Comscore Tracker

Inilah 7 Klub Sepak Bola dengan Fanbase Terbanyak di Dunia

Liverpool ada di urutan 7, sedangkan urutan 1 ditempati oleh...

Keberadaan basis fans bagi sebuah klub sepak bola sangatlah penting. Apalagi bagi klub-klub Eropa yang kerap mengadakan tour ke negara-negara bahkan benua lainnya, memiliki basis fans di negara lain bisa menjadi sebuah keuntungan.

Bukan hanya dalam bentuk moral yang berupa dukungan, keberadaan basis fans juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi sebuah klub. Sebut saja dalam hal penjualan merchandise klub seperti topi, gelang, syaljersey hingga dipastikan terjualnya tiket pertandingan. Lebih dari itu, banyaknya jumlah basis fans bisa menjadi indikasi besarnya sebuah klub.

Pastinya kamu pun penasaran kira-kira klub mana yang memiliki basis fans terbanyak di dunia. Apalagi ada banyak klub-klub di Eropa yang terbilang besar dan tersohor. Nah, berikut ini adalah 7 klub sepak bola dengan basis fans terbanyak di dunia.

7. Liverpool (85 Juta Fans).

Inilah 7 Klub Sepak Bola dengan Fanbase Terbanyak di Duniaskysports.com

Di tahun 2016, berbagai media sosial Liverpool tercatat memiliki jumlah pengikut yang besar. Mulai dari Twitter dengan 7 juta pengikut, Instagram dengan 3,9 juta pengikut dan Facebook dengan 29 juta pengikut. Total ada 39,9 juta pengikut di media sosial.

Selain itu, sepanjang 2016 tercatat telah terjual 805ribu jersey Liverpool di seluruh dunia. Bukti lain banyaknya jumlah fans Liverpool yang tersebar di dunia adalah saat tur pra-musim 2014. Saat itu lebih dari 200 ribu orang hadir di stadion.

Apa kamu termasuk fans klub yang sudah 5 kali juara Liga Champion ini?

6. FC Bayern Munich (87 Juta Fans).

Inilah 7 Klub Sepak Bola dengan Fanbase Terbanyak di Duniawww.uefa.com

Bayer Munich merupakan klub terkuat di Bundesliga dan salah satu klub yang ditakuti di Liga Champion. Tak heran bila Munich berada di posisi 6 sebagai klub dengan fans terbanyak di dunia.

Melalui catatan di tahun 2016, media sosial Bayer Munich memiliki total 54,2 juta pengikut yang terbagi di antaranya: Twitter sebanyak 3,4 juta, Instagram sebanyak 9,4 juta  dan Facebook sebanyak 41,4 juta. Dan lebih dari itu, sepanjang tahun 2016 Bayer Munich berhasil menjual 1,5 juta jersey di seluruh dunia.

5. Arsenal (142 Juta Fans).

Inilah 7 Klub Sepak Bola dengan Fanbase Terbanyak di Duniawww.arsenal.com

Meski minim prestasi, namun Arsenal mampu menjadi klub dengan basis fans terbanyak yang mengungguli Liverpool dan Munich. Tim berjuluk Meriam London ini sepertinya memiliki fans loyalis yang terus bertambah setiap tahunnya.

Di tahun 2016, Arsenal memiliki pengikut Twitter sebanyak 9,5 juta, Instagram sebanyak 9,1 juta dan Facebook sebanyak 37,8 juta. Total ada 56,4 juta pengikut di media sosial. Tapi kendati demikian Arsenal hanya mampu menjual 1.125.000 jersey di seluruh dunia. Angka yang berada di bawah penjualan Munich.

Namun Arsenal mampu mencatat jumlah pemirsa TV di Inggris setiap kali Arsenal bertanding sebanyak 38 juta di sepanjang tahun 2016.

Dengan basis fans sebanyak itu, semoga saja bisa menjadi penyemangat Arsenal dalam meraih titel juara EPL dan Liga Champion.

4. Chelsea (200 Juta Fans).

Inilah 7 Klub Sepak Bola dengan Fanbase Terbanyak di Duniawww.dailytelegraph.com.au

Prestasi Chelsea bisa dibilang kian mentereng semenjak dimiliki oleh miliarder asal Rusia, Abrahamovic. Pernah menjuarai Liga Champion pada 2012 kian menambah daftar prestasi Chelsea yang mentereng. Tak heran bila basis fans di seluruh dunia pun makin melonjak.

Seperti yang lain, dilihat dari basis pengikut di media sosialnya, Chelsea mencatatkan memiliki total 64,7 juta pengikut. Twitter sebanyak 8,2 juta, Instagram sebanyak 8,8 juta, dan Facebook sebanyak 47,7 juta. Dan penjualan jersey sepanjang tahun 2016 tercatat sebanyak 1.650.000.

3. Real Madrid (310 Juta fans).

Inilah 7 Klub Sepak Bola dengan Fanbase Terbanyak di Duniawww.picshouse2.com

Pengoleksi gelar juara Liga Champion sepuluh kali, Real Madrid nyatanya hanya mampu berada di posisi ketiga sebagai klub dengan basis fans terbanyak di dunia. Bahkan kalah unggul dari rival abadinya, Barcelona yang berada di peringkat kedua.

Dilihat dari pengikut media sosial di 2016, Real Madrid mencatatkan di Twitter sebanyak 22,7 juta, Instagram sebanyak 46,8 juta dan Facebook sebanyak 96,1 juta. Total ada sekitar 165 juta lebih pengikut di media sosial.

Jangan tanya soal penjualan jersey yang sudah pasti disokong oleh nama Ronaldo. Di 2016 Madrid tercatat mampu menjual 2.290.000 jersey.

2. FC Barcelona (500 Juta Fans).

Inilah 7 Klub Sepak Bola dengan Fanbase Terbanyak di Duniawww.scmp.com

Barcelona bisa dibilang sebagai klub tersukses dalam 10 tahun terakhir. Berhasil melahirkan ikon sepak bola baru, Lionel Messi menjadi kunci keberhasilan Barcelona dalam meraih banyak gelar.

Untuk urusan jumlah fans nyatanya Barcelona masih unggul dibandingkan seteru abadinya, Real Madrid. Pada 2016 media sosial Twitter Barcelona memiliki 20,5 juta pengikut, Instagram sebanyak 48,1 juta dan Facebook sebanyak 97,8 juta. Jika ditotal jumlahnya sekitar 166 juta.

Namun untuk penjualan jersey sepanjang 2016, Barcelona masih berada di bawah Real Madrid dengan hanya mampu menjual 1.980.000.

1. Manchester United (750 Juta Fans).

Inilah 7 Klub Sepak Bola dengan Fanbase Terbanyak di Duniawww.fourfourtwo.com

Inilah klub dengan basis fans terbanyak di dunia. Ya, Manchester United sepertinya masih memiliki pendukung fanatik yang terus tumbuh di setiap dekade. Dan sekalipun prestasi United semenjak ditinggalkan oleh Sir Alex Ferguson belum bisa dikatakan baik, namun sepertinya para fans di seluruh dunia tak ingin berpaling ke klub lain.

Pada 2016, tercatat sebanyak 99,7 juta pengikut di media sosial United. Di antaranya Twitter sebanyak 10 juta, Instagram sebanyak 16,8 juta dan Facebook sebanyak 72,9 juta.

Hebatnya lagi, United memiliki jumlah pemirsa televisi yang tergolong besar, yakni sekitar 2 miliar penonton di tahun 2016. Bahkan angka tersebut mencakup 52% dari total keseluruhan pemirsa global EPL.

Dan untuk penjualan jersey United rupanya mampu mengungguli Real Madrid yang sudah memiliki Ronaldo dan Bale. Di tahun 2016 tercatat United mampu menjual sebanyak 2.850.000 jersey.

Kalau kamu termasuk fans klub apa?

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya