Comscore Tracker

5 Pemain Pernah Bela Barcelona dan AC Milan Sebelum Franck Kessie

Dari Rivaldo hingga Ibrahimovic

Barcelona baru saja mengumumkan bergabungnya pemain baru mereka, Franck Kessie. Kessie yang sebelumnya memperkuat AC Milan bergabung ke Barcelona dengan status bebas transfer. 

Meski AC Milan dan Barcelona sering bertemu di ajang Liga Champions, kedua klub sering melakukan transfer satu sama lain. Cukup banyak pemain top yang pernah berseragam kedua klub besar ini.

Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Rivaldo

5 Pemain Pernah Bela Barcelona dan AC Milan Sebelum Franck KessieRivaldo (instagram.com/rivaldo)

Gelandang serang bernama lengkap Rivaldo Vitor Borba Ferreira bisa dibilang sukses di Barcelona dan AC Milan. Rivaldo yang memperkuat Barcelona sejak tahun 1997 hingga tahun 2002 berhasil meraih gelar La Liga sebanyak dua kali. Pada tahun 1999, Rivaldo juga sukses meraih Ballon d'Or.

Rivaldo pindah ke AC Milan dengan status bebas transfer pada musim panas 2002. Legenda timnas Brasil ini memperkuat AC Milan hanya satu setengah musim saja. Meski begitu, Rivaldo berhasil mengantarkan I Rossoneri meraih gelar Liga Champions dan Coppa Italia musim 2002/2003 serta Piala Super Eropa musim 2003/2004.

2. Ronaldinho

5 Pemain Pernah Bela Barcelona dan AC Milan Sebelum Franck KessieRonaldinho (instagram.com/ronaldinho)

Ronaldinho mengikuti jejak Rivaldo yang pindah dari Barcelona ke AC Milan. Pemain berpaspor Brasil ini memperkuat Barcelona sejak musim panas 2003 dan bergabung ke AC Milan pada musim panas 2008.

Ronaldinho yang baru-baru ini mengunjungi Indonesia juga terbilang sukses di kedua klub tersebut. Saat memperkuat Barcelona, Ronaldinho berhasil meraih gelar LaLiga dan Piala Super Spanyol sebanyak dua kali, serta gelar Liga Champions satu kali. Pada tahun 2005 Ronaldinho juga meraih Ballon d'Or saat masih memperkuat Barcelona. Sedangkan saat bersama I Rossoneri, ia berhasil meraih scudetto musim 2010/2011.

Baca Juga: Barcelona Perkenalkan Franck Kessie, Klausulnya Tak Masuk Akal

3. Gianluca Zambrotta

5 Pemain Pernah Bela Barcelona dan AC Milan Sebelum Franck KessieGianluca Zambrotta (instagram.com/gianlucazambrotta)

Gianluca Zambrotta merupakan pesepak bola yang pernah bergabung dengan Barcelona mulai musim panas tahun 2006. Pemain yang bermain di posisi asli sebagai bek kanan ini dibeli Barcelona dari Juventus. Zambrotta lalu memperkuat Barcelona selama dua musim sambil mempersembahkan trofi Piala Super Spanyol.

Zambrotta kemudian pindah ke AC Milan pada musim panas 2008 dengan banderol 10,5 juta euro atau 161 miliar rupiah. Juara dunia 2006 bersama Timnas Italia ini berseragam merah hitam selama empat musim dan mempersempahkan scudetto musim 2010/2011 serta Piala Super Italia musim 2011/2012.

4. Ronaldo

5 Pemain Pernah Bela Barcelona dan AC Milan Sebelum Franck KessieRonaldo (givemesport.com)

Ronaldo Luis Nazario de Lima merupakan salah satu penyerang legendaris dari Brasil. Ronaldo memperkuat Barcelona selama satu musim pada tahun 1996/1997. Pemain yang terkenal dengan rambut plontos ini menyumbang 47 gol dan 12 assist dari 49 pertandingan untuk Blaugrana di semua ajang.

Ronaldo kemudian pindah ke Inter Milan pada musim 1997/1998, lalu bergabung ke Real Madrid pada tahun 2007. Ia akhirnya berlabuh ke AC Milan musim panas 2008. 

5. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Pernah Bela Barcelona dan AC Milan Sebelum Franck KessieIbrahimovic (instagram.com/iamzlatanibrahimovic)

Zlatan Ibrahimovic sejak tanggal 1 Juli 2022 sudah berstatus tanpa klub. Namun, penyerang asal Swedia ini dikabarkan akan segera tanda tangan kontrak baru bersama AC Milan. Ia sendiri sudah dua kali mengantar I Rossoneri meraih scudetto, yaitu pada musim 2010/2011 dan musim 2021/2022.

Sebelum memperkuat AC Milan, Ibrahimovic berseragam Blaugrana selama satu musim. Karena tidak cocok dengan Pep Guardiola, pelatih Barcelona saat itu, ia lalu pindah ke AC Milan musim berikutnya.

Franck Kessie sendiri menjadi nama teranyar yang pernah memperkuat AC Milan dan Barcelona. Kessie meninggalkan AC Milan dengan status bebas transfer setelah mengantarkan mereka merengkuh scudetto musim 2021/2022. Mampukah ia meraih kesuksesan yang lebih besar bersama Barcelona?

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Diboyong Barcelona dari AC Milan sebelum Kessie

ajie Pratama Photo Verified Writer ajie Pratama

Pecinta game Fanstasy Football

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya