5 Remaja Terakhir yang Melakoni Debut Bersama Arsenal

Sang pemegang rekor juga termasuk di daftar ini

Arsenal adalah salah satu tim dengan skuad termuda di English Premier League (EPL) 2022/2023. The Gunners memang banyak mengandalkan pemain muda dalam beberapa musim terakhir. Memang, Arsenal tergolong berani memberi kesempatan pada pemain muda sejak ditangani Mikel Arteta.

Bahkan, Arsenal kerap menurunkan pemain yang masih berusia belasan tahun alias remaja. Para pemain tersebut diberi kesempatan debut setelah tampil apik bersama tim akademi. Siapa saja remaja terakhir yang menikmati debut di tim senior bersama Arsenal?

1. Folarin Balogun

5 Remaja Terakhir yang Melakoni Debut Bersama ArsenalFolarin Balogun (instagram.com/balogun)

Pada musim 2020/2021, ada tiga pemain remaja yang melakoni debut bersama tim senior Arsenal. Salah satunya Folarin Balogun. Debutnya terjadi saat Arsenal menghadapi Dundalk FC di matchday kedua fase grup Europa League. Saat itu, Balogun baru berusia 19 tahun.

Balogun melakoni total enam penampilan sepanjang 2020/2021 dan mencetak dua gol. Debut Balogun di EPL pun tiba pada musim 2021/2022. Secara total, Balogun sudah bermain sepuluh kali bagi tim senior The Gunners.

Musim 2022/2023 ini, Balogun dipinjamkan ke Stade Reims di Ligue 1 Prancis. Ternyata, ia sukses tampil tajam, bahkan berpeluang merebut gelar top skor Ligue 1. Kemungkinan besar, Balogun bakal dipulangkan Arsenal musim depan dan diberi banyak kesempatan bermain.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Scorer Arsenal, Siapa Selanjutnya?

2. Miguel Azeez

5 Remaja Terakhir yang Melakoni Debut Bersama ArsenalMiguel Azeez (instagram.com/miguelazeez)

Ada pula Miguel Azeez, sosok gelandang asal Inggris binaan akademi Arsenal. Azeez debut bersama Arsenal senior di laga melawan Dundalk FC pada matchday keenam fase grup Europa League 2020/2021. Ia turun sebagai pengganti Joe Willock pada menit ke-83.

Penampilan Azeez itu terjadi saat ia baru berusia 18 tahun. Namun, momen itu masih menjadi satu-satunya penampilan Azeez bersama Arsenal. Setelah itu, ia dipinjamkan ke klub-klub lain, termasuk pengabdiannya untuk Wigan Athletic saat ini.

3. Ben Cottrell

5 Remaja Terakhir yang Melakoni Debut Bersama ArsenalBen Cottrell (instagram.com/bencottrell80)

Satu lagi pemain remaja yang debut bersama Arsenal pada musim 2020/2021. Ia adalah Ben Cottrell, gelandang asal Inggris kelahiran Oktober 2001. Debut Cottrell terjadi di laga yang sama dengan Miguel Azeez.

Seperti Azeez pula, Cottrell belum tampil lagi bersama tim senior Arsenal sejak saat itu. Namun, Cottrell tak lantas dipinjamkan ke klub lain. Saat ini, ia bermain untuk tim reserve Arsenal di Premier League 2.

4. Charlie Patino

5 Remaja Terakhir yang Melakoni Debut Bersama ArsenalCharlie Patino (instagram.com/charliepatino10)

Pemain remaja berikutnya yang debut bersama Arsenal adalah Charlie Patino. Ia adalah gelandang asal Inggris yang saat ini masih berusia 19 tahun. Patino menjalani debut saat Arsenal melawan Sunderland di perempat final Piala Liga 2021/2022.

Arsenal memenangi laga tersebut 5-1. Patino bahkan menjadi pencetak gol penutup The Gunners. Setelah itu, ia sempat tampil lagi di laga Piala FA pada musim yang sama. Saat ini, Patino sedang dipinjamkan Arsenal ke Blackpool yang tengah berjibaku di divisi Championship.

5. Ethan Nwaneri

5 Remaja Terakhir yang Melakoni Debut Bersama ArsenalEthan Nwaneri (arsenal.com)

Pada musim 2022/2023 ini, ada satu pemain remaja Arsenal yang ikut menjalani debut. Ia adalah Ethan Nwaneri, gelandang yang baru berusia 16 tahun. Debut Nwaneri bahkan terjadi di laga Premier League. Ia tampil saat Arsenal melawan Brentford pada pekan kedelapan.

Nwaneri memang hanya turun dalam 1 menit terakhir laga. Namun, penampilannya itu mencatat rekor. Pada usia yang baru menginjak 15 tahun 181 hari, Nwaneri praktis menjadi pemain termuda yang pernah tampil di Premier League.

Bersama Mikel Arteta, kemungkinan besar Arsenal bakal terus mengandalkan strategi penggunaan pemain muda. Para pemain remaja di tim akademi Arsenal pun boleh meninggikan harapan mampu tampil di kancah sepak bola elite bersama Arsenal-nya Mikel Arteta

Baca Juga: 5 Pemain Muda Arsenal yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Mikel Arteta

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya