Comscore Tracker

8 Striker Top yang Pernah Membela Chelsea dan AC Milan, Giroud Terbaru

Tidak semuanya sukses bersama kedua klub

Olivier Giroud baru saja resmi pindah dari Chelsea ke AC Milan. Striker Prancis tersebut sebenarnya sudah menandatangani kontrak baru bersama Chelsea selama setahun, namun tak lama kemudian Milan mendatangkannya ke San Siro. Kini pertanyaan pun mencuat soal apakah Giroud bisa sukses di klub Italia tersebut.

Jika menengok ke masa lalu, Giroud bukanlah nama pertama striker top yang pernah membela Chelsea dan Milan. Ada sejumlah nama yang sudah pernah melakukannya, dan beberapa berhasil sukses di kedua klub namun ada juga yang terbilang gagal. Termasuk Giroud, inilah 8 striker top yang pernah membela Chelsea dan AC Milan.

1. Andriy Shevchenko

8 Striker Top yang Pernah Membela Chelsea dan AC Milan, Giroud TerbaruAndriy Shevchenko (footballtransfers.com)

Yang pertama tentu Andriy Shevchenko, striker legendaris Ukraina yang meraih sukses luar biasa bersama AC Milan. Shevchenko membela Milan selama 7 musim dari 1999 hingga 2006. Selama itu, Shevchenko bermain 322 kali di semua ajang dan mencetak 175 gol. Ia juga meraih hampir segalanya di Milan, termasuk Liga Champions dan bahkan Ballon d'Or.

Pada 2006 Shevchenko hengkang dari Milan dan bergabung dengan Chelsea. Ia membela The Blues selama 3 musim dan berhasil meraih 2 trofi. Namun masa-masa Shevchenko di Chelsea sebenarnya terbilang kurang sukses karena ketajamannya jauh menurun. Bahkan di musim terakhirnya ia sempat dipinjamkan kembali ke Milan karena jarang bermain.

2. George Weah

8 Striker Top yang Pernah Membela Chelsea dan AC Milan, Giroud TerbaruGeorge Weah (goal.com)

Sebelum Shevchenko, ada George Weah, striker legendaris yang juga pernah meraih Ballon d'Or di AC Milan. Weah pun masih jadi satu-satunya pemain Afrika yang pernah meraih Ballon d'Or. Weah berseragam Milan selama 5 musim dari 1995 hingga 2000, dan ia sempat meraih 2 Scudetto bersama Milan.

Selama setengah musim terakhirnya di Milan, Weah dipinjamkan ke Chelsea. Meski singkat, masa-masa Weah bersama The Blues terbilang cukup sukses. Ia mencetak 5 gol dalam 15 laga dan turut membawa Chelsea meraih Piala FA. Weah sendiri pensiun pada 2003, lalu ia banting stir ke dunia politik dan kini menjadi Presiden Liberia.

3. Ruud Gullit

8 Striker Top yang Pernah Membela Chelsea dan AC Milan, Giroud TerbaruRuud Gullit (thesun.co.uk)

Ruud Gullit juga terbilang cukup sukses dalam membela AC Milan dan Chelsea. Penyerang versatile asal Belanda ini lebih dulu membela Milan dari 1987 hingga 1994. Ia bermain dalam 171 laga di semua ajang dan mencetak 56 gol serta 40 assist. Sama seperti Shevchenko dan Weah pula, Gullit sukses meraih Ballon d'Or saat membela Milan.

Gullit baru membela Chelsea di penghujung kariernya pada 1995 hingga 1998. Ia bahkan sempat menjadi player-manager dari tahun 1996, bahkan sukses membawa Chelsea juara Piala FA. Plus, ia juga dinyatakan sebagai pemain terbaik Chelsea pada tahun 1996.

4. Alexandre Pato

8 Striker Top yang Pernah Membela Chelsea dan AC Milan, Giroud TerbaruAlexandre Pato (sempremilan.com)

Tak semua striker top yang pernah membela Milan dan Chelsea sukses di kedua klub. Contohnya adalah Alexandre Pato, striker asal Brasil yang bersinar sewaktu membela Milan. Pato bergabung dengan Milan pada usia 18 tahun, dan namanya mencuat sebagai striker muda potensial. Setidaknya dalam 3 musim pertamanya ia sukes menunjukkan sinarnya di Milan.

Namun setelah itu Pato mulai sering cedera, dan itu membuat performanya menurun drastis. Ia lalu pulang ke Brasil dan membela Corinthians, dan sempat dipinjamkan ke Chelsea selama setengah musim. Namun Pato hanya tampil 2 kali saja di Chelsea. Saat ini, Pato masih aktif bermain di MLS Amerika Serikat dengan membela Orlando City.

5. Gonzalo Higuain 

8 Striker Top yang Pernah Membela Chelsea dan AC Milan, Giroud TerbaruGonzalo Higuain (goal.com)

Sementara Gonzalo Higuain pernah membela Milan dan Chelsea, namun keduanya hanya dengan status pinjaman dari Juventus. Striker yang pernah bersinar dengan Real Madrid dan Napoli ini juga terbilang tak sukses bersama kedua klub. Di Milan, ia tampil 22 kali dan mencetak 8 gol. Sementara di Chelsea ia malah hanya membuat 5 gol dari 18 laga.

Namun setidaknya Higuain turut meraih 1 trofi di Chelsea, yaitu Europa League 2018/19. Striker asal Argentina ini selesai membela Juventus pada 2020, dan setelah itu namanya nyaris tak terdengar lagi. Seperti Pato, saat ini Higuain juga tengah bermain di MLS bersama klub Inter Miami.

6. Hernan Crespo

8 Striker Top yang Pernah Membela Chelsea dan AC Milan, Giroud TerbaruHernan Crespo (goal.com)

Berbeda dengan kelima pemain di atas, Hernan Crespo lebih dulu membela Chelsea daripada Milan. Crespo dibeli Chelsea pada 2003 dari Inter Milan, dan striker top Argentina ini digadang-gadang bakal jadi andalan The Blues. Namun ternyata Crespo malah jarang dapat kesempatan bermain.

Padahal sebenarnya statistik Crespo di Chelsea tak terlalu buruk, yaitu 25 gol dalam 73 penampilan. Karena jarang bermain, Crespo pun sempat dua kali dipinjamkan ke klub lain, salah satunya ke AC Milan selama semusim. Crespo tampil cukup bagus dan mencetak 17 gol dari 40 laga, meski akhirnya tak dipermanenkan Milan karena ia kembali ke Chelsea.

7. Fernando Torres

8 Striker Top yang Pernah Membela Chelsea dan AC Milan, Giroud TerbaruFernando Torres (thetimes.co.uk)

Striker yang satu ini pun lebih dulu membela Chelsea daripada Milan. Namun ia bisa dibilang tampil buruk di kedua klub, khususnya bersama Chelsea. Didatangkan dengan harga mahal dari Liverpool, entah kenapa Torres tak bisa menemukan ketajamannya selama membela Chelsea.

Torres tampil 172 kali selama 3 musim di Chelsea, tapi hanya mencetak 45 gol saja. Tapi beruntung, Torres bisa meraih trofi Liga Champions dan Piala FA di Chelsea. Di musim terakhirnya bersama The Blues, Torres dipinjamkan ke Milan selama setengah musim, namun hanya tampil 10 kali dan mencetak 1 gol.

8. Olivier Giroud

8 Striker Top yang Pernah Membela Chelsea dan AC Milan, Giroud TerbaruOlivier Giroud (sempremilan.com)

Olivier Giroud jadi nama teranyar striker top yang pernah membela Chelsea dan Milan. Pemain asal Prancis itu sudah resmi berlabuh di Milan dengan nilai transfer sekitar 1 juta euro atau Rp17 miliar. Ia dikontrak selama 2 tahun dengan opsi perpanjangan setahun.

Giroud pun akhirnya meninggalkan Chelsea setelah mengabdi sejak 2018. Selama 3 musim, Giroud sukses mencetak 39 gol dan 14 assist dalam 119 laga. Meski lebih sering jadi pelapis, Giroud sering membuktikan bahwa dirinya pun bisa diandalkan. Bahkan ia turut berkontribusi membawa Chelsea meraih 3 trofi, termasuk Liga Champions musim lalu.

Itulah 8 striker top yang pernah membela Chelsea dan AC Milan. Sebagai nama tebaru, menurutmu apakah Olivier Giroud bisa sukses di AC Milan?

Baca Juga: Gabung AC Milan, Giroud Pakai Nomor Terkutuk

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya