10 Rekor Gol Terhebat di Premier League, Bakal Sulit Dipecahkan! 

Rekor-rekor ini mungkin akan bertahan hingga puluhan tahun

Liga Inggris adalah salah satu liga sepakbola terpopuler di bumi. Sejak tahun 1992, liga inggris berubah format dan kini lebih dikenal sebagai Premier League. Perubahan format tersebut terbukti semakin meningkatkan popularitas liga ini dan menarik minat ratusan pemain dan pelatih kelas dunia dari berbagai negara.

Musim 2019-20 adalah musim ke-28 Premier League. Selama 28 tahun berlangsung, tentu sudah banyak catatan gemilang yang terjadi di liga ini. Banyak rekor telah tercipta, dan beberapa di antaranya sangat luar biasa sehingga pasti akan sangat sulit dipecahkan oleh siapapun. Dalam hal rekor gol, inilah 10 rekor terhebat di Premier League yang bakal sulit dipecahkan.

1. Gol terbanyak di Premier League: Alan Shearer (260 gol) 

10 Rekor Gol Terhebat di Premier League, Bakal Sulit Dipecahkan! taksport.com

Pemain yang tercatat sebagai top skor liga inggris di era Premier League adalah Alan Shearer, striker yang terkenal sebagai legenda Newcastle United. Koleksi golnya di Premier League berjumlah 260 gol, yang ia torehkan dalam 441 pertandingan.

Pemain aktif yang paling berpeluang menyalip koleksi gol Shearer adalah Sergio Aguero. Dilansir dari Transfermarkt, jumlah gol Aguero di Premier League saat ini berjumlah 180 gol. Artinya striker Manchester City itu butuh minimal 81 gol lagi. Namun dengan usia yang sudah menginjak 32 tahun, bakal cukup sulit bagi Aguero untuk meraihnya.

2. Selalu mencetak gol dalam musim Premier League terbanyak: Ryan Giggs (21 musim berturut-turut) 

10 Rekor Gol Terhebat di Premier League, Bakal Sulit Dipecahkan! talksport.com

Rekor yang satu ini juga pasti sangat sulit dipecahkan siapa pun. Ya, legenda Manchester United Ryan Giggs tercatat sebagai pemain yang selalu konsisten mencetak gol di Premier League dalam 21 musim beruntun. Itu adalah rekor terbanyak yang masih bertahan hingga kini, dan sepertinya akan terus bertahan hingga puluhan tahun ke depan.

3. Selalu mencetak gol dalam partai Premier League: Jamie Vardy (11 partai berturut-turut) 

10 Rekor Gol Terhebat di Premier League, Bakal Sulit Dipecahkan! standard.co.uk

Sementara dalam urusan mencetak gol pada partai Premier League berturut-turut, striker Leicester City Jamie Vardy adalah pemegang rekornya. Pada musim 2015-16 di mana Leicester menjuarai Premier League, Vardy sukses mencetak gol dalam 11 partai liga beruntun dari Oktober hingga November. Total 13 gol ia ciptakan dalam 11 laga tersebut.

4. Pencetak gol tertua: Teddy Sheringham (40 tahun 268 hari) 

10 Rekor Gol Terhebat di Premier League, Bakal Sulit Dipecahkan! independent.co.uk

Tidak banyak pemain yang bisa tetap aktif bermain hingga usia lebih dari 40 tahun. Apalagi jika pemain itu berposisi striker, yang biasanya menuntut stamina bagus. Kalaupun ada, belum tentu ia masih bisa tetap tajam dan mencetak gol.

Maka rekor Teddy Sheringham sebagai pencetak gol tertua di Premier League tampaknya akan bertahan cukup lama. Dilansir laman The Top Flight, Sheringham mencetak gol untuk West Ham United pada usia 40 tahun 268 hari, pada laga boxing day 2006 melawan Portsmouth. Luar biasa!

5. Pencetak hat-trick termuda: Michael Owen (18 tahun 62 hari)  

10 Rekor Gol Terhebat di Premier League, Bakal Sulit Dipecahkan! scorescan.com

Pemain muda mencetak gol mungkin sudah biasa. Tapi pemain muda mencetak hat-trick, itu baru luar biasa. Di era Premier League, pemain yang tercatat sebagai pencetak hat-trick termuda adalah Michael Owen, yaitu saat usianya 18 tahun 62 hari. Owen menorehkan rekor itu di tahun 1998 pada laga Liverpool melawan Sheffield Wednesday yang berakhir imbang 3-3.

Baca Juga: 8 Pemain Liverpool yang Paling Sering Dimainkan Jurgen Klopp, Sukses!

6. Hat-trick tercepat: Sadio Mane (2 menit 56 detik)  

10 Rekor Gol Terhebat di Premier League, Bakal Sulit Dipecahkan! dailyecho.co.uk

Dibanding hat-trick termuda, rekor ini jauh lebih sulit lagi dipecahkan. Sadio Mane tercatat sebagai pemain dengan hat-trick tercepat di Premier League. Kala itu tahun 2015 dan Mane masih membela Southampton dalam laga melawan Aston Villa.

Mane mencetak gol pertama di menit ke-13, gol kedua di menit-14, dan gol ketiga di menit-16. Jarak gol pertama dengan gol ketiganya hanya 2 menit 56 detik! Laga itu sendiri berakhir dengan skor 6-1 untuk Southampton seperti dilansir dari BBC.

7. Gol tercepat: Shane Long (7,69 detik) 

https://www.youtube.com/embed/CkC04ByQmko

Mencetak gol dalam waktu kurang dari 8 detik sejak kick-off juga adalah pencapaian yang luar biasa. Dan penciptanya lagi-lagi pemain Southampton. Baru saja pada April tahun lalu, Shane Long mencetak rekor gol tercepat sepanjang sejarah Premier League dalam waktu 7,69 detik setelah kick-off babak pertama.

Dalam laga melawan Watford itu, Long memanfaatkan kesalahan bek Craig Cathcart untuk merebut bola dan mengangkat si kulit bundar melewati kepala kiper. Laga itu sendiri berakhir dengan skor 1-1. Kamu bisa melihat gol supercepat itu dalam video di atas.

8. Gol terbanyak sebagai pemain pengganti: Ole Gunnar Solskjaer (4 gol) 

10 Rekor Gol Terhebat di Premier League, Bakal Sulit Dipecahkan! dailymail.co.uk

Mencetak gol setelah dimasukkan ke lapangan sebagai pemain pengganti bukanlah tugas mudah. Maka gak sembarang pemain bisa melakukannya. Apalagi kalau sampai mencetak 4 gol sebagai pemain pengganti! Namun ternyata rekor itu pernah ditorehkan oleh Ole Gunnar Solskjaer pada 1999.

Situs Premier League menceritakan bahwa pada laga Manchester United melawan Nottingham Forest, Solskjaer dimasukkan pelatih Alex Ferguson untuk menggantikan Dwight Yorke. Ia masuk pada menit 71, artinya ia hanya punya sisa 19 menit waktu bermain. Tapi dalam sisa waktu itu, ia sukses mencetak 4 gol untuk menambah keunggulan MU menjadi kemenangan telak 8-1. Dahsyat!

9. Gol bersama klub terbanyak: Craig Bellamy (7 klub) 

10 Rekor Gol Terhebat di Premier League, Bakal Sulit Dipecahkan! talksport.com

Craig Bellamy memang terkenal suka berpindah-pindah klub semasa berkarier. Mantan pemain asal Wales ini tercatat pernah membela 9 klub, 7 di antaranya klub Premier League. Hebatnya, ia selalu berhasil mencetak gol bersama ketujuh klub tersebut. Itu membuatnya tercatat sebagai pencetak gol bersama klub Premier League terbanyak yaitu 7 klub.

10. Gol terbanyak pada musim debut: Kevin Phillips (30 gol) 

10 Rekor Gol Terhebat di Premier League, Bakal Sulit Dipecahkan! thesefootballtimes.co

Untuk bisa langsung bermain bagus pada musim pertama di Premier League pun jelas tidak mudah. Apalagi untuk bisa langsung mencetak banyak gol. Maka rekor Kevin Phillips pada musim 1999-00 terbilang luar biasa.

Itu karena Phillips bisa langsung menjadi top skor Premier League dengan 30 gol untuk Sunderland. Padahal itu adalah musim debutnya di Premier League, setelah 9 musim sebelumnya ia habiskan di divisi bawah Liga Inggris.

Itulah 10 rekor gol di Premier League yang sepertinya bakal sulit dipecahkan karena sangat luar biasa. Menurut kamu, mungkinkah ada pemain yang bisa memecahkan rekor-rekor tersebut?

Baca Juga: 20 Pemain Liverpool dengan Bayaran Tertinggi Musim Ini, Salah Teratas!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya