Comscore Tracker

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!

Giggs membuat banyak pencapaian hebat bersama MU

Ryan Giggs adalah salah satu legenda terbesar yang dimiliki Manchester United. Pemain asal Wales ini begitu kencang dan licin beroperasi di sayap kiri MU pada masa jayanya. Ia bahkan sampai dijuluki The Welsh Wizard alias penyihir dari Wales karena magis yang sering ia tunjukkan di atas lapangan.

Ryan Giggs berkarier di lapangan hijau selama 24 tahun dengan membela satu klub saja, yaitu Manchester United. Sepanjang kariernya, Giggs sudah membuat banyak pencapaian dan rekor, dan beberapa di antaranya mungkin akan sangat sulit dipecahkan oleh pemain lain. Inilah 10 statistik hebat yang dimiliki Ryan Giggs semasa aktif bermain.

1. Rekor terhebat yang dimiliki Giggs tentu adalah pemain dengan trofi Premier League terbanyak 

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!walesonline.co.uk

Giggs sudah memenangi Premier League 13 kali, sama dengan trofi Premier League milik MU sendiri. Jumlah itu setara dengan koleksi trofi Liga Inggris milik Arsenal, dan lebih banyak dari koleksi sebagian besar klub Inggris. Secara total, Giggs memenangi 35 trofi sepanjang kariernya, sesuai catatan Transfermarkt.

2. Giggs juga adalah pemain Manchester United dengan penampilan terbanyak di semua ajang sepanjang masa 

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!telegraph.co.uk

Total 963 laga dimainkan oleh Giggs dalam balutan seragam MU. Rekor itu tampaknya akan bertahan sangat lama karena pemain aktif yang terdekat dengan catatan tersebut adalah David de Gea, yang sejauh ini "baru" bermain 435 kali bagi MU di semua ajang, per 10 April 2021.

3. Secara keseluruhan, Giggs adalah satu di antara sedikit pemain yang bermain lebih dari 1.000 kali sepanjang kariernya  

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!countytimes.co.uk

Giggs bermain 963 kali bagi MU, sementara bagi Timnas Wales ia mencatat 64 caps. Ia juga pernah bermain 4 kali untuk tim Britania Raya di Olimpiade. Maka secara total, Giggs mencatat 1.031 penampilan di level senior sepanjang kariernya.

4. Khusus di ajang Premier League, Ryan Giggs berada di posisi kedua pemain dengan penampilan terbanyak

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!talksport.com

Laman Premier League mencatat bahwa Giggs tampil 632 kali di Premier League. Jumlah itu hanya kalah dari Gareth Barry, gelandang asal Inggris yang pernah membela Manchester City, Aston Villa, Everton, dan lain-lain. Barry mencatat total 653 pertandingan di Premier League.

5. Pemilik nomor punggung 11 ini adalah satu-satunya pemain yang bermain dalam 22 musim pertama Premier League

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!newsfromwales.co.uk

Giggs sudah bermain bagi MU sejak musim 1990-91, alias dua musim sebelum Liga Inggris berganti format menjadi Premier League. Setelah itu Giggs terus bermain mulai dari musim pertama Premier League yaitu 1992-93 hingga musim ke-22 alias musim 2013-14.

Baca Juga: 5 Rekor di Premier League yang Masih Dipegang Ryan Giggs Hingga Kini

6. Selain itu, Giggs juga adalah satu-satunya pemain yang selalu mencetak gol dalam 21 musim pertama Premier League 

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!talksport.com

Giggs selalu berhasil mencetak gol di setiap musim Premier League yang ia mainkan. Satu-satunya pengecualian adalah pada musim terakhirnya yaitu 2013-14, dimana ia hanya tampil 12 kali dan membuat 2 assist bagi MU di Premier League.

7. Ryan Giggs adalah pemain pertama yang mencetak 100 gol di Premier League bagi MU

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!bbc.co.uk

Giggs mencetak gol ke-100 di Premier League pada musim 2007-08. Secara total, ia mencetak 114 gol di Premier League sepanjang kariernya. Hanya ada dua pemain selain Giggs yang berhasil mencetak 100 gol di Premier League bagi MU, yaitu Paul Scholes dan Wayne Rooney.

8. Urusan gol, Giggs memang bukan yang terbaik, tapi jumlah assist-nya adalah yang terbanyak di Premier League 

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!manutdfansblog.com

Dilansir Goal, Giggs total membuat 162 assist di Premier League. Rekor itu pun tampaknya akan bertahan lama karena pemain aktif yang paling mendekati angka tersebut adalah James Milner, yang jumlah assist-nya masih berada di angka 85.

9. Di Liga Champions, Giggs juga punya rekor, yaitu pemain pertama yang berhasil cetak gol dalam 16 musim Liga Champions 

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!dailymail.co.uk

Itu terjadi pada musim 2011-12, di mana ia mencetak gol ke gawang Benfica, yang ternyata adalah gol terakhirnya di Liga Champions. Giggs total bermain dalam 17 musim Liga Champions, namun ia pernah gagal mencetak gol di Liga Champions 2007-08, musim dimana sebenarnya MU keluar sebagai juara.

10. Gol ke gawang Benfica itu juga membuat Giggs jadi pemain tertua kedua yang mencetak gol di Liga Champions 

10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!goal.com

Berusia 37 tahun 290 hari kala itu, sebenarnya Giggs sempat jadi pemain tertua yang mencetak gol di Liga Champions. Namun pada 2014, Francecso Totti mematahkan rekor Giggs dengan mencetak gol di usianya yang menginjak 38 tahun 59 hari.

Itulah 10 rekor dan statistik hebat yang dicatat oleh Ryan Giggs sepanjang kariernya sebagai pemain. Benar-benar pemain luar biasa yang melegenda di Manchester United ya!

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua di Premier League Hingga Kini, Ada Ryan Giggs!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya