Comscore Tracker

Keuntungan Bisnis yang Bakal Didapat Juventus Setelah Kedatangan CR7

Wah, Juventus siap-siap dapat untung besar nih!

Fans Juventus benar-benar sudah bisa sumringah setelah La Vechia Signora resmi menuntaskan transfer megabintang Cristiano Ronaldo dengan mahar 112 juta euro, seperti dilaporkan BBC. Dengan transfer tersebut, Ronaldo menjadi pemain termahal yang pernah dibeli oleh klub asal Turin tersebut.

Il Bianconerri memang membutuhkan pemain sekaliber Ronaldo untuk bisa menuntaskan ambisinya di musim depan, yakni meraih gelar juara Liga Champion yang terakhir kali didapat tahun 1995/96. Kedatangan Ronaldo tentu membawa asa Juventus untuk mendapatkan ‘Si Kuping Besar’ kian terbuka lebar.

Tapi, selain bisa memberikan prestasi, sosok Ronaldo juga bisa memberikan keuntungan bagi Juventus dari segi bisnis. Utamanya finansial klub. Kira-kira, keuntungan bisnis seperti apa yang bisa didapatkan Juventus?

1. Nilai saham yang melonjak

Keuntungan Bisnis yang Bakal Didapat Juventus Setelah Kedatangan CR7businessinsider.sg

Pada 6 Juli lalu, saham Juventus dikabarkan terus naik saat rumor transfer Cristiano Ronaldo santer terdengar. Seperti diwartakan oleh Football-Italia.net yang mengutip dari laporan Calcio e Finanza, nilai saham Juventus naik 22% dalam tiga hari terakhir.

Nilai saham Juventus secara kapital menjadi 825 juta euro, dari yang sebelumnya 665 juta euro. Ada kenaikan senilai 160 juta euro dalam tiga hari.

Bahkan, Business Insider melaporkan bahwa saham Juventus pada perdagangan saham Stuttgart naik hampir 40% atau mencapai 1,12 euro setelah kabar transfer Ronaldo sudah terkonfirmasi.

Dengan begitu, seandainya penggawa Portugal tersebut berhasil membawa Juventus menjuarai Liga Champion, pastinya saham Juventus pun akan terus melonjak.

2. Mendongkrak penjualan merchandise

Keuntungan Bisnis yang Bakal Didapat Juventus Setelah Kedatangan CR7footyheadlines.com

Seorang ekonom Italia, Michelangelo Verna beberapa waktu lalu pernah menyampaikan perkiraannya soal keuntungan yang bisa didapatkan Juventus dari transfer CR7. Kepada Sky Sport Italia, ia memperkirakan Juventus akan mendatangkan peningkatan uang sebesar 50 juta euro per musim. Jadi membayar gaji 30 juta euro per musim untuk Ronaldo jelas tidak merugikan.

Tentu saja, keuntungan Juventus bisa datang dari penjualan merchandise, utamanya jersey CR7. Menurut Verna, saat ini Juventus sudah menjual 19 juta produk dengan merk dagang mereka. Tapi selama ini klub-klub seperti Manchester United, Real Madrid, dan Barcelona bisa menjualnya empat atau lima kali lipat lebih banyak.

Nah, dengan kedatangan Ronaldo pastinya penjualan produk atau merchandise Juventus bisa lebih besar. Apalagi, menurut laporan Marca, pada 2016 lalu jersey Ronaldo bisa mencapai 40% dari total penjualan jersey Real Madrid.

3. Menambah nilai klub

Keuntungan Bisnis yang Bakal Didapat Juventus Setelah Kedatangan CR7flickr.com/Alex Schmitt

Saat ini boleh dibilang Juventus merupakan salah satu klub paling terkenal dan terkaya di Italia. Pasalnya, baru Juventus yang punya stadion sendiri di Negeri Pizza tersebut. Tapi, berdasarkan laporan Forbes, nilai klub asal Turin tersebut masih jauh di bawah Real Madrid.

Pada peringkat terbaru Forbes, Real Madrid menjadi tim sepak bola paling berharga di dunia dengan nilai 4,088 miliar dolar, sedangkan posisi kedua ditempati Manchester United. Sementara Juventus hanya berada di peringkat kesembilan dengan nilai 1,472 miliar dolar.

Menurut catatan Forbes, pendapatan Real Madrid dalam setahun bisa mencapai 735 juta dolar, sedangkan Juventus hanya 442 juta dolar. Tapi, seperti yang sudah dijabarkan di atas, kedatangan Ronaldo bisa berdampak pada besarnya pendapatan Juventus musim depan. Bahkan untuk jangka panjang bisa membuat Juventus lebih berharga lagi.

4. Menaikkan nilai kontrak pada sponsor

Keuntungan Bisnis yang Bakal Didapat Juventus Setelah Kedatangan CR7prtimes.jp

Seperti yang kita tahu, pundi-pundi sebuah klub paling besar tentu saja berasal dari sponsor. Nah, saat ini Juventus sudah punya kontrak panjang dengan Adidas, salah satu sponsor utamanya. Belum lagi Allianz yang menjadi sponsor bagi Juventus Stadium, rumah Juventus.

Kalau berkaca dari Real Madrid. Ketika Ronaldo bergabung dengan Los Blancos pada tahun 2009, total pendapatan Real Madrid bernilai 401 juta euro, menurut Sports Joe. Pendapatan Real Madrid terus meningkat hingga musim 2016/2017 mencatatkan pendapatan 674.6 juta euro. Pendapatan itu mengungguli Barcelona dengan 648,3 juta euro.

Keuntungan Real Madrid datang berkat pertumbuhan komersial yang kuat pada 2016/17 dan torehan juara di kancah Eropa dan domestik.

Kedatangan Ronaldo bagi Juventus pun bisa berdampak pada pendapatan klub yang utamanya berasal dari sponsor. Tentunya, efek domino ini akan segera terjadi, di mana Ronaldo bisa mendatangkan banyak penggemar dan penonton baru bagi Juventus, yang kemudian bisa membuat Juventus menaikkan nilai kontrak kepada para sponsornya.

5. Menaikkan nilai hak siar

Keuntungan Bisnis yang Bakal Didapat Juventus Setelah Kedatangan CR7alfahir.hu

Dalam satu dekade, nilai hak siar Liga Italia bisa dibilang lebih rendah dibanding dua liga top Eropa lain, yakni Inggris dan Spanyol. Menurunnya nilai hak siar Serie A tak terlepas dari melemahnya prestasi klub-klub Italia di kancah Eropa. Apalagi bintang-bintang sepak bola lebih memilih bermain di Liga Inggris dan Liga Spanyol.

Namun, kali ini kedatangan CR7 ke Juventus bisa menjadi magnet bagi pemain lain untuk ikut hijrah ke Italia. Sehingga bisa mengembalikan masa-masa kejayaan Liga Italia seperti dulu. Termasuk turut membantu menaikkan nilai hak siar bagi liga dan klub yang pastinya menguntungkan.

Terutama bagi Juventus. Lihat saja, menurut laporan dari situs statista, pendapatan Juventus dari kontrak hak siar di musim 2016/17 bisa mencapai 233,5 juta euro. Dan kini, kedatangan CR7 pun bisa mendorong Juventus untuk menaikkan nilai hak siar mereka. Apalagi bila mengingat CR7 punya jutaan penggemar di dunia yang ingin menontonnya bermain.

Wah, kalau melihat banyaknya keuntungan dari segi bisnis yang bisa diterima Juventus berkat kedatangan Ronaldo, rasanya pantas kalau Juventus mau menebus Ronaldo dengan transfer fantastis. Karena kehadiran Ronaldo bukan hanya bisa berpotensi mendatangkan prestasi, tapi juga pendapatan besar bagi klub.

Rahardian Shandy Photo Community Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You