5 Prestasi Steven Gerrard saat Menjadi Pelatih Rangers FC

Bawa Rangers raih gelar ke-55

Steven Gerrard resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Aston Villa menggantikan Dean Smith. Penunjukan Gerrard disampaikan lewat akun Twitter Aston Villa (@AVFCOfficial) pada Kamis (11/11/2021).

Sebelum menjadi pelatih Aston Villa, Gerrard sempat melatih klub asal Skotlandia, Rangers FC. Gerrard menakhodai Rangers sejak 2018. Berikut prestasi Gerrard selama menjadi pelatih Rangers FC:

1. Mengantar Glasgow Rangers juara Scottish Premiership 2020/2021

5 Prestasi Steven Gerrard saat Menjadi Pelatih Rangers FCSteven Gerrard (instagram.com/stevengerrard)

Gerrard memulai petualangan di Liga Skotlandia pada 2018/2019. Legenda Liverpool ini diboyong ke kota Glasgow untuk menggantikan pelatih sebelumnya, Graeme Murty. Pada musim pertamanya menjadi pelatih The Gers, Gerrard berhasil membawa Rangers finis di posisi dua.

Pada musim kedua, Gerrard lagi-lagi gagal mengantar Rangers menjadi juara setelah Celtic FC menjadi juara 2019/2020. Namun, pada 2020/2021 alias musim ketiga Gerrard bersama Rangers, ia sukses membawa Rangers juara liga.

2. Akhiri dominasi Glasgow Celtic

5 Prestasi Steven Gerrard saat Menjadi Pelatih Rangers FCSteven Gerrard (instagram.com/stevengerrard)

Gerrard berhasil mengakhiri dominasi Celtic setelah mengantarkan Rangers juara Liga Skotlandia pada 2020/2021. Celtic meraih juara selama 9 musim beruntun sejak 2011/2012.

Rangers sendiri sempat bermain di kasta keempat sepak bola Skotlandia setelah dinyatakan bangkrut pada 2012. Namun, mereka bangkit dan kembali promosi ke Scottish Premiership pada 2016. Klub yang bermarkas di Ibrox Stadium ini akhirnya mengakhiri puasa gelar Scottish Premiership selama 10 tahun sekaligus mengakhiri dominasi Celtic musim lalu.

Baca Juga: 5 Fakta Karier Kepelatihan Steven Gerrard, Pelatih Baru Aston Villa 

3. Invincible di Scottish Premiership

5 Prestasi Steven Gerrard saat Menjadi Pelatih Rangers FCSteven Gerrard (instagram.com/stevengerrard)

Rangers berhasil mencatatkan invincible saat menjadi juara Liga Skotlandia 2020/2021. Pada musim tersebut, Rangers meraih 32 kemenangan dan 6 kali hasil seri tanpa mengalami kekalahan. 

Saat mencatatkan invincible, skuad asuhan Steven Gerrard ini mencetak 92 gol dan kemasukan 13 gol. Tidak sampai di situ, Rangers juga mencatatkan clean sheet sebanyak 26 kali dari 38 pertandingan di Liga Skotlandia.

4. Rekor 100 persen kemenangan di kandang

5 Prestasi Steven Gerrard saat Menjadi Pelatih Rangers FCSteven Gerrard (instagram.com/rangersfc)

Pada 2020/2021 Steven Gerrard membawa Rangers meraih rekor 100 persen kemenangan di kandang. Skuad asuhannya berhasil mengalahkan semua lawan yang bertandang ke Ibrox Stadium.

Dilansir Transfermarkt.com, salah satu kemenangan besar Rangers terjadi saat mengalahkan Hamilton Academical FC dengan skor 8-0 pada pekan ke-14 Liga Skotlandia. Rival abadi mereka, Celtic, juga harus dua kali gigit jari saat bertandang ke Ibrox Stadium. Celtic kalah 0-1 pada pekan ke-22 dan kalah 1-4 pada pekan ke-3 championship round.

5. Raih 102 poin dalam satu musim

5 Prestasi Steven Gerrard saat Menjadi Pelatih Rangers FCSteven Gerrard (instagram.com/stevengerrard)

Rangers mengakhiri musim 2020/2021 dengan raihan 102 poin dari 38 pertandingan. Mereka berhasil mengemas 32 kemenangan dan 6 hasil seri. Hasil tersebut mengantarkan Rangers meraih gelar ke-55 mereka di Liga Skotlandia.

Dilansir Transfermakrt.com, Rangers belum pernah meraih poin lebih dari 100 poin. Catatan poin terbanyak Rangers terjadi pada 2002/2003. Saat itu, mereka meraih 97 poin. Perolehan Rangers musim itu sama dengan Celtic, tetapi mereka unggul selisih gol dan akhirnya keluar sebagai juara.

Dengan pengalaman melatih Rangers dan pernah bermain di Premier League, Steven Gerrard diharapkan mampu mengangkat prestasi Aston Villa. Hingga pekan ke-11 Liga Inggris, Aston Villa bertengger di posisi 16 dengan 10 poin. Mampukah Gerrard melanjutkan kesuksesannya di Aston Villa?

Baca Juga: 5 Pemain Langganan Steven Gerrard saat Membesut Rangers

ajie Pratama Photo Verified Writer ajie Pratama

Pecinta game Fanstasy Football

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya