10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!

Sebagian besar berasal dari Italia 

Liga Italia Serie A adalah satu dari 3 liga yang sering dianggap terbaik di Eropa, bahkan dunia. Hal itu karena di liga ini terdapat tim-tim besar yang diperkuat pemain-pemain kelas dunia. Meski pamornya sempat menurun, namun tidak bisa dipungkiri bahwa Liga Italia tetap salah satu liga terbaik dan terpopuler.

Nah, tahukah kamu siapa saja pemain yang tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di Serie A? Inilah daftar 10 nama teratas, yang diisi pemain-pemain legendaris di dunia sepakbola. Check them out.

10. Alessandro Del Piero (188 gol) 

10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!skysports.com

Para fans Juventus pasti ingat pada legendanya ini. Bagaimana tidak, Del Piero adalah top skor sepanjang masa Si Nyonya Tua dengan koleksi 290 gol. Namun di daftar top skor Serie A, ia "hanya" duduk di posisi ke-10 dengan catatan 188 gol. Jumlah itu ia dapatkan dalam 478 laga selama 9 musim berkarier membela Juve.

9. Giuseppe Signori (189 gol) 

10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!gentlemanultra.com

Berikutnya ada Giuseppe Signori yang terkenal sebagai legenda Lazio dan Bologna pada era 90an. Sebagai striker, Signori sebenarnya gak punya postur mumpuni, tapi ia menutupi kekurangan itu dengan kecepatan dan akurasi tembakannya. Total 189 gol ia koleksi di Serie A, dimana lebih dari setengahnya ia cetak dalam balutan kostum Lazio.

8. Alberto Gilardino (189 gol) 

10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!goal.com

Dengan jumlah gol sama-sama 189, Alberto Gilardino adalah nama selanjutnya yang masuk 10 besar. Pemain kelahiran 1982 ini membela 12 klub sepanjang kariernya, termasuk Parma, Milan, dan Fiorentina. Klub terakhir adalah tempat performanya paling melejit, dengan catatan 63 gol dalam 157 laga di semua kompetisi.

7. Roberto Baggio (208 gol) 

10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!planetfootball.com

Salah satu pemain paling ikonik dalam sejarah sepakbola Italia. Terkenal dengan rambut panjang dikuncir yang jadi ciri khasnya. Baggio pernah bermain untuk tiga klub terbesar Italia yaitu Juventus, AC Milan, dan Inter Milan. Secata total Baggio menghabiskan 19 musim bermain di Serie A dan mengoleksi 208 gol dalam 456 pertandingan.

6. Antonio Di Natale (210 gol) 

10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!bleacherreport.net

Di posisi keenam, duduk Antonio Di Natale yang baru pensiun pada 2016 lalu. Mengawali karier di Empoli, Di Natale kini lebih dikenal sebagai legenda hidup Udinese. Selama 12 tahun ia membela klub berseragam putih hitam itu dengan setia. Meski gak pernah meraih trofi, Di Natale boleh berbangga karena sukses mengoleksi 210 gol dan 3 kali menjadi top skor Serie A.

Baca Juga: 6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!

5. Jose Altafini (211 gol) 

10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!milanlegends.com

Hanya berselisih 1 gol, ada nama Jose Altafini di urutan kelima. Pemain yang juga dikenal dengan nama Mazzola ini adalah campuran Brasil-Italia, dan ia pernah membela tim nasional kedua negara tersebut. Di Serie A sendiri Mazzola pernah membela AC Milan, Napoli, dan Juventus, dengan total 211 gol dalam 455 pertandingan.

4. Giuseppe Meazza (214 gol) 

10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!footballmemories.net

Namanya terdengar familiar? Wajar karena nama Giuseppe Meazza dipakai untuk nama stadion yang dipakai AC Milan dan Inter Milan. Meazza memang pernah bermain untuk kedua klub tersebut, namun khususnya ia terkenal sebagai legenda Inter karena pernah 14 musim bermain untuk Nerazzuri.

Meazza sebenarnya punya postur yang kurang ideal untuk ukuran striker. Tingginya hanya 169 cm, tapi ia justru terkenal jago dalam duel udara karena punya lompatan yang tinggi. Total gol yang ia buat di Serie A adalah 214 gol dalam 367 laga, sedangkan trofi yang pernah ia raih mencakup 3 Scudetto, 1 Copa Italia, dan 2 Piala Dunia bersama Italia.

3. Gunnar Nordahl (224 gol) 

10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!fifa.com

Masuk ke 3 besar, ada nama legenda AC Milan, Gunnar Nordahl. Berasal dari Swedia, Nordahl adalah satu-satunya pemain dalam daftar ini yang gak punya darah Italia. Sembilan musim ia habiskan di Serie A bersama AC Milan dan AS Roma, dengan catatan 224 gol dalam 291 laga. Ia juga pernah 5 kali menyabet gelar top skor Serie A.

2. Francesco Totti 

10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!uselessdaily.com

Pangeran Roma Francesco Totti bertengger di posisi kedua daftar ini. Ia adalah one man club yang keseluruhan 25 tahun kariernya dihabiskan membela AS Roma. Secara total ia mencetak 250 gol dari 619 laga di Serie A. Jumlah trofi yang ia raih bersama Roma memang tidak terlalu banyak, yaitu 5 trofi, tapi ia tetap setia pada klub kota kelahirannya itu hingga pensiun pada 2017.

1. Silvio Piola (267 gol) 

10 Top Skor Serie A Sepanjang Masa, Deretan Pemain Legendaris!calciopedia.com.br

Dan inilah pemain yang masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa Serie A. Silvio Piola khususnya terkenal sebagai legenda Lazio karena ia membela tim biru langit tersebut selama 9 musim. Tapi ia juga pernah membela 3 klub lain di Serie A yaitu Pro Vercelli, Novara, dan Juventus.

Total 267 gol sukses diciptakan oleh Piola dalam 537 laga di Serie A. Ia juga satu-satunya pemain yang tercatat sebagai top skor sepanjang masa untuk 3 klub sekaligus, yaitu Lazio, Pro Vercelli, dan Novara. Untuk urusan trofi, Piola memang gak meraih trofi bergengsi bersama klubnya, tapi ia berjasa besar dalam mengantar Italia jadi juara dunia tahun 1938.

Itulah 10 pemain yang tercatat sebagai top skor sepanjang masa Serie A. Adakah pemain yang bakal sanggup melewati rekor mereka?

Baca Juga: 10 Besar Top Skor LaLiga Musim Ini Didominasi Pemain Tua!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya