Comscore Tracker

6 Striker Top yang Pernah Membela AS Monaco di Awal Kariernya

Mulai dari Thierry Henry hingga Kylian Mbappe

AS Monaco adalah klub Prancis yang prestasinya kerap naik turun dalam beberapa dekade terakhir. Mereka pernah menjadi juara Ligue 1, tetapi pernah juga mengakhiri musim di papan bawah, bahkan terdegradasi. Namun, satu hal yang bertahan sejak dulu adalah bahwa Monaco kerap dibela pemain-pemain berkelas dunia.

Beberapa nama pemain top bahkan mulai terangkat saat membela AS Monaco. Memang, tak semua pemain top tersebut merupakan lulusan asli akademi Monaco. Tetapi, yang jelas mereka sempat bermain di Monaco pada awal kariernya.

Inilah enam nama striker top dunia yang pernah membela AS Monaco di awal karier mereka.

1. Thierry Henry

6 Striker Top yang Pernah Membela AS Monaco di Awal Kariernyapotret Thierry Henry berseragam AS Monaco (asmonaco.com)

Pertama ada nama Thierry Henry yang merupakan produk asli akademi AS Monaco. Henry lulus dari akademi dan masuk tim senior Monaco pada 1994. Ia lalu membela Monaco selama lima musim. Statistiknya selama membela Monaco adalah 28 gol dalam 139 penampilan di semua ajang. Henry juga turut memenangi Ligue 1 1996/1997 bersama Monaco.

Kebetulan, Henry sempat dilatih oleh Arsene Wenger saat baru mulai membela Monaco. Wenger yang kepincut bakat Henry pun memboyongnya kala menjadi pelatih Arsenal pada 1999. Dari situlah karier Henry mengalami peningkatan signfikan hingga akhirnya menjadi salah satu striker terbaik dunia pada masanya.

2. David Trezeguet

6 Striker Top yang Pernah Membela AS Monaco di Awal Kariernyapotret David Trezeguet berseragam AS Monaco (asmonaco.com)

Striker yang satu ini sempat main bareng Henry di AS Monaco selama sekitar empat musim. David Trezeguet lahir di Prancis, tetapi dibesarkan di Argentina. Ia sendiri mengawali kariernya di Argentina bersama Platenese. Hanya semusim di Platenese, Trezeguet kembali ke Prancis dan bergabung dengan AS Monaco pada 1995.

Trezeguet tampil tajam selama lima musim membela Monaco. Ia mencetak 62 gol, serta membantu Monaco meraih dua trofi Ligue 1. Setelah itu, Trezeguet bergabung dengan Juventus selama 10 musim dan meraih banyak prestasi. Hingga kini, nama Trezeguet pun lebih banyak dikenal sebagai legenda Juventus.

Baca Juga: 11 Pemain Inti AS Monaco saat Juara Ligue 1 2016/17, di Mana Sekarang?

3. Emmanuel Adebayor

6 Striker Top yang Pernah Membela AS Monaco di Awal Kariernyapotret Emmanuel Adebayor berseragam AS Monaco (asmonaco.com)

Tak hanya pemain Prancis, beberapa striker top asal Afrika juga pernah bermain di AS Monaco pada awal kariernya. Salah satunya adalah Emmanuel Adebayor. Adebayor mengawali kariernya dengan membela FC Metz, lalu pindah ke AS Monaco pada 2003 hingga 2006.

Striker asal Togo ini mencetak 26 gol dalam 115 laga bersama Monaco. Baru setelah itu, ia dibeli oleh Arsenal hingga namanya makin mendunia. Adebayor juga pernah membela klub-klub besar lain dalam kariernya, seperti Manchester City dan Real Madrid. Kini, Adebayor sudah pensiun setelah terakhir kali bermain di Liga Paraguay.

4. Pierre-Emerick Aubameyang

6 Striker Top yang Pernah Membela AS Monaco di Awal Kariernyapotret Pierre-Emerick Aubameyang (kiri) berseragam AS Monaco (twitter.com/championsleague)

Ada pula nama Pierre-Emerick Aubameyang, striker asal Gabon yang pernah bersinar di Borussia Dortmund dan kini membela Arsenal. Tak banyak yang tahu bahwa Aubameyang ternyata adalah lulusan akademi AC Milan. Sayangnya, ia tak dapat banyak kesempatan saat tampil bersama Rossoneri dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Salah satu klub yang sempat dibela Auba sebagai pemain pinjaman adalah AS Monaco. Auba sendiri gagal tampil tajam selama membela Monaco. Ia baru bersinar setelah pindah ke Saint-Etienne hingga akhirnya menarik minat Borussia Dortmund.

5. Anthony Martial

6 Striker Top yang Pernah Membela AS Monaco di Awal Kariernyapotret Anthony Martial berseragam AS Monaco (skysports.com)

Anthony Martial sendiri sebenarnya adalah lulusan akademi Olympique Lyon. Namun, ia hanya sempat membela Lyon semusim saja sebelum diboyong AS Monaco. Bersama Monaco, sebenarnya ketajaman Martial tak terlalu menonjol. Ia hanya membuat 15 gol dan 8 assist dalam 70 penampilan di semua ajang.

Ternyata, statistik itu cukup untuk membuat Manchester United tertarik mendatangkan Martial pada tahun 2015 saat usianya masih 19 tahun. Martial pun sukses menjelma menjadi salah satu andalan MU di lini depan dalam beberapa musim pertamanya. Sayangnya, kini performa Martial cenderung menurun. Ia kerap dikabarkan bakal segera hengkang dari Manchester United.

6. Kylian Mbappe

6 Striker Top yang Pernah Membela AS Monaco di Awal Kariernyapotret Kylian Mbappe berseragam AS Monaco (instagram.com/k.mbappe)

Terakhir ada nama Kylian Mbappe yang memang merupakan lulusan akademi AS Monaco. Mbappe terkenal punya bakat alami yang luar biasa. Ia bahkan sudah bermain untuk tim senior Monaco sejak usianya belum genap 17 tahun. Mbappe membela Monaco selama dua musim dengan catatan 27 gol dan 16 assist dalam 60 pertandingan di semua ajang.

Saat Monaco menjuarai Ligue 1 2016/2017, Mbappe juga punya peran vital karena mencetak 15 gol di liga. Sejak 2017 Mbappe membela Paris Saint-Germain. Sejauh ini ia sudah membuat 150 gol serta 76 assist bagi PSG. Kontrak Mbappe sendiri bakal segera habis dalam waktu dekat. Namanya kian gencar dikabarkan bakal merapat ke Real Madrid.

Sederet striker top yang pernah membela AS Monaco tersebut memang makin membuktikan kualitas mereka pasca hengkang dari sana. Meski begitu, mereka pantas berterima kasih kepada AS Monaco yang turut membuat karier mereka menanjak.

Baca Juga: Wonderkid AS Monaco Lagi-Lagi Curi Perhatian Klub Top Eropa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya