Comscore Tracker

5 Rekor yang Dimiliki Son Heung Min di English Premier League

Pemain kebanggaan Asia di Premier League!

Son Heung Min pantas disebut pemain terbaik Asia dalam beberapa tahun terakhir. Son sukses bersinar selama berkarier di Eropa, khususnya di Inggris. Pemain asal Korea Selatan ini telah membela Tottenham Hotspur di English Premier League sejak 2015 dan ia konsisten tampil apik.

Son bahkan baru saja menobatkan diri sebagai top skor Premier League 2021/2022. Ia pun tercatat sebagai pemain Asia pertama yang pernah merebut gelar tersebut. Torehan tersebut juga menambah daftar rekor yang pernah diraih Son selama bermain di Premier League sejauh ini.

1. Pemain Asia dengan penampilan terbanyak di Premier League

5 Rekor yang Dimiliki Son Heung Min di English Premier Leaguepotret Son Heung Min (instagram.com/hm_son7)

Son Heung Min adalah pemain Asia dengan penampilan terbanyak di Premier League saat ini. Hingga musim 2021/2022 berakhir, Son telah mencatat total 232 penampilan di Premier League. Jumlah itu ia torehkan dalam tujuh musim yang artinya rata-rata 33 penampilan per musim.

Son unggul jauh dari pemain Asia yang punya penampilan terbanyak kedua di Premier League, yaitu Ki Sung Yueng. Ki adalah gelandang asal Korea Selatan pernah yang bermain 187 kali di Premier League bersama tiga klub berbeda. Namun, Ki sudah meninggalkan Inggris sejak 2020 dan kini bermain di negaranya.

2. Pemain Asia dengan gol dan assist terbanyak di Premier League

5 Rekor yang Dimiliki Son Heung Min di English Premier Leaguepotret Son Heung Min (instagram.com/hm_son7)

Tak hanya jumlah penampilan, Son Heung Min juga adalah pemain Asia paling produktif di Premier League. Ia kini punya koleksi 93 gol di Premier League, termasuk 23 gol pada musim 2021/2022. Kemungkinan besar musim depan Son bakal jadi pemain Asia pertama yang tembus seratus gol di Premier League.

Selain itu, jumlah assist Son di Premier League pun adalah yang terbanyak di antara para pemain Asia. Sejauh ini ia sudah mencatat 52 assists di Premier League. Sebagian besar assist Son dituntaskan oleh kompatriotnya di lini depan Spurs, yaitu Harry Kane.

Baca Juga: Son Heung Min Cetak Sejarah, Top Scorer EPL Pertama dari Asia

3. Pemain Asia pertama yang menjadi top skor Premier League

5 Rekor yang Dimiliki Son Heung Min di English Premier LeagueSon Heung Min menjadi top skor Premier League 2021/2022. (instagram.com/spursofficial)

Son baru saja tercatat sebagai pemain Asia pertama yang menjadi top skor Premier League. Bahkan, ia juga merupakan pemain Asia pertama yang pernah menjadi top skor di lima liga top Eropa.

Torehan 23 gol pada musim 2021/2022 pun membuat Son jadi pemain Asia dengan gol terbanyak dalam semusim Premier League. Ia mempertajam rekor yang sudah ia buat pada musim 2020/2021 lalu dengan 17 gol di Premier League. Bahkan, bukan mustahil musim depan jumlah golnya akan bertambah lagi.

4. Pemain Asia pertama yang mencetak quattrick di Premier League

5 Rekor yang Dimiliki Son Heung Min di English Premier LeagueSon Heung Min mencetak quat-trick ke gawang Southampton di Premier League 2020/2021. (skysports.com)

Son Heung Min bukanlah pemain Asia pertama yang mencetak hattrick di Premier League. Pemain yang memiliki rekor tersebut adalah Shinji Kagawa, gelandang asal Jepang yang pernah membela Manchester United. Kagawa mencetak hattrick saat United mengalahkan Norwich City 4-0 di Premier League 2012/2013.

Namun, Son memiliki rekor lain yang tak kalah hebat dari Kagawa. Ia adalah pemain Asia pertama yang mencetak quattrick alias empat gol dalam satu laga Premier League. Itu terjadi pada musim 2020/2021 saat Tottenham menang 5-2 atas Southampton. Uniknya, keempat gol Son saat itu merupakan buah assist satu pemain, yaitu Harry Kane.

5. Satu-satunya pemain Asia yang pernah menjadi Premier League Player of the Month

5 Rekor yang Dimiliki Son Heung Min di English Premier LeagueSon Heung Min menjadi Premier League Player of the Month bulan Oktober 2020. (instagram.com/hm_son7)

Satu lagi rekor yang dicatat oleh Son Heung Min adalah ia merupakan satu-satunya pemain Asia yang pernah menjadi Premier League Player of the Month. Tak hanya sekali, Son pernah merebut penghargaan tersebut tiga kali. Kali pertama ia meraihnya adalah pada bulan September 2016.

Setelah itu, Son kembali menjadi pemain terbaik Premier League pada bulan April 2017 dan Oktober 2020. Dengan tiga penghargaan, Son berdiri sejajar dengan sejumlah pemain top yang pernah bermain di Premier League. Itu termasuk Ruud van Nistelrooy, Robbie Keane, Gareth Bale, dan Sadio Mane.

 

Son Heung Min telah menorehkan rekor demi rekor di kalangan pemain Asia yang pernah bermain di English Premier League. Apakah ia bakal menambah rekor lagi pada musim 2022/2023 mendatang?

Baca Juga: [BREAKING] Mohamed Salah dan Son Heung Min Berbagi Gelar Top Scorer EPL

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya