Erik ten Hag Tetap Optimistis dengan Performa David De Gea di EPL

Ingin mempertahankan David De Gea di Manchester United 

David De Gea bergabung dengan Manchester United sebagai kiper pada 2011. Ia diboyong dari Atletico Madrid oleh pelatih The Red Devils saat itu, Sir Alex Ferguson. Sejak bergabung, ia langsung jadi kiper andalan tim di English Premier League (EPL).

Meski begitu, belakangan ini, performa David De Gea di Premier League 2022/2023 mengalami penurunan. Sebab, ia kerap melakukan kesalahan fatal dalam beberapa pertandingan. Terakhir saat Manchester United bersua West Ham United pada Senin (8/5/2023).

1. David De Gea melakukan blunder fatal saat Manchester United bersua West Ham United

Erik ten Hag Tetap Optimistis dengan Performa David De Gea di EPLkiper Manchester United, David De Gea (premierleague.com)

Pada laga Manchester United kontra West Ham United, David De Gea melakukan blunder yang amat fatal. Kiper asal Spanyol itu gagal membendung tendangan dari salah satu pemain The Hammers, Said Benrahma. Padahal, bola yang bergulir ke arahnya terbilang pelan.

Imbasnya, tendangan Benrahma berbuah gol. Manchester United pun harus kalah dari West Ham United dengan skor tipis 0-1. Kekalahan itu membuat peluang The Red Devils mengakhiri Premier League 2022/2023 di posisi empat besar klasemen klub terancam.

Manchester United sendiri kini berada di peringkat ke-4 di klasemen klub dengan total 66 poin. Jumlah poin mereka hanya berjarak empat poin dari Liverpool yang menduduki peringkat ke-5. Klub asuhan Juergen Klopp tersebut bisa saja menyusul raihan poin The Red Devils.

2. Kesalahan fatal David De Gea menuai berbagai kritik

Erik ten Hag Tetap Optimistis dengan Performa David De Gea di EPLkiper Manchester United, David De Gea (premierleague.com)

Kesalahan fatal yang dilakukan David De Gea pada laga Manchester United kontra West Ham United menuai berbagai kritik. Kritik pertama datang dari pengamat sepak bola BT Sport, Peter Crouch. Ia menilai kesalahan De Gea sebagai kesalahan besar yang tak bisa dimaklumi.

“Itu sangat mengejutkan. Kita tidak bisa memakluminya. Jika kamu melihat posisi De Gea, ia tidak akan bisa maju. Itu adalah kesalahan yang besar,” ujar Crouch.

Selain itu, kritik juga datang dari mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand. Ferdinand mengatakan, De Gea bertanggung jawab penuh atas kesalahannya. Sebab, ia menilai De Gea tidak seharusnya melakukan kesalahan itu.

“Tidak, kamu tidak bisa membenarkan kesalahan itu. Itu merupakan kesalahan yang buruk. Aku pikir, ia (David de Gea) bertanggung jawab penuh atas kesalahannya,” ujar Ferdinand dilansir Daily Mail.

Baca Juga: David De Gea Blunder, Erik Ten Hag Pasang Badan

3. Erik ten Hag tetap mempercayai David De Gea sebagai kiper Manchester United

Erik ten Hag Tetap Optimistis dengan Performa David De Gea di EPLpelatih Manchester United, Erik ten Hag (premierleague.com)

Meski kerap melakukan blunder, pelatih Manchester United, Erik ten Hag, tetap mempercayai David De Gea sebagai kiper. Ia juga optimistis dengan performa De Gea di Premier League. Sebab, Ten Hag menilai De Gea hanya kekurangan fokus saat bertanding sehingga kerap membuat kesalahan.

“Itu tidak seharusnya terjadi. Saat kamu punya fokus yang baik, peristiwa seperti itu tidak akan terjadi.

Aku telah memperhatikan di tempat latihan bahwa energi kami telah kembali. Jadi, kami akan memberikan performa yang lebih baik. Aku cukup yakin akan hal itu,” ujar Ten Hag dilansir Daily Mail.

4. David De Gea menyepakati perpanjangan kontrak dengan Manchester United

Erik ten Hag Tetap Optimistis dengan Performa David De Gea di EPLkiper Manchester United, David De Gea (premierleague.com)

Erik ten Hag berniat mempertahankan David De Gea di Manchester United. Ia ingin kiper berusia 32 itu memperpanjang kontraknya bersama The Red Devils. Sebab, ia menilai De Gea akan tetap jadi kiper andalan tim.

“Kami ingin ia (David de Gea) memperpanjang kontraknya. Sebab, ia adalah kiper dengan penyelamatan terbaik di Premier League. Kami tidak akan sampai di posisi ini tanpa kehadirannya,” ujar Ten Hag.

Kontrak David De Gea bersama Manchester United akan berakhir musim panas ini. Meski begitu, sang kiper kini dikabarkan telah menyepakati perpanjangan kontrak bersama The Red Devils. Kesepakatan itu akan ditandatangani dalam waktu dekat.

Baca Juga: Erik Ten Hag Minta David De Gea Tak Tinggalkan MU

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa HI yang suka menulis apapun yang ada di dekatnya, terutama seputar olahraga dan juga atlet.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya