Comscore Tracker

6 Pemain Aktif yang Jadi Top Skor Sepanjang Masa Klub Besar Eropa  

Dari Messi di Barcelona hingga Mertens di Napoli

Menjadi top skor alias pencetak gol terbanyak adalah sebuah kebanggaan luar biasa bagi seorang pemain. Apalagi jika bisa menjadi top skor sepanjang masa sebuah klub besar Eropa. Pasti nama sang pemain akan tercatat sebagai salah satu legenda klub tersebut dan dikenang hingga bertahun-tahun ke depan.

Beberapa klub besar Eropa punya pencetak gol terbanyak yang kini sudah pensiun. Tapi ternyata ada pula beberapa pemain aktif yang tercatat sebagai top skor sepanjang masa klub besar Eropa. Sebagian masih bermain di klub tersebut, sebagian lagi telah pindah. Inilah 6 pemain yang punya catatan gemilang tersebut.

1. Lionel Messi, top skor sepanjang masa Barcelona 

6 Pemain Aktif yang Jadi Top Skor Sepanjang Masa Klub Besar Eropa  si.com

Pertama tentu ada Lionel Messi, sang top skor sepanjang masa Barcelona. Dilansir laman Transfermarkt, jumlah gol Messi untuk Barca di semua ajang berjumlah 633 gol dalam 729 pertandingan. Rekor tersebut sepertinya akan bertahan sangat lama karena pesaing terdekat Messi yang masih aktif adalah Luis Suarez, yang "baru" mencetak 196 gol.

Bahkan tak hanya di Barcelona, Messi juga tercatat sebagai top skor sepanjang masa La Liga Spanyol dengan 444 gol dari 485 laga. Jika Messi terus bertahan di Barcelona, hampir bisa dipastikan ia akan terus mempertajam rekor-rekor golnya yang ajaib tersebut.

2. Cristiano Ronaldo, top skor sepanjang masa Real Madrid 

6 Pemain Aktif yang Jadi Top Skor Sepanjang Masa Klub Besar Eropa  as.com

Seolah tak pernah mau kalah dari Messi, Cristiano Ronaldo pun tercatat sebagai top skor sepanjang masa salah satu klub terbesar Eropa yaitu Real Madrid. Jumlah gol yang Ronaldo jebloskan bagi Los Blancos adalah 450 gol. Hebatnya, jumlah itu ia capai dalam jumlah pertandingan yang lebih sedikit, yaitu 438 pertandingan!

Karena sudah pindah ke Juventus, kemungkinan besar Ronaldo gak akan menambah lagi catatan golnya untuk Madrid. Namun tetap saja rekor tersebut kemungkinan besar akan tetap bertahan lama karena pesaing terdekat CR7 adalah Karim Benzema yang saat ini berada di angka 248 gol untuk Real Madrid.

3. Wayne Rooney, top skor sepanjang masa Manchester United 

6 Pemain Aktif yang Jadi Top Skor Sepanjang Masa Klub Besar Eropa  goal.com

Beralih ke Inggris, ada nama Wayne Rooney sebagai top skor sepanjang masa bagi Manchester United dengan torehan 253 gol dalam 559 laga. Meski sudah pindah ke Derby County, rekor Rooney juga tampaknya masih akan awet cukup lama karena pesaing terdekatnya yang masih aktif adalah Anthony Martial yang baru menceploskan 70 gol untuk Setan Merah.

Baca Juga: Rooney Sukses Mengantarkan Derby County Maju ke Babak 4 Piala Inggris

4. Sergio Aguero, top skor sepanjang masa Manchester City 

6 Pemain Aktif yang Jadi Top Skor Sepanjang Masa Klub Besar Eropa  goal.com

Tetangga MU, Manchester City pun memiliki sosok pencetak gol terbanyak dalam diri pemain yang masih aktif, yaitu Sergio Aguero. Striker asal Argentina itu mengoleksi 254 gol dalam 370 laga di semua ajang untuk City. Saingan terdekat Aguero adalah Raheem Sterling yang sudah mengoleksi 99 gol untuk The Citizens.

5. Edinson Cavani, top skor sepanjang masa Paris Saint-Germain 

6 Pemain Aktif yang Jadi Top Skor Sepanjang Masa Klub Besar Eropa  sportsnet.ca

Selain Manchester City, klub Eropa lain yang terkenal sebagai "klub kaya baru" adalah Paris Saint-Germain. Tak heran jika top skor sepanjang masa mereka pun masih aktif bermain yaitu Edinson Cavani. Cavani yang saat ini masih belum berlabuh ke klub baru mencatatkan 200 gol dalam 301 laga bagi Les Parisiens.

6. Dries Mertens, top skor sepanjang masa Napoli 

6 Pemain Aktif yang Jadi Top Skor Sepanjang Masa Klub Besar Eropa  uefa.com

Mungkin mengejutkan bahwa nama yang tercatat sebagai top skor sepanjang masa Napoli adalah Dries Mertens, seorang pemain asal Belgia. Padahal Napoli pernah dibela striker-striker jempolan macam Edinson Cavani, Gonzalo Higuain, hingga Diego Maradona.

Tapi nyatanya memang Mertens-lah yang berada di puncak top skor sepanjang masa Napoli dengan 125 gol dari 321 pertandingan di semua ajang. Hal itu sebenarnya masuk akal karena Mertens, sudah membela Napoli selama 7 musim. Pesaing terdekat Mertens yang masih aktif bermain adalah Lorenzo Insigne yang sudah mengoleksi 89 gol.

Itulah 6 pemain aktif yang tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub-klub besar Eropa. Kalau menurutmu, mungkinkah catatan gol mereka suatu saat akan terpecahkan?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya