Comscore Tracker

7 Anggota Skuad Spanyol di Piala Eropa 2008 yang Kini Masih Bermain

Ada yang masih membela klub besar!

Timnas Spanyol pernah mengalami masa keemasa pada tahun 2008–2012. Saat itu, La Furia Roja berhasil menjuarai Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012. Spanyol pun menjadi satu-satunya negara yang pernah menjuarai tiga turnamen mayor secara beruntun.

Skuad Spanyol pada Piala Eropa 2008 adalah para pahlawan yang mengawali rekor hebat tersebut. Saat ini, sebagian besar anggota skuad tersebut tentu sudah gantung sepatu. Namun, ternyata ada tujuh pemain di antaranya yang masih aktif bermain.

1. Andres Iniesta

7 Anggota Skuad Spanyol di Piala Eropa 2008 yang Kini Masih BermainAndres Iniesta berseragam Vissel Kobe (instagram.com/andresiniesta8)

Andres Iniesta adalah salah satu gelandang utama Spanyol di Piala Eropa 2008. Iniesta tampil sebagai starter dalam seluruh pertandingan Spanyol saat itu. Ia juga berhasil menyumbang masing-masing satu assist dalam laga fase grup dan semifinal, keduanya saat melawan Rusia.

Iniesta juga menjadi andalan Spanyol saat mereka juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Saat ini, Iniesta sudah pensiun dari timnas sejak 2018. Namun, ia masih aktif bermain di level klub bersama Vissel Kobe di Liga Jepang. Meski sudah berusia 38 tahun, Iniesta masih memiliki kontrak bersama Vissel Kobe hingga 2024.

2. Cesc Fabregas

7 Anggota Skuad Spanyol di Piala Eropa 2008 yang Kini Masih BermainCesc Fabregas bersama AS Monaco (europe-cities.com)

Francesc 'Cesc' Fabregas juga tampil dalam seluruh laga Spanyol di Piala Eropa 2008. Gelandang yang saat itu membela Arsenal ini juga sukses mencetak 1 gol dan 3 assists di sepanjang turnamen. Bersama Iniesta, Fabregas pun masuk ke dalam Team of the Tournament Piala Eropa 2008.

Seperti Iniesta, Fabregas juga saat ini sudah pensiun dari timnas tetapi masih bermain di level klub. Ia membela AS Monaco pada 2019–2022, tetapi sudah dipastikan akan hengkang pada Juli 2022. Sejauh ini, belum diketahui ke mana Fabregas akan melanjutkan kariernya.

3. Sergio Ramos

7 Anggota Skuad Spanyol di Piala Eropa 2008 yang Kini Masih BermainSergio Ramos berseragam PSG (instagram.com/sergioramos)

Lini belakang Spanyol di Piala Eropa 2008 diisi oleh beberapa nama top, salah satunya Sergio Ramos. Ramos sudah jadi andalan Spanyol sejak di Piala Dunia 2006. Ia pun tampil penuh dalam seluruh pertandingan Spanyol di Piala Eropa 2008, kecuali di laga fase grup melawan Yunani.

Ramos saat ini sudah berusia 36 tahun, tetapi ia masih bermain di salah satu klub besar yaitu Paris Saint-Germain. Bahkan, Ramos juga belum menyatakan pensiun dari timnas. Namun, ia memang sudah tak membela timnas sejak Maret 2021. Masihkah ada kesempatan bagi Ramos untuk dipanggil lagi oleh timnas?

Baca Juga: Belum 20 Tahun, 5 Pemain Ini Bakal Jadi Generasi Emas Spanyol

4. David Silva

7 Anggota Skuad Spanyol di Piala Eropa 2008 yang Kini Masih BermainDavid Silva berseragam Real Sociedad (instagram.com/david21lva)

Selanjutnya, ada David Silva, gelandang yang menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Manchester City. Silva adalah salah satu gelandang inti Spanyol di Piala Eropa 2008. Ia tampil 5 kali dan mencetak 1 gol serta 1 assist.

Silva sudah mengakhiri kariernya bersama Timnas Spanyol sejak 2018. Ia mencatat total 125 caps bersama timnas dengan 35 gol dan 32 assists. Saat ini, Silva tengah membela Real Sociedad di LaLiga. Ia bergabung sejak 2020 dan masih memiliki kontrak hingga 2023.

5. Santi Cazorla

7 Anggota Skuad Spanyol di Piala Eropa 2008 yang Kini Masih BermainSanti Cazorla berseragam Al Sadd (instagram.com/santicazorla)

Santi Cazorla juga menjadi bagian skuad Spanyol di Piala Eropa 2008. Ia tampil lima kali saat itu, tetapi sebagian besar sebagai pemain pengganti. Di partai final melawan Jerman pun Cazorla sempat tampil selama 24 menit.

Cazorla saat ini masih aktif bermain meski sudah berusia 37 tahun. Setelah lama berkarier di LaLiga, ia hijrah ke Qatar pada 2020 dan membela Al Sadd. Sejauh ini, Cazorla sudah meraih 6 trofi bareng Al Sadd, termasuk 2 trofi Liga Qatar.

6. Dani Guiza

7 Anggota Skuad Spanyol di Piala Eropa 2008 yang Kini Masih BermainDani Guiza berseragam Atletico Sanluqueno (instagram.com/daniguizaoficial)

Spanyol membawa empat striker di Piala Eropa 2008. David Villa dan Fernando Torres adalah striker utama, sementara Sergio Garcia dan Dani Guiza menjadi pelapis. Meski hanya jadi pelapis, Dani Guiza sempat tampil empat kali di Piala Eropa 2008. Bahkan, ia berhasil membuat 2 gol dan 1 assist.

Sayangnya, karier Guiza bersama timnas kemudian menurun sehingga ia pensiun pada 2010. Namun, ia masih tetap bermain di level klub hingga saat ini meski sudah berusia 41 tahun. Pada 2021/2022, Guiza membela klub Atletico Sanluqueno yang bermain di divisi ketiga Liga Spanyol.

7. Pepe Reina

7 Anggota Skuad Spanyol di Piala Eropa 2008 yang Kini Masih BermainPepe Reina berseragam Lazio (instagram.com/preinaofficial)

Satu lagi anggota skuad Timnas Spanyol di Piala Eropa 2008 yang kini masih aktif bermain adalah Pepe Reina. Reina adalah kiper yang membela Timnas Spanyol pada 2005–2017. Namun, ia hanya mencatat total 36 caps karena lebih sering menjadi kiper cadangan.

Di Piala Eropa 2008, Reina sempat tampil satu kali di laga terakhir fase grup melawan Yunani. Ia juga masuk skuad Spanyol di Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012, tetapi tidak bermain sekali pun. Saat ini, Reina masih aktif bermain membela Lazio di Serie A Italia sejak 2020.

 

Tujuh pemain Spanyol di atas turut membawa Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008. Itu adalah awal mula rekor fantastis mereka hingga Piala Eropa 2012.

Kualitas ketujuh pemain di atas pun terbukti dari awetnya karier mereka di level klub hingga saat ini. Siapa yang akan pensiun duluan di antara mereka nanti?

Baca Juga: Meski Tajam, 6 Pemain Ini Tak Pernah Raih Trofi bareng Timnas Spanyol

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya