5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Champions

Dua pemain dari Barcelona dan tiga dari Real Madrid

Mencetak gol adalah tugas utama seorang striker. Namun, tidak jarang seorang bek juga bisa mencetak gol. Dalam sepak bola modern, pemain bertahan atau bek tidak hanya dituntut untuk piawai dalam menjaga pertahanan. Mereka kini juga dituntut terlibat di berbagai fase pertandingan, termasuk salah satunya mencetak gol.

Di ajang Liga Champions sendiri, seorang bek kerap menjadi pemecah kebuntuan. Baru-baru ini Gerard Pique contohnya. Pique berhasil mencetak gol semata wayang Barcelona saat mengalahkan Dynamo Kyiv dengan skor 1-0 dalam lanjutan matchday  ketiga Grup E Liga Champions musim ini.

Berikut ini adalah bek dengan torehan gol terbanyak di Liga Champions.

1. Gerard Pique - 16 gol

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Championspotret Gerard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Gerard Pique memulai debut di Liga Champions pada musim 2004/2005 bersama Manchester United. Namun, Pique baru bisa membuka rekening gol di Liga Champions pada musim 2007/2008. Pada musim tersebut kekasih Shakira ini berhasil mencetak dua gol untuk The Red Devils.

Kini menginjak usianya yang ke-34 tahun, Pique masih dipercaya sebagai palang pintu utama Barcelona. Bersama El Barca Pique menambah koleksi 14 gol di ajang Liga Champions, sehingga total Pique sudah mencetak 16 gol hingga saat ini. 

2. Roberto Carlos - 16 gol

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Championspotret Roberto Carlos (instagram.com/oficialrc3)

Bek kiri yang terkenal dengan kecepatan lari dan tendangannya yang keras ini bermain di Liga Champions untuk dua klub, yaitu Real Madrid dan Fenerbahce.

Pemain berkepala plontos ini sukses mencetak 16 gol untuk Real Madrid sejak musim 1997/1998 hingga musim 2006/2007. Roberto Carlos gagal menambah koleksi golnya di Liga Champions bersama klub asal Turki itu.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

3. Sergio Ramos - 15 gol

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Championspotret Sergio Ramos saat memperkuat Real Madrid (instagram.com/sergioramos)

Pemain yang pada awalnya berposisi sebagai bek kanan ini berada di urutan ketiga bek dengan torehan gol terbanyak di Liga Champions. Sergio Ramos sudah mencetak 15 gol di kompetisi paling bergengsi antar klub Eropa sejauh ini.

Gol yang paling diingat dari Sergio Ramos adalah gol di Final Liga Champions 2014 saat Ramos berhasil mencetak gol untuk Real Madrid di masa injury time. Gol tersebut membuat pertandingan Real Madrid melawan Atletico dilanjutkan ke extra time. Di babak tambahan, Real Madrid sukses menambah tiga gol hingga akhirnya keluar sebagai juara.

4. Ivan Helguera - 15 gol

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Championspotret Ivan Helguera (realmadrid.com)

Ivan Helguera memperkuat Real Madrid dan Valencia di kompetisi Liga Champions. Bek yang terkenal dengan sundulannya ini total mengemas 15 gol di Liga Champions.

Helguera mencetak 14 gol di Liga Champions untuk El Real  selama delapan musim. Sedangkan, saat memperkuat Valencia, Helguera berhasil menambah satu gol pada musim 2007/2008.

5. Dani Alves - 12 gol

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Championspotret Dani Alves (instagram.com/danialves)

Dani Alves memulai debut di Liga Champions pada musim 2007/2008 bersama Sevilla. Dilansir transfermarkt.com, pada musim pertamanya Alves bermain selama delapan pertandingan dan mencetak dua gol. Satu musim setelahnya Dani Alves pindah memperkuat Barcelona di Liga Champions. Selama delapan musim bersama El Barca, Dani Alves menyumbang lima gol bagi tim yang bermarkas di Camp Nou tersebut.

Pindah dari Barcelona, Dani Alves memperkuat Juventus selama satu musim dan mencetak tiga gol untuk Si Nyonya Tua. PSG menjadi tim terakhir Dani Alves di Liga Champions. Dia menyumbang dua gol selama masa baktinya untuk PSG. Maka dari itu, total Dani Alves sudah mencetak 12 gol di ajang Liga Champions untuk berbagai klub.

Itulah deretan bek dengan torehan gol terbanyak di Liga Champions. Gerard Pique dan Sergio Ramos yang masih aktif bermain untuk Barcelona dan PSG berpeluang untuk menambah pundi-pundi gol mereka di ajang Liga Champions.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Pekan Ketiga Liga Champions 2021/2022

ajie Pratama Photo Verified Writer ajie Pratama

Pecinta game Fanstasy Football

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya