Comscore Tracker

5 Striker Afrika yang Pernah Membela Barcelona, Tak Hanya Aubameyang

Ada yang menjadi legenda bersama Barca

Striker asal Afrika makin banyak mendapat tempat di klub-klub liga top Eropa. Kualitas mereka makin diakui karena memang terbukti di atas lapangan. Barcelona sebagai salah satu klub terbesar dunia pun kini memiliki striker asal Afrika, Pierre-Emerick Aubameyang.

Aubameyang sendiri bukanlah striker asal Afrika pertama yang pernah berseragam El Barca. Meski Barcelona tidak identik dengan pemain Afrika, mereka ternyata pernah memiliki beberapa penyerang dari Benua Hitam. Inilah lima striker Afrika yang pernah membela Barcelona

1. Samuel Eto'o

5 Striker Afrika yang Pernah Membela Barcelona, Tak Hanya AubameyangSamuel Eto'o berseragam Barcelona (skysports.com)

Barcelona pernah memiliki striker asal Afrika yang sangat sukses, bahkan sampai melegenda. Siapa lagi kalau bukan Samuel Eto'o.

Eto'o adalah striker asal Kamerun yang berseragam Barca selama 5 musim pada 2004—2009. Ia bermain dalam 301 laga di semua ajang dan mencetak 131 gol.

Jumlah itu membuat Eto'o masuk sepuluh besar pemain tertajam Barcelona sepanjang masa. Bahkan, ia tercatat sebagai pemain Afrika tertajam sepanjang sejarah LaLiga Spanyol.

Karier Eto'o bersama Barca juga dihiasi 8 trofi, termasuk 3 trofi LaLiga dan 2 Liga Champions. Ia pernah meraih gelar top scorer LaLiga pada 2005/2006. Oleh karena prestasinya yang luar biasa, Eto'o kerap dianggap sebagai salah satu pemain Afrika terbaik sepanjang masa.

2. Jean-Marie Dongou

5 Striker Afrika yang Pernah Membela Barcelona, Tak Hanya AubameyangJean-Marie Dongou berseragam Barcelona (skysports.com)

Barcelona pernah memiliki striker asal Kamerun bernama Jean-Marie Dongou. Ia menimba ilmu di akademi Barcelona selama 5 tahun sebelum promosi ke tim senior pada 2013. Namun, karier Dongou bersama Barca bak bumi dan langit jika dibanding dengan Eto'o.

Dongou lebih banyak membela tim reserve Barcelona yang bermain di divisi ketiga Liga Spanyol. Ia memang sempat diberi kesempatan membela tim utama Barca pada 2013/2014. Namun, ia hanya mencatat 3 penampilan dengan 1 gol. Dongou sudah meninggalkan Barca sejak 2016 lalu dan kini malang melintang bersama klub-klub kecil.

Baca Juga: 5 Pemain Afrika Terakhir yang Gabung Borussia Dortmund Sebelum Haller

3. Munir El Haddadi

5 Striker Afrika yang Pernah Membela Barcelona, Tak Hanya AubameyangMunir El Haddadi berseragam Barcelona (skysports.com)

Munir El Haddadi adalah striker asal Maroko yang saat ini membela Sevilla. Ia sempat berseragam Barcelona pada 2014—2018. Ia juga beberapa kali bermain untuk tim reserve Barcelona.

Bersama tim utama Barca, Munir mencatat 56 penamplan di semua ajang dengan torehan 12 gol dan 11 assists. Ia turut mengangkat 9 trofi, termasuk 2 trofi LaLiga dan 1 Liga Champions.

Munir meninggalkan Barca pada 2019 dan bergabung dengan Sevilla. Ia kini lebih banyak mendapat kesempatan bermain dan sudah meraih satu trofi Europa League.

4. Pierre-Emerick Aubayemang

5 Striker Afrika yang Pernah Membela Barcelona, Tak Hanya AubameyangPierre-Emerick Aubameyang (instagram.com/auba)

Saat ini, Barcelona juga memiliki penyerang asal Afrika. Pierre-Emerick Aubayemang adalah striker asal Gabon yang baru saja bergabung dengan Barca pada Februari 2022.

Auba direkrut Barca setelah membuktikan diri di Jerman bersama Borussia Dortmund dan di Inggris bersama Arsenal. Meski baru bergabung dengan Barca, Aubameyang langsung menunjukkan kualitasnya.

Selama setengah musim pada 2021/2022, Auba bermain 23 kali bagi Barcelona dan mencetak 13 gol. Ia bahkan sempat mencetak hattrick pada partai keempatnya bersama Barca. Musim depan, Auba diprediksi bakal lebih tajam.

5. Abdessamad Ezzalzouli

5 Striker Afrika yang Pernah Membela Barcelona, Tak Hanya AubameyangAbdessamad Ezzalzouli (instagram.com/ez.abde)

Tak banyak yang mengetahui bahwa selain Aubameyang, Barcelona memiliki penyerang lain asal Afrika saat ini. Ia adalah Abdessamad Ezzalzouli, pemain berusia 20 tahun yang berasal dari Maroko.

Ezzalzouli baru bergabung dengan Barca pada awal 2021/2022. Sejauh ini, ia lebih banyak bermain untuk tim reserve Barca.

Ezzalzouli ternyata juga sempat dipercaya membela tim senior Barcelona. Ia sudah mencatat dua belas penampilan sejauh ini, bahkan sempat tampil pada laga El Classico melawan Real Madrid di Piala Super Spanyol 2022. Pemain yang juga bisa berposisi sebagai winger ini berpotensi jadi andalan Barca pada masa depan.

Penyerang asal Afrika pernah jadi kunci kesuksesan Barcelona pada masa lalu. Saat ini, Barcelona memiliki dua penyerang asal Afrika yang berbeda generasi. Bisakah mereka mengangkat prestasi Barca yang meredup dalam beberapa musim terakhir?

Baca Juga: 5 Pemain Afrika dengan Gaji Tertinggi pada 2022, Mane Lampaui Salah!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya