5 Striker Top Inggris yang Tak Pernah Bermain di Piala Eropa

Padahal mereka sukses mencetak banyak gol bersama klubnya

Inggris adalah salah satu negara yang terkenal kuat di dunia sepak bola. Meski baru sekali meraih trofi mayor, Timnas Inggris senantiasa dianggap sebagai ancaman di setiap turnamen yang mereka ikuti. Itu disebabkan Inggris selalu memiliki pemain berkualitas dari masa ke masa, termasuk di era modern.

Banyak pemain hebat yang dimiliki Inggris yang berposisi sebagai penyerang. Namun, meski terbukti tajam, ternyata ada beberapa striker top Inggris yang tak pernah merasakan bermain di Piala Eropa. Inilah 5 striker top Inggris yang sepanjang kariernya tak pernah bermain di Piala Eropa.

1. Andy Cole

5 Striker Top Inggris yang Tak Pernah Bermain di Piala EropaAndy Cole semasa membela Manchester United (allforunited.com)

Penggemar Premier League, terutama fans Manchester United, pasti kenal betul Andy Cole. Cole adalah salah satu striker tertajam yang pernah dimiliki MU. Ia mencetak total 121 gol di semua ajang selama berkostum MU. Cole juga pernah membela 6 klub lain di Premier League dan total gol yang ia ciptakan di Premier League adalah 187 gol.

Namun, karier Cole bersama timnas tak seindah di level klub. Cole hanya pernah 15 kali tampil bersama timnas, mencetak 1 gol, dan tak pernah masuk skuad Inggris untuk Piala Eropa ataupun Piala Dunia. Setelah lagi-lagi tak dipanggil ke Piala Dunia 2002, Cole memutuskan pensiun dari timnas di usia 31 tahun.

2. Ian Wright

5 Striker Top Inggris yang Tak Pernah Bermain di Piala EropaIan Wright adalah striker legendaris Arsenal (shoot.co.uk)

Striker legendaris Arsenal, Ian Wright, ternyata juga mengalami nasib yang mirip dengan Cole. Wright begitu tajam selama membela The Gunners. Ia mencetak 152 gol selama 7 musim membela Arsenal sejak 1991 hingga 1998. Ia juga turut membawa Arsenal meraih 5 trofi, termasuk 1 Premier League dan 1 Piala Winners.

Sayangnya, hal itu tampaknya belum cukup untuk membuat Wright mendapat banyak caps bersama Timnas Inggris. Ia hanya tampil 32 kali dan menyumbang 9 gol serta tak pernah masuk skuad untuk Piala Dunia dan Piala Eropa. Bahkan, Wright tak dipanggil ke Piala Eropa 1992, padahal ia sukses jadi top skor Liga Inggris musim 1991/92 dengan 29 gol. Miris!

Baca Juga: Disia-siakan Arsenal, 5 Pemain Aktif Ini Sukses Bersinar di Klub Lain

3. Les Ferdinand

5 Striker Top Inggris yang Tak Pernah Bermain di Piala EropaLes Ferdinand jarang dipanggil timnas meski tajam di Premier League. (caughtoffside.com)

Ada pula Les Ferdinand, striker top Inggris yang populer kala membela Totteham Hotspur sejak 1997 hingga 2003. Selain itu, Ferdinand juga tampil tajam bersama Queens Park Rangers dan Newcastle United. Secara total, Ferdinand mencetak 149 gol di Premier League sehingga berada di urutan ke-11 top skor Premier League sepanjang masa.

Namun, Ferdinand pun tak cukup beruntung dalam hal caps bersama timnas. Ia hanya pernah 17 kali bermain bagi Inggris dan mencetak 5 gol. Ferdinand sebenarnya lebih beruntung dari Andy Cole dan Ian Wright karena ia pernah Piala Eropa 1996 dan Piala Dunia 1998. Namun, ia tak bermain di kedua turnamen tersebut karena hanya jadi cadangan hingga akhir.

4. Kevin Phillips

5 Striker Top Inggris yang Tak Pernah Bermain di Piala EropaKevin Phillips tajam di Premier League meski hanya membela tim-tim kecil (planetfootball.com)

Kevin Phillips juga adalah striker top Inggris yang ketajamannya tak perlu diragukan. Ia memang hanya pernah membela tim-tim semenjana di sepanjang kariernya, tetapi itu justru semakin membuat ketajamannya menakjubkan. Phillips mencetak 93 gol di Premier League dengan membela tim-tim macam Sunderland, Southampton, Birmingham City, dan Aston Villa.

Phillips bahkan pernah mencatat prestasi luar biasa pada musim 1999/00, yaitu menjadi top skor sekaligus pemain terbaik Premier League. Padahal, itu adalah musim debutnya di Premier League karena sebelumnya ia hanya tampil di divisi bawah.

Namun sayang, karena Phillips tak pernah membela klub besar, ia pun jadi tak banyak dapat kesempatan bermain di Timnas Inggris. Phillips hanya mencatat 8 caps sepanjang kariernya dan tak pernah tampil di turnamen mayor. Meski masuk skuad Inggris di Piala Eropa 2000, ia hanya jadi cadangan sepanjang turnamen.

5. Peter Crouch

5 Striker Top Inggris yang Tak Pernah Bermain di Piala EropaPeter Crouch sering main di timnas tapi tak pernah tampil di Piala Eropa (planetfootball.com)

Terakhir ada Peter Crouch, striker jangkung Inggris yang terkenal jago dalam duel bola atas. Crouch pernah membela cukup banyak klub di sepanjang kariernya, termasuk Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Stoke City. Karier Crouch di timnas pun cukup bagus. Ia mencatat 42 caps bersama Timnas Inggris dan mencetak 22 gol.

Crouch bahkan pernah tampil di dua edisi Piala Dunia, yaitu Piala Dunia 2006 dan 2010. Namun, uniknya ia justru tak pernah tampil di Piala Eropa. Bukan karena ia tak tampil bagus, tapi karena Timnas Inggris tak lolos ke Piala Eropa 2008. Di Piala Eropa 2012, Crouch tidak masuk skuad sudah keburu pensiun dari timnas.

 

Itulah 5 striker top Inggris yang tidak pernah bermain di Piala Eropa. Karena sejumlah alasan, pemain yang sebenarnya berkualitas memang terkadang tak dapat kesempatan bermain di turnamen sebesar Piala Eropa. Sayang sekali, ya!

Baca Juga: 5 Pemain asal Inggris yang Kariernya Bersinar di Luar Inggris

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya