Comscore Tracker

5 Striker Premier League dengan Assist Terbanyak Musim Ini

Ada pula dua pemain Tottenham Hotspur!

Premier League Inggris musim 2020-21 akhirnya usai. Setiap klub telah menyelesaikan 38 pertandingan, dan Manchester City keluar sebagai juara setelah mengumpulkan poin terbanyak.

Sementara di daftar top skor, Harry jadi yang tertajam berkat koleksi 23 gol sepanjang musim ini. Namun tak hanya daftar pencetak gol, daftar pembuat assist terbanyak pun menarik untuk disimak.

Dari daftar tersebut, ternyata ada nama sejumlah penyerang yang sukses menciptakan banyak assists. Dilansir situs resmi Premier League, berikut ini 5 striker Premier League dengan jumlah assists terbanyak musim ini.

1. Harry Kane (14 assist) 

5 Striker Premier League dengan Assist Terbanyak Musim IniHarry Kane (goal.com)

Posisi teratas daftar assists terbanyak musim ini ternyata juga ditempati oleh Harry Kane. Selain membuat 23 gol, penyerang asal Inggris ini berhasil menciptakan 14 assists di Premier League musim ini. Dengan demikian, secara total Kane terlibat dalam 37 gol Spurs di Premier League.

Jumlah itu setara dengan 54 persen gol Tottenham di Premier League musim ini. Melihat kontribusi yang begitu besar seperti itu, Spurs pasti akan sangat kehilangan Kane jika ia hengkang pada bursa transfer musim panas ini seperti yang diberitakan. Sedangkan bagi klub yang nanti mendapatkannya, Kane akan jadi aset yang luar biasa di lini depan.

2. Heung Min Son (10 assists)

5 Striker Premier League dengan Assist Terbanyak Musim IniHeung Min Son (goal.com)

Rekan duet Kane di lini depan, Heung Min Son, ternyata merupakan striker dengan assists terbanyak kedua di Premier League musim ini dengan 10 assists. Musim ini memang adalah musim paling produktif bagi Son di Premier League, dengan 17 gol dan 10 assists. Namun sebenarnya jumlah assists terbanyak ia buat pada musim lalu, yaitu 11 assist.

Penyerang asal Korea Selatan ini pun menegaskan statusnya sebagai salah satu pemain Asia terbaik yang pernah bermain di Premier League. Hanya saja, Son mungkin akan kehilangan partnernya di lini depan jika Kane sungguh hengkang. Son sendiri masih memiliki kontrak hingga 2023 dan kemungkinan besar akan tetap bertahan di Spurs musim depan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Gagal Tampil Apik pada Musim Debutnya di Premier League

3. Jamie Vardy (9 assists)

5 Striker Premier League dengan Assist Terbanyak Musim IniJamie Vardy (premierleague.com)

Berikutnya ada Jamie Vardy, striker Leicester City yang berhasil membuat 9 assists untuk melengkapi koleksi 15 golnya di Premier League musim ini. Sudah berusia 34 tahun, Vardy membuktikan bahwa umur tidak membatasi kontribusinya di lapangan.

Bahkan di ajang Piala FA, ia turut membawa Leicester jadi juara untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Namun sayang, Vardy sendiri gagal membawa Leicester finis di empat besar Premier League dan lolos ke Liga Champions.

Di pekan terakhir, The Foxes kalah dari Tottenham sehingga harus puas duduk di peringkat kelima. Namun setidaknya Leicester masih bisa berlaga di Eropa musim depan, tepatnya di Europa League.

4. Marcus Rashford (9 assists)

5 Striker Premier League dengan Assist Terbanyak Musim IniMarcus Rashford (planetfootball.com)

Striker Manchester United, Marcus Rashford, berada di urutan selanjutnya dengan sumbangsih 9 assists di Premier League musim ini. Soal gol, torehan Rashford di liga memang tak terlalu istimewa, yaitu 11 gol. Namun sedikit banyak itu disebabkan karena ia lebih sering beroperasi dari sisi sayap musim ini.

Torehan 9 assists juga sekaligus membantah cap egois yang sering dilekatkan padanya gara-gara ia kerap berlama-lama memegang bola. Namun sayang, kontribusi Rashford masih belum mampu membawa MU mengakhiri puasa trofi Premier League sejak 2012/13.

5. Timo Werner (8 assists)

5 Striker Premier League dengan Assist Terbanyak Musim IniTimo Werner (goal.com)

Dan di urutan kelima ada nama yang mungkin mengejutkan buatmu, yaitu Timo Werner. Ya, siapa bilang Werner adalah pembelian gagal Chelsea musim ini, karena buktinya ia berhasil membuat 8 assist di Premier League. Meski hanya mencetak 6 gol di liga, tapi setidaknya Werner turut membantu rekan-rekannya mencetak gol hingga The Blues finis di empat besar.

Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa Werner kerap bermasalah dengan penyelesaian akhir pada musim ini. Berkali-kali ia gagal menyelesaikan peluang emas yang seharusnya mudah dieksekusi penyerang kelas dunia. Musim depan, fans The Blues pasti berharap Werner bisa lebih tajam supaya Chelsea bisa kembali bersaing memenangi trofi Premier League.

 

Itulah 5 penyerang Premier League yang berhasil mencatat assist terbanyak di Premier League musim ini. Gimana, apakah penyerang favoritmu masuk daftar ini?

Baca Juga: 10 Pemain yang Sukses Jadi Juara pada Musim Debutnya di Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya