepak bola kita saat ini memang masih belum juga menunjukkan perbaikan, kalau tidak boleh dibilang memburuk.

Gelar internasional terakhir yang diraih timnas adalah juara SEA Games 1991 alias 27 tahun lalu, dan setelah itu Tim Garuda belum pernah lagi mengangkat trofi bahkan di kawasan Asia Tenggara sekali pun.

Namun kamu mungkin tahu bahwa Indonesia sebenarnya sudah pernah tampil di Piala Dunia, tepatnya pada tahun 1938 di Prancis di bawah nama Hindia Belanda. Setelah itu, Indonesia pun sempat beberapa kali berpeluang lolos ke Piala Dunia, walaupun langkah mereka akhirnya selalu terhenti di babak kualifikasi karena berbagai alasan.

Lalu bagaimanakah sebenarnya rekam jejak perjuangan timnas Indonesia mulai dari Piala Dunia 1930 hingga 2018? Berikut ulasannya.

1. Piala Dunia 1930-1938

Rekam Jejak Perjuangan Timnas Indonesia untuk Lolos ke Piala Duniaboxscorenews.com

Indonesia tidak diundang untuk ikut Piala Dunia 1930 maupun 1934 dan baru mengikuti kualifikasi pada tahun 1938. Indonesia yang pada waktu itu memakai nama Hindia Belanda hanya perlu berhadapan dengan satu tim Asia lain untuk lolos, yaitu Jepang.

Dilansir dari fourfourtwo.com, Jepang sendiri akhirnya mengundurkan diri karena sedang terlibat perang dengan Cina hingga Indonesia lolos otomatis.

Saat itu Piala Dunia 1938 menggunakan sistem knockout sejak babak pertama. Melalui undian, Indonesia alias Hindia Belanda dipertemukan dengan Hungaria yang saat itu merupakan salah satu kekuatan utama sepak bola dunia.

Indonesia kalah telak 0-6 dan langsung tersingkir. Itulah keikutsertaan pertama sekaligus satu-satunya bagi Indonesia di ajang Piala Dunia hingga saat ini.

2. Piala Dunia 1950

Rekam Jejak Perjuangan Timnas Indonesia untuk Lolos ke Piala Duniaindiatimes.com

Setelah sempat vakum akibat Perang Dunia II, Piala Dunia kembali diselenggarakan pada tahun 1950. Indonesia yang kala itu sudah merdeka berpeluang lolos lagi ke Piala Dunia karena hanya perlu berhadapan dengan tiga tim: Filipina, Burma (sekarang Myanmar), dan India.

Namun sebelum dimulai, Indonesia bersama Filipina dan Burma keburu mengundurkan diri. Uniknya, belakangan India juga mengundurkan diri sehingga tidak ada satupun wakil Asia pada Piala Dunia tersebut.

3. Piala Dunia 1954 dan 1958

Rekam Jejak Perjuangan Timnas Indonesia untuk Lolos ke Piala Duniafourfourtwo.com

Indonesia absen di kualifikasi Piala Dunia 1954 dan baru ikut lagi pada tahun 1958. Di babak kualifikasi, Indonesia harus melewati 4 tahap untuk bisa lolos. Babak pra-eliminasi berhasil dilewati secara otomatis karena Taiwan dan Australia mengundurkan diri.

Tim Garuda juga lolos dari babak berikutnya setelah mengatasi perlawanan China. Mereka pun sampai ke kualifikasi tahap ke-3, dan harus berhadapan dengan Israel, Sudan, dan Mesir dalam format grup.

Masalah kemudian muncul ketika FIFA menolak permintaan Indonesia untuk melawan Israel di tempat netral. Indonesia enggan untuk bertanding di Israel karena mereka tidak mengakui kedaulatan negara tersebut.

Ditolaknya permohonan mereka akhirnya membuat Indonesia memutuskan untuk mengundurkan diri dari kualifikasi. Padahal kala itu kekuatan timnas Indonesia cukup bagus, di mana salah satu buktinya adalah pernah menahan imbang tim kuat Uni Soviet pada tahun 1956.

4. Piala Dunia 1962

Rekam Jejak Perjuangan Timnas Indonesia untuk Lolos ke Piala Duniabhumiarema.com

Indonesia kembali berpeluang besar tampil di piala dunia karena pada babak kualifikasi Piala Dunia 1962 mereka hanya perlu berhadapan dengan Jepang dan Korea Selatan. Apalagi pada waktu itu Indonesia sedang memiliki tim kuat yang dijuluki Macan Asia, serta baru saja merebut gelar juara Merdeka Games tahun 1961.

Namun sayang, Indonesia lagi-lagi memutuskan untuk mengundurkan diri. Alasannya adalah karena timnas ingin berfokus menghadapi Asian Games yang diadakan pada tahun yang sama di Jakarta.

5. Piala Dunia 1966-2018

Rekam Jejak Perjuangan Timnas Indonesia untuk Lolos ke Piala Duniamarzukialie.com

Indonesia tidak ikut kualifikasi Piala Dunia tahun 1966 dan 1970. Lalu sejak 1974, jumlah negara yang mengikuti babak kualifikasi mulai bertambah banyak. Hal ini otomatis membuat peluang setiap tim, termasuk Indonesia, untuk lolos ke Piala Dunia menjadi semakin kecil.

Mungkin hanya pada babak kualifikasi Piala Dunia 1986 lah Indonesia pernah cukup dekat dengan kelolosan ke piala dunia. Indonesia yang pada waktu itu dilatih oleh Sinyo Alaindoe berhasil lolos dari putaran pertama kualifikasi dan harus berhadapan dengan Korea Selatan di putaran kedua.

Jika berhasil melewati hadangan Korea, Indonesia akan lolos ke babak final kualifikasi untuk memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia.

Namun sayang, Indonesia kalah dalam dua pertandingan menghadapi Korea Selatan, masing-masing dengan skor 0-2 dan 1-4. Mimpi untuk tampil di Piala Dunia pun lagi-lagi harus kandas. Sejak saat itu hingga sekarang, langkah Indonesia selalu terhenti di putaran awal kualifikasi, dan Tim Garuda bahkan tidak ikut kualifikasi Piala Dunia 2018 karena saat itu sedang dibekukan oleh FIFA.

Itulah sekilas rekam jejak sejarah Tim Merah Putih dalam usaha memperebutkan kesempatan tampil di piala dunia. Jadi menurut kamu, kapan Indonesia akan lolos ke Piala Dunia?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya