Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Champions

Liga Champions ibarat taman bermain Ronaldo

Jika Real Madrid dianggap sebagai tim terbaik di kompetisi antarklub Eropa, maka hanya ada satu pemain yang pantas mendapat pengakuan serupa di level individu. Siapa dia? Siapa lagi kalau bukan Cristiano Ronaldo. Sang mega bintang Juventus tak henti-hentinya membuktikan kualitasnya dengan membuat Liga Champions menjadi taman bermainnya.

Bukti terbaru kehebatan CR7 adalah hat-trick yang ia buat ke gawang Atletico Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions kemarin. Bukan gol biasa, karena torehannya itu membawa Juve melakukan comeback gemilang dengan menang 3-0 setelah tertinggal 0-2 di partai pertama. Ya, berkat Ronaldo, asa juara Juventus hidup kembali setelah nyaris lenyap.

Tidak hanya itu, tambahan 3 gol Ronaldo juga membuatnya makin mempertajam sejumlah rekor yang telah ia punya di Liga Champions Eropa. Berikut deretan rekor sang pemain dengan DNA Eropa tersebut.

1. Gol terbanyak di Liga Champions

Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Championsstandard.co.uk

Koleksi gol Ronaldo di Liga Champions kini bertambah menjadi 124 gol dari 160 kali tampil. Rinciannya adalah 15 gol bersama Manchester United, 105 gol bersama Real Madrid, dan 4 gol untuk Juventus. Jumlah itu jauh mengungguli rival abadinya Lionel Messi, yang masih tertahan di angka 106 dari 130 kali main.

2. Gol terbanyak di kompetisi antarklub Eropa

Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Championsthe18.com

Bahkan jika mengikutsertakan seluruh kompetisi antarklub resmi yang digelar UEFA, koleksi gol Ronaldo sudah berjumlah 127 buah. Ia menjadi pemain pertama yang mencapai angka 125 gol atau lebih. Tambahan 3 gol berasal dari 1 gol di kualifikasi Liga Champions bersama Manchester United dan 2 gol di Piala Super Eropa bersama Real Madrid. Lionel Messi? Masih berada di angka 109.

3. Gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions

Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Championsgoal.com

Musim 2013-14 bisa dibilang salah satu musim terbaik Cristiano Ronaldo di Liga Champions. Selain membawa Real Madrid meraih La Decima alias gelar Liga Champions ke-10, Ronaldo juga keluar sebagai top skor dengan jumlah gol yang fantastis: 17 gol! Catatan itu masih bertahan sebagai jumlah gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions hingga sekarang.

4. Hat-trick terbanyak di Liga Champions

Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Championseurosport.com

Tambahan satu hat-trick yang dibuat Ronaldo ke gawang Atletico membuatnya menyamai rekor 8 hat-trick yang dimiliki Lionel Messi sebagai pemain yang paling sering membuat trigol di Liga Champions. Namun dalam urusan jumlah hat-trick di musim yang sama, Ronaldo adalah yang terbaik. Ia pernah membuat 3 hat-trick dalam semusim Liga Champions, yaitu pada musim 2015-16.

5. Gol terbanyak di fase knock-out Liga Champions

Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Championsfourfourtwo.com

Tambahan trigol ke gawang Jan Oblak juga membuat Ronaldo menambah koleksi golnya di fase gugur Liga Champions menjadi 63 gol. Ialah top skor fase knock-out Liga Champions sepanjang masa. Ronaldo bahkan pernah membuat 10 gol di babak knock-out Liga Champions musim 2016-17, jumlah terbanyak dalam satu musim.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Pimpin Kesuksesan Misi Mustahil Juventus

6. Gelar top skor Liga Champions terbanyak

Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Championssky.com

Menjadi top skor Liga Champions untuk satu musim saja sangat sulit, apalagi melakukannya berkali-kali. Namun Ronaldo membuatnya terlihat mudah dengan 7 kali keluar sebagai top skor Liga Champions: sekali bersama Manchester United dan 6 kali bersama Real Madrid. Bahkan keenam gelar top skor bersama Madrid ia dapat secara beruntun, mulai musim 2012/13 hingga musim lalu, 2017-18.

7. Mencetak gol dalam 11 pertandingan berturut-turut

Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Championsgoal.com

Ronaldo juga menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol dalam 11 pertandingan Liga Champions beruntun. Dimulai dari babak final Liga Champions 2016-17 dan berlanjut ke 10 pertandingan awal Liga Champions 2017-18. Total 17 gol ia cetak dalam 11 partai tersebut.

8. Pemain dengan gelar Liga Champions terbanyak

Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Championsuefa.com

Musim lalu, Ronaldo meraih trofi Liga Champions bersama Real Madrid sekaligus menggenapkan koleksi gelar Liga Champions pribadinya menjadi 5 buah, sama dengan torehan legenda AC Milan Paulo Maldini. Satu dari 5 gelar Ronaldo ia dapat bersama Manchester United dan 4 lainnya ia raih di Real Madrid.

9. Pemain yang paling sering dan paling banyak mencetak gol di final Liga Champions

Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Championsmetro.co.uk

Ronaldo sudah 5 kali bermain dalam final Liga Champions, dan ia sukses mencetak gol pada tiga di antaranya: 1 gol di final 2008 bersama Manchester United serta masing-masing 1 dan 2 gol di final 2014 dan 2017 bersama Real Madrid. Dengan 4 gol dalam 3 final, Ronaldo adalah pemain yang paling sering sekaligus paling banyak mencetak gol di final Liga Champions.

10. Rekor-rekor lain

Punya DNA Eropa, Ini 10 Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Championsskysports.com

Masih ada sederet rekor gemilang yang dibuat Ronaldo di Liga Champions, seperti jumlah gol kandang terbanyak (65 gol), gol tandang terbanyak (55 gol), gol tendangan bebas langsung terbanyak (12 gol), paling sering mencetak dua gol atau lebih (35 kali), dan sejumlah rekor lain.

Ya, tidak salah memang jika menyebut Cristiano Ronaldo sebagai rajanya Liga Champions. Dengan Juventus melaju ke babak perempat final Liga Champions musim ini, Ronaldo pun berpeluang mempertajam sejumlah rekornya atau bahkan menciptakan rekor-rekor baru. Sanggupkah ia melakukannya? Kita lihat saja.

Baca Juga: 5 Rekor Hebat Cristiano Ronaldo yang Mustahil Dipecahkan Lionel Messi!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya